Skip to content

TNI Juara Menembak di Australian Army Skill At Arms Meeting, Australia

April 24, 2010

Untuk kesekian kalinya TNI AD berhasil menjuarai lomba menembak Australian Army Skill At Arms Meeting (AASAM) tahun 2009 di Australia. 15 personel TNI-AD dari berbagai satuan yang tergabung dalam kontingen Indonesia didaulat sebagai juara umum kejuaraan ini di Puckapunyal, Victoria Australia. Australia mengundang 16 negara di kawasan Asia Pasifik dan Eropa serta negara-negara Persemakmuran (Commonwealth).

Lomba tembak AASAM tahun 2009 diselenggarakan oleh personel Angkatan Darat Australia yang berasal dari Combined Arms Training Centre (CATC), School of Infantry (SOI) dan beberapa satuan lainnya dari tanggal 2 sampai dengan 24 Mei 2009.

Kontingen internasional yang diundang untuk berpartisipasi dalam lomba tembak AASAM tahun 2009 sejumlah 16 negara, namun demikian terdapat 10 negara yang hadir dalam kompetisi ini dengan perincian sebagai berikut: Australia (1 kontingen), Brunei Darussalam (1 kontingen), Kanada (2 kontingen), Indonesia (1 kontingen), Malaysia (1 kontingen), Selandia Baru (1 kontingen), Papua Nugini (1 kontingen),  Filipina (1 kontingen), Singapura (1 kontingen), Inggris (1 kontingen). Jadi totalnya ada 11 kontingen.

Adapun hasil lomba yang dicapai oleh Kontingen TNI-AD sangat membanggakan karena disamping kemampuan yang dimiliki oleh masing-masing petembak serta latihan yang dilaksanakan selama penyiapan kontingen baik pada tahap seleksi maupun pada tahap pembentukan tim juga di dukung oleh kualitas serta kehandalan senjata produksi PT Pindad, Senapan Serbu SS-2 V4.

Kontingen TNI-AD dapat menunjukkan prestasi terbaiknya dengan mendapatkan (24 emas, 17  perak, 16  perunggu) dari jumlah 41 medali yang diperebutkan sekaligus mengukuhkan posisinya sebagai Juara Umum disusul oleh Malaysia (5 emas, 10 perak, 4 perunggu) dan Singapura (5 emas, 6 perak, 5 perunggu).

Dalam lomba yang sama pada tahun 2008, yang dilaksanakan pada tanggal 2-25 Mei, dan diikuti oleh angkatan darat dari berbagai negara antara lain Australia, Indonesia, Malaysia, Singapura dan Papua Nugini, kontingen Indonesia juga menempati urutan pertama dengan memperoleh 19 medali emas, 23 perak dan 8 perunggu, posisi kedua diraih oleh Kontingen Malaysia dan urutan ketiga ditempati oleh Kontingen Singapura.

Sumber: Tandef, Alutista


No comments yet

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 3.596 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: