Skip to content

Pemain Timnas SAD, Syamsir Alam & M. Zainal Haq Dipinjam Klub Penarol Uruguay

November 22, 2010
Syamsir Alam

Syamsir Alam

M. Zainal Haq

M. Zainal Haq

Dua pemain timnas SAD (Sociedad Anonima Deportivo) yang tampil di kompetisi ‘Torneo de Honor Quarta Division Uruguay’, yaitu Syamsir Alam dan Mochammad Zainal Haqmendapatkan kesempatan emas untuk mengembangkan kariernya. Kedua pemain ini dipinjam oleh klub CA Penarol, Uruguay, untuk musim 2011.

CA Penarol adalah salah satu klub terbaik Uruguay. Klub berjuluk Aurinegros itu pernah lima kali menjuarai Copa Libertadores dan tiga kali juara Piala Interkontinental. Menurut federasi sejarah dan statistik sepakbola (IFFHS), Penarol dinobatkan sebagai klub terbaik Amerika Selatan abad ke-20.

“Mereka akan bergabung mengikuti latihan tim Penarol pada Januari 2011 untuk mengikuti tes penempatan. Keduanya sudah pasti akan membela tim Penarol U-19 di kompetisi Quarta, tetapi tidak tertutup kemungkinan bermain di tim senior yang berlaga di Liga Primer Uruguay,” kata manajer timnas SAD, Demis Djamaoeddin, di sekretariat PSSI, 22 November 2010.

Demis sekaligus meluruskan pemberitaan bahwa Penarol telah mengontrak pemain timnas SAD. Menurutnya, yang terjadi adalah kerja sama antara timnas SAD dengan klub Penarol. Kebetulan saat penandatanganan, Penarol meminta pemain hadir yang saat itu diwakili kapten tim Syamsir Alam dan wakil kapten Reffa Arvindo Badherun Money.

“Kepastian Penarol mengontrak Syamsir dan Zainal baru terjadi empat hari lalu. Kontrak peminjaman berlangsung setahun dengan opsi di Penarol untuk mengikat kontrak secara resmi tahun berikutnya,” ucap Demis.

Syamsir dikontrak karena tampil mengesankan selama tiga tahun berkompetisi di Uruguay. Menurut Demis, pemain kelahiran 6 Juli 1992 itu sudah mencetak lebih dari 50 gol. Prestasi Syamsir yang paling menarik perhatian adalah saat membuat 27 gol musim lalu dan berada di posisi kedua daftar top scorer.

Sedangkan Zainal menyita perhatian pelatih tim muda Penarol, Victo Pua, saat tim muda Penarol bertanding melawan timnas SAD. Menurut Demis, Penarol diperkuat enam pemain muda timnas Uruguay.

“Terpilihnya Zainal sedikit mengejutkan karena di luar perkiraan. Namun menurut Victor, Zainal adalah salah seorang pemain belakang terbaik yang pernah dilihatnya,” kata Demis.

Syamsir dan Zainal masih akan tinggal bersama rekan-rekannya di Montevideo tahun depan. Namun mereka tidak lagi mengikuti program latihan timnas SAD karena sudah menjadi ‘milik’ Penarol.

“Keduanya diminta berkumpul pada tanggal 15 Januari 2011 untuk menjalani latihan pertama sekaligus tes lanjutan untuk menentukan di kompetisi mana nantinya mereka akan bermain,” papar Demis.

Menurut Demis, kedua pemain itu rencananya akan tampil bersama CA Penarol dalam Liga Uruguay U-19 musim 2011. Namun sebelumnya, keduanya akan terlebih dulu menjalani tes lanjutan.

Tes seperti ini lazim dilakukan oleh klub di Uruguay untuk melihat kemampuan para pemain barunya. Bila dianggap mumpuni, bukan tak mungkin mereka akan masuk tim senior CA Penarol.

Timnas SAD sedang menjalani libur kompetisi dan berada di Indonesia. Mereka akan menjalani dua laga persahabatan melawan juara Liga Pendidikan Indonesia (LPI), SMA Darussalam Tangerang, di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, (23/11), serta tim PPLP Ragunan di Stadion Soemantri Brodjonegoro, Kuningan, (25/11).

lihat juga Pemain sepakbola SAD Indonesia dibidik klub-klub Amerika Latin

Sumber: Republika, VIVAnews

11 Komentar leave one →
  1. Desember 6, 2010 11:35 pm

    Mantap…Bravo Indonesia…go..go…Syamsir dan Mr. Haq.

  2. Wahyu permalink
    Desember 16, 2010 11:35 am

    Calon pemegang tongkat estafet Garuda Merah Putih, yang semakin terbang tinggi ke angkasa… Bravo Timnas Indonesia.

  3. Desember 26, 2010 11:35 am

    Yahooo

  4. Desember 31, 2010 11:35 am

    Ayo Alam… Smoga sukses. Aku selalu mendukungmu. I LOVE YOU.

  5. usep permalink
    Januari 11, 2011 11:35 pm

    Ayo Samsyir Alam bawa nama Indonesia ke tingkat dunia, tapi jangan sampai dinaturalisai sama Uruguay ya…

  6. yasser permalink
    Januari 16, 2011 11:35 am

    Ayo Alam & Haq. Kalian adalah harapan masa depan Indonesia, kalo udah jd pemain top nanti main di Barcelona & MU. Bravo Indonesia.

  7. Mustakim permalink
    Juni 6, 2011 11:35 pm

    Maju bro jgn menyerah…Pokoke keluarga indonesia dukung kamu. Semoga bisa menjadi pemain terbaik dunia dan termahal.

  8. Agustus 3, 2011 11:35 pm

    Mantap Gan, masa depan Timnas Indonesia cerah..

  9. September 28, 2011 11:35 am

    Ini bukti kalau pemain muda bisa hebat di luar negeri tapi pengurus PSSI tidak becus di dalam negeri.

Trackbacks

  1. Tweets that mention Pemain Timnas SAD, Syamsir Alam & M. Zainal Haq Dipinjam Klub Penarol Uruguay « Indonesia Proud -- Topsy.com
  2. World Spinner

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 3.391 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: