Skip to content

Fakhrudin: Mainan Anak Buatannya Dikira “Made in China”

September 14, 2010

”Mengapa kita hanya mendatangkan mainan anak-anak? Kalau pasarnya potensial, mengapa kita tidak bikin sendiri mainan di sini?” Pertanyaan itu menggelayuti pikiran Fakhrudin (27) sejak lulus sekolah menengah atas. Dia harus bisa memenangi persaingan.

Berbekal pengetahuan dan mesin serta jaringan pemasaran yang dimiliki ayahnya, Fakhrudin merasakan pentingnya sebuah regenerasi. Bukan sekadar meneruskan, melainkan terus mengembangkan supaya bisa memenangi persaingan.

Pada era perdagangan bebas, banyak orang waswas. Terlebih, produk China semakin merajalela memasuki pasar Indonesia, khususnya produk mainan anak. Namun, di tengah tumpukan produk mainan anak-anak yang dipasarkan di sekitar Asemka dan Pasar Gembrong, Jakarta, serta pusat mainan di kota-kota besar lainnya, produk bikinan Fakhrudin juga ikut memasuki pasaran.

Orang boleh bilang, mainan itu pasti ”made in China”. Diam-diam, Fakhrudin justru menunjukkan bahwa sesungguhnya ada mainan anak-anak yang diproduksi dari sebuah desa di perbatasan antara Kota Demak dan Kudus, Jawa Tengah.

Semua itu berawal dari bisnis ayahnya, Mahmudi (53), yang tiada henti memproduksi bola plastik. Melewati jatuh bangun memasarkan produk, sesekali ditipu distributor nakal, Fakhrudin mempelajari teknik memasarkan. Tahun 1980-an, transportasi di daerah Demak menjadi kendala besar. Banjir menyebabkan sistem transportasi terhambat.

Bisnis haruslah tetap jalan. Kebetulan saat itu ada sebuah pusat belanja di Kota Kudus yang baru berdiri. Ayahnya membeli sebuah kios untuk dagangan. Namun, lagi-lagi cuma bola plastik yang dijual.

Karena sejak di bangku sekolah dasar kerap main ke toko itu, Fakhrudin setelah lulus SMA merasa sayang kalau cuma dagang bola plastik. Ide awalnya hanyalah memasok mainan produksi China. Namun, keinginannya berkembang untuk bisa mengembangkan sendiri mainan produksi sendiri.

Alhasil, tahun 2004, berbekal dua mesin pencetak mainan plastik, anak kedua dari tiga bersaudara itu dilatih oleh pemasok mesin tentang kegunaan hingga cara kerja mesin tersebut. Hanya seminggu, Fakhrudin mencoba mengembangkan sendiri selama enam bulan. Mesin itu dibeli dari sebagian penghasilannya ikut bekerja pada ayahnya.

Dari dua mesin, kini dia telah memiliki delapan mesin. Ada pula mesin pencacah plastik bekas untuk mempermudah proses produksi. Mesin pencetak mainan tetaplah produk China yang dikenal murah dan bagus. Lambat laun, mesin cetak sekarang sudah bisa diproduksi di Indonesia.

”Yang terpenting, setiap memproduksi satu mainan, saya coba menghitung, mulai dari bahan baku, spesifikasi produk, hingga prospek bisnisnya. Jadi, bisa ketahuan biaya produksinya. Kalau satu produk tidak kompetitif harganya, ya sebaiknya tidak nekat bikin. Bukannya untung, eh, malah buntung,” kata Fakhrudin.

Menurut dia, secara prinsip, sebelum produksi dilakukan, penghitungan harus dilakukan secara cepat dan detil. Kalau biaya produksi, termasuk komponen bahan baku khusus yang harus diimpor dari China, bisa kompetitif, barulah mainan itu diproduksi. Kalau biaya produksi terlalu mahal, produk yang lain saja yang perlu dijajaki.

Meski sudah menjadi pemilik pabrik, Fakhrudin tak enggan mencermati fluktuasi harga dan kualitas bahan baku. Plastik bekas itu diperoleh dari pemulung yang dikumpulkan oleh lapak kecil, kemudian disatukan oleh lapak besar. Setelah diseleksi, bahan baku itu digiling menjadi biji-biji plastik siap produksi.

Untuk mengetahui biaya produksinya, Fakhrudin mengaku tidak semua bahan baku bisa dipercayakan kepada pihak penggilingan. Pihaknya juga melakukan penggilingan untuk menjaga kualitas. Soalnya, plastik sangat spesifik. Kadang penggiling juga curang dengan mencampurkan bahan baku plastik bagus dengan yang jelek.

”Lewat uji kualitas, kita bisa mengetahui harga bahan baku yang dipatok antara Rp 3.000 dan Rp 10.000 per kilogram. Tentu, harga ember plastik bekas yang berwarna hitam dan ember warna yang sudah kusam lebih murah dibandingkan ember yang masih berwarna cerah,” ujar Fakhrudin.

Di dalam pabrik itu, ribuan mainan anak tampak sedang dirangkai dan dikemas. Ada truk kecil, mobil-mobilan, telepon seluler, hingga truk besar yang bisa diduduki oleh anak di bawah berat badan 30 kg. Ada juga truk mobil balap Tamiya. Walau kemasan masih mendompleng ”made in China” demi kepercayaan konsumen, Fakhrudin sebagai anak muda merasa bangga karena bisa membuka lapangan pekerjaan bagi sekitar 200 orang dari lingkungan desanya.

Perdagangan bebas membuka persaingan antara produsen dan importir alias pedagang. Sudah menjadi rahasia umum, seorang importir hanya mengeluarkan biaya impor untuk kontainer 40 kaki sekitar Rp 80 juta. ”Hanya Rp 80 juta, ditambah biaya distribusi, aneka macam produk mainan anak bisa lolos ke pasaran,” kata Fakhrudin.

Pengalamannya bolak-balik ke China untuk sekadar kulakan komponen atau mencari prototipe mainan anak, Fakhrudin, yang membekali kemampuannya berbahasa Mandarin di Universitas Dian Nuswantoro, mengakui bahwa mainan baru bisa sekitar 500 jenis. Tidak semua produk China murah.

Mengapa mainan China yang dijual di Indonesia umumnya murah? Dia memandang, semua importir tak ubahnya seorang bakul mainan. Mereka hanya memilih mainan yang murah dan kelihatan bagus supaya cepat laku. Jadi, bisa cepat kulakan lagi. Di Shantao, Provinsi Guanzhou, sekitar 40 persen dari satu kabupaten itu memproduksi mainan anak-anak.

Menurut Fakhrudin, kunci menghadapi persaingan adalah inovasi. Dalam enam bulan, target minimalnya adalah menciptakan produk baru sebanyak lima buah. Semua produk sebetulnya tidak berada dalam inovasi murni. Yang ada dalam produksi mainan anak-anak adalah pengembangan sedikit dari produk yang ada.

Tak heran, dia kini gencar memproduksi truk dengan enam roda kecil yang dilengkapi dengan bak kecil serta dipadu backhoe (pengeruk pasir) dan telepon seluler mainan. Modalnya sedikit, tapi harga jualnya tetap menggiurkan.

Sumber: Kompas

69 Komentar leave one →
  1. Satria Budi permalink
    Oktober 5, 2010 11:35 am

    Dengan hormat,

    Saya ingin berhubungan dengan Bp. Fakhrudin, mohon diberikan alamat kontaknya. antara lain nomor telepon.

    Terima kasih

  2. cokorda agung krisna dalem permalink
    Oktober 16, 2010 11:35 am

    Dengan hormat,

    Saya ingin mendapat info kontak saudara Fakhrudin.

    Terima kasih sebelumnya

    Hormat saya,

    Cokorda Agung Krisna Dalem

  3. Oktober 21, 2010 11:35 am

    hmmm …. ^_^

  4. fauzi zuhri permalink
    November 4, 2010 11:35 am

    Saya wartawan dari tabloid Wanita Indonesia. kantor pusat di Jakarta. tlp 021 – 8308737. mohon kontak hp langsung agar bisa janjian wawancara. tx – fauzi zuhri (didi) hp 081807109700

  5. Dadang Nugraha permalink
    Desember 9, 2010 11:35 am

    Dengan hormat,

    Mohon diberikan alamat kontaknya untuk bisa bermitra bisnis.

    Terima kasih.

    • Desember 10, 2010 11:35 am

      Mohon maaf, saya belum memiliki kontak Fakhrudin selaku Direktur JSP Toys Factory di Demak. Ada yg bisa bantu?

      • epul permalink
        April 28, 2012 11:35 am

        Assalamualaikum…
        Saya ingin tahu nama dan harga alat untuk membuat mainan plastik, mulai dari pengolahan plastik mentah sampai dengan barang jadi dan siap dipasarkan. Terima kasih sebelumnya.
        wassalamualaikum….

      • elizabeth sabanari permalink
        Juni 8, 2013 11:35 am

        Kami dari Toko Mainan Anak di Driyorejo, kami ingin membeli produk bapak dlm partai besar. Mohon alamat & no hp yang bisa kami hubungi. Terimakasih.

  6. Fero permalink
    Desember 15, 2010 11:35 am

    Dengan hormat,
    Saya ingin berhubungan dengan Bp. Fakhrudin, mohon diberikan alamat kontaknya. antara lain nomor telepon.
    Terima kasih

  7. Widayanto permalink
    April 28, 2011 11:35 am

    Mohon alamat kantor atau no HP yang bisa kami hubungi pak Thq,

  8. puti dian permalink
    Mei 18, 2011 11:35 am

    Mohon alamat dan no.telp (kantor & hp). Kami dari toko cinta anak Tegal berminat utk membeli produk bapak dalam partai besar. Terima kasih.

  9. enok susanto permalink
    Oktober 31, 2011 11:35 pm

    Salam kenal… Saya memproduksi segala macam spring/coil/pegas penunjang mainan anak2 per bolpin, skakel lampu dll, Trims.

  10. nika permalink
    Desember 14, 2011 11:35 am

    Pak Fakhrudin, saya Nika dari FMCG Company ingin berkerja sama dengan bapak untuk memebantu proses recycle kemasan minuman perusahaan kami menjadi mainan. Bisa hubungi saya untuk pembicaraan lebih lanjut? Ditunggu kabar baiknya secepatnya. Thanks.

  11. Agus Supriyadi permalink
    Desember 20, 2011 11:35 am

    Pak fakhrudi, saya Agus Supriyadi, bolehkah saya belajar lebih banyak pada Bapak untuk teknik mencetak barang2 dari plastik, karena saya mempunyai banyak ide, tetapi tidak dapat mewujudkannya karena tidak mengerti bagaimana cara mencetak barang dari plastik, jika boleh saya menghubungi atau sowan ke bapak. terima kasih.

  12. Agus Supriyadi permalink
    Desember 20, 2011 11:35 am

    Jika alamat Bapak sudah saya miliki, izinkan saya sowan ke tempat Bapak.

    Salam
    Agus S

  13. rizal maulana m permalink
    Januari 14, 2012 11:35 am

    semoga jsp semakin sukses

  14. Februari 11, 2012 11:35 am

    selamat sore,mas fakhrudin.saya santosa asal dari purwokerto,dan saya ingin sekali mengenal anda saya juga sering belanja ke wonosobo cabang kudus,jujur saya ingin buka cabang kaya jsp di purwokerto sini mas.dan saya ingin ketemu dengan anda tapi mungkin sibuk sekali anda?dan ini nomer hp saya mas 085227638815/085726259733.oke semoga mas fakhrudin berkenan menghubingi saya mas.terima kasih sebelum dan sesudahnya mas.

  15. Maret 12, 2012 11:35 am

    mohon diberikan kontak Bp. Fakhrudin yang bisa saya hubungi, karena saya tertarik untuk bermitra bisnis. tq

  16. turep permalink
    Maret 20, 2012 11:35 pm

    mohon harga mesinnya jika menjual mesin, dan training user jika perlu

  17. April 4, 2012 11:35 pm

    mas boleh tau alamatnya dong..saya lagi punya proyek mainan juga,kali aja jodoh

  18. Mr. writter permalink
    April 30, 2012 11:35 pm

    Mana nih kontaknya :)? kita bantuin pasarin mainannya pak Fakhrudin. Biar gak kalah sama mainan produk China.

    • Mei 2, 2012 11:35 am

      Ada yang bisa bantu Mr. Writer?

      • Oktober 6, 2012 11:35 am

        Pak.. nggak coba kontak kompas.com, klo ngeliat cetakannya ada di rubrik profil usaha kompas edisi 13 september 2010..
        salam

  19. Mei 19, 2012 11:35 pm

    mas,saya reza dari toko grosir annisa samarinda,saya ingin kerjasama memasarkan produksi anda disamarinda,saya tau udaah lama saya kesusahan cari produk anda di surabaya.saya berniat kerja sama langsung dengan sampaen.apabila anda kurang percaya dengan pesan saya ini,anda bisa tanyakan langsung dengan pedagang pedagang besar grosir surabaya.saya banyak tau informasi dari teman bapak saya.pak saher

  20. Alsa permalink
    Mei 26, 2012 11:35 pm

    Mohon Info No Kontaknya Pak Fakhrudin…, Saya Alsa Dari Makassar Ingin Berkomunikasi untuk jaringan Penjualan Sulawesi-Selatan

  21. Enting hermawan permalink
    Juli 8, 2012 11:35 pm

    Ada gk mainan yg buat di jual disekolahan tk

  22. dullah elpamas permalink
    Agustus 7, 2012 11:35 pm

    mas tolong sy minta alamat nya sy mau bermitra dengan mas tlng di sms ke no hp sy ; 081331144708 trima kasih mohon maaf

  23. muttaqin permalink
    Agustus 31, 2012 11:35 am

    “maju terus indonesia” sy bangga orang indonesia bisa menciptakan sesuatu spt cina. semoga bpk.fahrudin bs mnjd inspirasi bg jiwa 2 kreatif indonesia. JAYA selalu untuk bpk.fahrudin

  24. antok kota malang permalink
    September 20, 2012 11:35 pm

    “saya ingin sekali bermitra pak…saya perlu alamat dan no telp anda pak…no saya 081230082578

  25. ruslan abd rochmat permalink
    Oktober 2, 2012 11:35 am

    Assallamualaikum mas Fakhrudin….saya Ruslan dari Lampung. Insyallah saya berminat untuk menjadi perwakilan/distributor untuk areal Lampung….. untuk kontak pribadi ke nmr Hp 081540089555. Terima kasih… Wassalam / Ruslan

  26. Danny Budiarta permalink
    Oktober 6, 2012 11:35 am

    Mohon bantuannya bagaimana saya bisa menghubungi Bpk Fakhrudin.
    Saya tertarik untuk menjajaki order produk rancangan saya untuk diproduksi beliau.

    Terima kasih
    Danny Budiarta
    Jakarta

  27. dafik,s permalink
    November 18, 2012 11:35 pm

    Hebaaat mas Fakhrudin. Kalo bisa musik mobil yg dinaiki diubah & rodanya dikuatin. Sekian terima kasih. Mohon dimaklumi.

  28. Desember 3, 2012 11:35 pm

    kami dari rumah maenan koe mhn minta alamat dan no telphone bapak
    rumahmaenan@yahoo.co.id

  29. Desember 20, 2012 11:35 am

    Saya dari Malang ingin juga kenalan sama bapak. Saya punya istri di Kudus juga. Mohon info no. yang bisa dihubungi. Terima kasih

  30. singgih permalink
    Desember 22, 2012 11:35 pm

    Mas fahrudin , saya salut dan ini yang sedang saya cari cari, saya kepingin belajar berbisnis. mohon untuk di balas.terima kasih.

  31. eko yulianto permalink
    Januari 23, 2013 11:35 pm

    klo blum ada pasar didaeral solo-jogja,bolehkah saya memasarkan ditempt saya? no hp saya 082134147101.kami juga memproduksi mainan ja-dul ( jedetan gilap, jedetan warna,parasit/terjun payung B/K. matur nuwun. ———eko——-

  32. Maret 9, 2013 11:35 am

    Wow.. Luar biasa, pertanyaan saya apa ada dijual alat cetak untuk memproduk mainan dngan berbagai model..?

    Krn menurut saya sangat berguna sekali untuk ilmu terapan dan mencetak berbagai design lainya.

  33. Maret 14, 2013 11:35 pm

    Salam persahabatan mas, kebetulan saya mengadakan pengadaan barang serba 1000, mohon nomor kontaknya mas. No. kontak saya 081371908968 ( Edo )

  34. dewi permalink
    Maret 19, 2013 11:35 am

    Saya berniat buka toko mainan,dimana saya bisa order brg bpk,saya ingin beli dlm partai besar,mohon dibantu kontak person dan alamatnya,kontak saya: 085226691989 (eno)

  35. chichi permalink
    April 19, 2013 11:35 am

    Dengan hormat,
    Saya chichi dari toko mainan cilacap(grosir)saya berminat order barang Bp. Fakhrudin, mohon diberikan alamat kontaknya. antara lain nomor telepon.dan ini nomor telp saya 085726469011

    Terima kasih

  36. achmad sobri permalink
    April 29, 2013 11:35 pm

    Mohon nmer bapak fahrudin saya ingin tau banyak tentang produksi yg anda geluti saat ini. Ni nmer saya 081212740131 thanks

  37. dedi kunaldi permalink
    Mei 2, 2013 11:35 am

    selamat pagi mas alamt produksinya dimana kebetulan saya dari bandung ingin sekali membuat sesuatu sparepart motor kecil sih ukuran 1CM panjang 3cm apa bisa
    Cp saya 081322225025 matursuwun mas

  38. elias permalink
    Mei 20, 2013 11:35 am

    mas mau tanya alamatnya dimana ya karena sy mau pesan dan kami ingin berbisnis dengan bapak.trim

  39. ROOS PRAKOSO permalink
    Juni 13, 2013 11:35 am

    nama saya roos prakoso saya ucapkan terima kasih,saya terinspirasi akan bapak thanks,semoga bapak tetep istiqomah dijalanNYA,tetap menggunakan apa yang telah ALLOH titipkan ke bapak untuk sebagian dipergunakan tuk dakwah dijalanNYA,semoga tambah berkah kami doakan amin ya ALLOH

  40. Juli 31, 2013 11:35 pm

    Pak Fakhrudin, salam kenal, nama saya Edi dari Jember, kalau boleh tahu berapa harga mobil2an? Saya mungkin bisa memasarkan produk bapak di daerah saya. Dan kalau bisa saya mau jadi agen bapak, berapa kira2 modal untuk menjadi agen? Dan bagaimana sistem pembelian barang? Tolong di jelaskan, terima kasih

  41. Adi Macpal permalink
    Agustus 16, 2013 11:35 am

    engan hormat,

    Saya ingin berhubungan dengan Bp. Fakhrudin, mohon diberikan alamat kontaknya. antara lain nomor telepon.
    ini nomor telp saya 081 341 825 258 atau 082 190 830 124
    email adimacpal@yahoo.co.id atau satriajokowi@yahoo.co.id

    Terima kasih

  42. Adi Macpal permalink
    Agustus 18, 2013 11:35 am

    Dengan hormat,

    Saya ingin berhubungan dengan Bp. Fakhrudin, mohon diberikan alamat kontaknya. antara lain nomor telepon.
    ini nomor telp saya 081 341 825 258 atau 082 190 830 124
    email adimacpal@yahoo.co.id atau satriajokowi@yahoo.co.id

    Terima kasih

  43. September 10, 2013 11:35 am

    mohon mas fakhrudi berkenan bikin cabang usahanya ditempat2 lain sprti dibanyumas,agar orang2 sini bisa meniru usaha spti bapak,.krn saya ingin melihat indonesia bisa srti cina..

  44. remo permalink
    September 20, 2013 11:35 am

    Tokonya bukan didemak tp dikudus…nama JSP singkatan dr jaya setia production klo ga salah..toko grosir mainan terbesar dan termurah dikudus..selain import mrk jg memproduksi mainan.. tokonya di depan pasar bitingan dktnya matahari kudus. Kontak toko jaya setia 085741528258.. sya merupakan salah satu pedagang yg sering kulakan di toko tersebut..keuntungan yg sy ambil bs lbh dr 40% untuk harga jual eceran ditoko saya

  45. September 28, 2013 11:35 am

    Pak Fakhrudi, boleh saya belajar seperti bapak membuat mainan, bapak bisa dihubungi di nomer brapa, Saya Ali di 081398304713

  46. Oktober 22, 2013 11:35 pm

    assalammualaikum…….pak fakhrudin saya yuri dari semarang,saya ingin bergabung dengan bapak,saya berminat untuk membeli produk bapak,saya ingin tahu alamat dan no yang bisa di hubungi,trimakasih

  47. aris permalink
    Oktober 24, 2013 11:35 am

    pak fakrudin saya aris,saya mau tanya bisakah anda buatkan saya mainain dokar/andong?kalau bisa saya mau pesan banyak,bpk bisa hubungi saya di 085851288185

  48. Iche permalink
    Oktober 30, 2013 11:35 pm

    Kepada Yang terhormat Bpk Fakhrudin
    Saya ingin buka grosir mainan plastik di daerah di Palembang.
    Bisa hubungi saya di damayanti.iche@yahoo.co.id

    terima kasih.

  49. novi dian mayasari permalink
    November 14, 2013 11:35 am

    Pak fakhrudin saya minta no hp, alamat perusahaan dan email. Thanks. Novi solo

  50. agung permalink
    Desember 10, 2013 11:35 am

    ada barang obral nya ga ..
    saya mau pesen banyak ..
    bisa hubungi saya :
    081322685190
    minta alamat nya dan no hp nya mas..

  51. Desember 30, 2013 11:35 am

    saya adalah seorang produsen sebuah barang yang membutuhkan bahan dari plastik, bisa minta alamat atau yang bisa saya hubungi bapak fahrudin, terima kasih

  52. Januari 14, 2014 11:35 am

    alamat lengkapnya dimana bapak?

  53. chatrine permalink
    Januari 27, 2014 11:35 pm

    saya mau minta kontak nya bapak fahrudin untuk bisa di hubungi..

  54. Februari 27, 2014 11:35 am

    bang. kalo boleh tau harga alat cetak plastiknya mulai dari rp berapa..?

  55. Maret 15, 2014 11:35 pm

    kerennnnnnnn lanjutkan…………..sukses mr fahrudin

  56. khasana toys permalink
    April 30, 2014 11:35 am

    mohon informasi kontaknya baik telpon atau email. Bila ada info tentang distributor untuk Wilayah Pemalang,Jawa Tengah. Terima kasih

  57. Khasani permalink
    April 30, 2014 11:35 pm

    Denan Hormat
    Saya membutuhkan informasi tentang distributor prodak Bp.Fahrudin khususnya wilayah Pemalang,alamat,nomor telpon kantor atau salesmannya
    . Hubungi saya di nomer 0878 3001 1980 email : khasan.qzt@gmail.com Terima Kasih

  58. abee permalink
    Mei 1, 2014 11:35 pm

    mohon no yg bs sy hubungi,terima ksh. . .

  59. nadya permalink
    Juni 9, 2014 11:35 pm

    Saya nadya dari madura..
    Saya ingin membeli produck bapak dlm jumlah banyak dgn hargai parrtai..mohon infokan No yang bisa saya hubungii

  60. wiwik edi s permalink
    Juli 3, 2014 11:35 pm

    Saya EDI Dari pati, mohon maaf saya ingin bekerjasama dengan bapak fakhrudin, moon dapat diberikan alamat dan cp bapak fakhrudin. Terimakasih
    Edi (082221580111)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 3.393 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: