Lanjut ke konten

Mobil Hias Indonesia Juara di Carnaval Tropical de Paris

Februari 3, 2010

Mobil hias Indonesia yang ikut berpartisipasi dalam Carnaval Tropical de Paris yang sudah ketujuh kalinya diadakan oleh pemerintah kota Paris pada 5 Juli 2008 meraih juara pertama sebagai mobil hias terbaik.

Karnaval yang mengusung tema De Carnaval toutes les Couleurs (Karnaval dengan berbagai warna) ini diikuti lebih dari 30 kontingen dari berbagai negara, antara lain Brazil, Guadelupe, Martinique, Guyana, dengan keikutsertaan lebih dari 2.000 orang peserta.

Perhelatan ini dimulai tepat pukul 14. 00 waktu Paris dengan menempuh jalur dari Place de la Bastille sampai ke Porte Doree. Iring-iringan peserta karnaval disambut dengan antusias oleh ribuan penonton di sepanjang jalan dan disiarkan secara langsung oleh stasiun TV Perancis, France O. Dalam parade ini juga, tim juri memilih peserta dengan kostum dan penampilan terbaik.

Menurut Tatiana Handayani dari bagian Penerangan, Sosial dan Budaya Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Paris, keikutsertaan Indonesia ini dalam rangka memperkenalkan Indonesia ke masyarakat Paris dan mendukung program Visit Indonesia Year 2008.

Dengan mengusung tema Unitans la Diversit (Bhinneka Tunggal Ika), Delegasi Indonesia menampilkan musik tradisional, yang dimainkan secara langsung oleh beberapa Staf KBRI Paris serta pemusik dari Indonesia di atas truk tronton yang dimodifikasi.  Sementara, di barisan depan truk melenggak lenggok penari-penari yang mengenakan kostum Dayak dari Pemda Kabupaten Malinau, Kalimantan Timur.

Rombongan penari yang berjumlah 31 orang ini sebelumnya tampil di acara serupa di Zaragoza, Spanyol. Mereka sengaja diundang pihak KBRI Paris, untuk meramaikan karnaval ini. Jerih payah mereka tidak sia-sia karena peserta Indonesia mendapatkan juara pertama untuk kategori mobil hias terbaik.

Indonesia Juara Lagi di 2009

Indonesia kembali meraih penghargaan untuk mobil hias terbaik dalam acara Carnaval Tropical de Paris 2009 yang diselenggarakan pemerintah kota Paris dan Federasi Carnaval Tropical de Paris Ile-de-France pada 5 Juli 2009.

Kembali mengusung tema Unite dans la Diversite (Bhinneka Tunggal Ika), kali ini Indonesia mempersembahkan tarian kecak dan mobil hias bernuansa tradisional Bali, dalam karnaval yang diikuti 34 kontingen dari berbagai negara itu.

Sekretaris III Pensosbud KBRI Paris, Gustaf Sirait, mengatakan bahwa sepanjang jalur karnaval, iring-iringan kontingen Indonesia mendapat sambutan dan antusias penonton. Karnaval tahun ini menempuh rute dari Place des Nations sampai ke Porte de Pantins yang dipenuhi sekitar 50.000 penonton, dan disiarkan secara langsung oleh stasiun TV Perancis, France O. Banyak penonton turut berdecak kagum melihat kontingen Indonesia, ujar Gustaf.

Dikatakannya Carnaval Tropical de Paris Ile-de-France merupakan salah satu karnaval terbesar dan event tahunan unggulan kota Paris. Tahun ini, Kolombia menjadi tim tamu kehormatan Guadelopue dan Martinique, dengan lebih dari 2.000 penari dan musisi.

Menurut Gustaf Sirait, karnaval yang memasuki edisi ke-8 ini memberikan berbagai penghargaan kepada kontingen-kontingen dengan penampilan terbaik.

Juri karnaval yang terdiri dari berbagai artis Perancis memuji koreografi kecak yang melambangkan perang antara kebaikan dan kejahatan yang ditampilkan Indonesia di depan tribun kehormatan.

Sementara Wakil Walikota Perancis, Hamou Boakkaz, menyampaikan apresiasinya pada kontingen Indonesia, karena tidak seperti mayoritas kontingen lainnya yang menampilkan penari/musisi yang didatangkan dari negaranya.

Kontingen Indonesia merupakan perpaduan dari anggota Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) di Perancis, Staf KBRI Paris, dan warga negara asing pencinta Indonesia di bawah bimbingan Dosen Institut Seni Indonesia, Denpasar, Nyoman Kariasi.

Gustaf Sirait mengatakan KBRI Paris menjadikan karnaval sebagai agenda tahunan yang dapat menjadi ajang memperkenalkan budaya dan wisata Indonesia, melalui persembahan kesenian disertai dengan penyebaran ribuan cenderamata dan brosur tentang wisata Indonesia. Ia berharap partisipasi Indonesia dapat terus meningkatkan promosi budaya dan wisata Indonesia di Perancis.

Sumber: Kompas, PPI Paris Prancis, Antara

2 Komentar leave one →
  1. Februari 3, 2010 11:35 am

    selamat deh klo gitu, hidup indonesia

  2. Februari 3, 2010 11:35 am

    Suksess selalu untuk indonesia, informasi yang luar biasa, terima kasih, salam kenal

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 3.227 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: