Skip to content

Muhammad Thoha: “Habibie dari Selokan Mataram” yang Ahli Aeromodelling

Januari 7, 2011

Muhammad Thoha bukanlah lulusan sarjana teknik, melainkan hanya orang biasa lulusan SMA yang berprofesi sebagai pekerja percetakan dan giat menekuni aeromodelling. Di balik kesederhanaan itu, bukanlah menjadi penghalang bagi dirinya untuk berkarya. Lelaki berusia 60 tahun itu hebat, tekun, dan memiliki semangat yang luar biasa. Bahkan, karya-karyanya tidak kalah bersaing dengan hasil karya orang yang memang mempelajarinya secara formal.

Rumah sederhananya di Condong Catur, Sleman, DI Yogyakarta dipenuhi tumpukan buku, seperangkat komputer, alat-alat rakit elektronik biasa, dan mesin jilid buku. Tak mengherankan kalau banyak orang menyebutnya sebagai bengkel kerja (workshop) ketimbang rumah karena setiap sudutnya dipenuhi barang-barang tersebut.

Kendati demikian, Thoha kerap didaulat menjadi pembicara oleh seorang profesor di depan mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) dengan topik aeromodelling, yaitu pesawat model yang lebih berat dari udara dengan ukuran-ukuran terbatas, mempunyai mesin, dan tidak dapat diawaki atau membawa manusia.

Uniknya, dengan barang-barang yang dimiliki seadanya itu dan wawasan pengetahuan autodidak, pria ini telah mengantarkan tim mahasiswa UGM menjadi juara II pada salah satu kategori kompetisi teknologi tepat guna kemahasiswaan se-Indonesia.

Pak Thoha, sosok yang tidak mudah menyerah pada keadaan. Meski tanpa pendidikan aeromodelling, ia bisa menciptakan karya aeromodelling yang bermanfaat. Tidak hanya itu, Pak Thoha juga amat piawai memanfaatkan barang bekas. Salah satunya pesawat aeromodelling dari gabus, yang ada kameranya.
Pak Thoha dengan komunitasnya, Seribu Bintang, menciptakan sebuah pesawat tanpa awak yang memiliki sistem navigasi dan dilengkapi dengan sistem unmanned aerial vehicle (UAV). Pesawat itu biasa digunakan untuk kepentingan riset, survei, atau pesawat mata-mata militer. Selain itu ia juga membuat water rocket, tricopter, dan sebagainya.

Thoha tidak segan berbagi ilmu. “Dia banyak diminta menjadi pembicara atau memberikan pelatihan membuat pesawat aeromodelling.” Ia sosok jenius dengan keterbatasannya, tapi mampu memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar.

Kisah Pak Thoha didokumentasikan Danang Cahyo Nugroho & Dendi Pratama dalam film berjudul “Habibie dari Selokan Mataram” dan jadi Finalis Eagle Awards Documentary Competition 2010.

Bagi yang ingin kontak beliau silakan hubungi di e-mail: thoha@seribubintang.com

Sumber: Bataviase.co.id, KickAndy

27 Komentar leave one →
  1. fauzi permalink
    Januari 7, 2011 11:35 pm

    Minta alamat bapak toha atau contact person yg bisa dihubungi hehehe…Mau belajar nih!

    • Januari 10, 2011 11:35 am

      * contact person MUHAMMAD THOHA
      * e-mail: thoha@seribubintang.com
      * forum: http://1000bintang.com/forum/

      Bagi yang ingin mengontak kami, silahkan via email saja bukan via sms atau yg lain. Bagi yg ingin belajar bisa datang langsung ke basecamp kami, namun sebelumnya harap mengirim data diri yg lengkap untuk kami pertimbangkan, serta untuk pengaturan jadwal. Belajar di komunitas Seribubintang tidak dipungut biaya apa pun, kebutuhan alat dan bahan ditanggung peserta masing-masing.

      Demikian harap maklum,

      Muhammad Thoha

  2. Januari 8, 2011 11:35 pm

    Orang orang Indonesia memang berotak sangat cerdas ;)

    Salam semangat selalu

  3. wayan setiadarma permalink
    Januari 9, 2011 11:35 pm

    Minta tolong alamatnya Pak Toha, dan no. tlp karena kebetulan saya pembina fotografi mahasiswa di Surabaya yang ingin mengembangkan ke aereal fotografi

    • Januari 10, 2011 11:35 am

      Seribu Bintang

      * contact person MUHAMMAD THOHA
      * e-mail: thoha@seribubintang.com
      * forum: http://1000bintang.com/forum/

      Bagi yang ingin mengontak kami, silahkan via email saja bukan via sms atau yg lain. Bagi yg ingin belajar bisa datang langsung ke basecamp kami, namun sebelumnya harap mengirim data diri yg lengkap untuk kami pertimbangkan, serta untuk pengaturan jadwal. Belajar di komunitas Seribubintang tidak dipungut biaya apa pun, kebutuhan alat dan bahan ditanggung peserta masing-masing.

      Demikian harap maklum,

      Muhammad Thoha

      • ahmad azhari permalink
        Januari 14, 2011 11:35 am

        Saya sangat bangga sekaligus kagum sama beliau karena dengan adanya beliau banyak anak Indonesia yang mengerti sistem cara kerja pembuatan teknologi sendiri yg memakai alat seadanya dan tidak kalah sama buatan luar negeri.

        Pak saya pngen banget bisa belajar banyak sama pak Thoha. Saya ingin tahu cara kerja kontrol tricopter dan pesawat tanpa awak, tapi saya orang jauh dan ga bisa sampe ke sleman sana dan saya harap bapak mau ajarin saya dengan keterbatasan ini.

        Saya pengagum berat bapak, apa lagi saat di kick andy kemaren. Tolong kirimkan video atau cara kerja pembuatan tricopter dan pesawat tanpa awak sama saya melalui e-mail saya.

        Tolong ya pak Muhammad Thoha.

      • Januari 14, 2011 11:35 am

        Coba Ahmad Azhari menghubungi Pak MUHAMMAD THOHA di e-mail: thoha@seribubintang.com. Semoga berhasil!

  4. widodo permalink
    Januari 10, 2011 11:35 am

    Saya salut dengan orang seperti beliau, ditengah keterpurukan bangsa Indonesia, masih banyak orang2 Indonesia yg berotak smart. Mengapa orang yang seperti beliau tidak diajak kerja sama dgn lembaga survey di Indonesia, tapi harus tetap menjaga kode etik penemuan beliau, jangan sampai ada orang luar atau “asing” yg belajar ke workshopnya….eh setelah bisa dan masih dia pulang ke negaranya trus diklaim sebagai penemuannya dan mendapat copyright dari dunia internasional khan nggak bener tuh….udah banyak contohnya: batik dan angklung (hampir saja diklaim negara tetangga), tempe, yakult?

    Trims, Maju terus dan salam sukses.

    Wassalam.

    Widodo

  5. Januari 10, 2011 11:35 pm

    Aku bangga jadi orang Indonesia dari http://www.arifkanafi.co.cc/

  6. Januari 10, 2011 11:35 pm

    Aku kagum karena indonesia masih ada yang sanggup bikin pesawat walaupun tidak tamatan serjana. Kami harapkan coba tinkatkan dan kembangkan supaya lebih canggih dan hebat dan buat pemerintah indonesia agar memperhatikan orang-orang yang berbakat seperti ini.

  7. Mari Teguh Prasetyo permalink
    Januari 11, 2011 11:35 am

    Setelah saya membaca artikel anda & melihat talk show Andy Kick tentang anda, saya tertarik utk ingin jg mempelajari bgmn cara membuat pswt model. Bilamana perlu jika anda tdk keberatan sy ingin minta alamat anda utk melihat cara pembuatannya. Terima kasih sebelumnya.

  8. Fandi Achmad permalink
    Januari 11, 2011 11:35 am

    Saya ingin bisa berkunjung ke bengkel kerja (workshop) bung Toha, ingin memngetahui apa itu aeromodelling dan juga cara membuatnya.kalo boleh saya minta alamatnya. Terima kasih.

  9. firdaus hindra H . saputro permalink
    Januari 11, 2011 11:35 am

    Alamate basecamp iku teng pundi pak

    • Januari 11, 2011 11:35 pm

      Coba anda ke basecamp Seribubintang di Prayan Wetan No. 26 (Puri Gejayan Indah) Condongcatur Depok Sleman Yogyakarta 55283. Atau kontak MUHAMMAD THOHA di e-mail: thoha@seribubintang.com. Semoga berhasil.

  10. D Sucipto permalink
    April 22, 2011 11:35 pm

    Salut sama pak M Thoha, semoga semakin banyak orang yang mendapatkan manfaat dari ilmu yang dimiliki bapak M Thoha, amin.

  11. villa permalink
    Agustus 25, 2011 11:35 pm

    Saya mahasiswa politeknik aceh berencana membuat trichopter sebagai tugas akhir, apakah bisa dibantu?
    Salut buat bapak Toha.

  12. Desember 12, 2011 11:35 am

    assalamu”alaikum bapak Muhammad Thoha.
    Saya sangat ingin merakit rangkaian remote countrol, tapi ngak ada skema rangkaiannya. Kalau boleh tolong kirimkan rangkaiannya, yang simpel aja pak.

  13. Februari 24, 2012 11:35 pm

    Saya barusan nonton pak Toha di Metro. Saya sangat tertarik, makanya langsung OL cari data2 pak Toha … dapat disini … luar biasa … Kapan2 saya kontak lagi. Terima kasih.

  14. hendro permalink
    Februari 25, 2012 11:35 am

    saya ingin belajar

  15. Maret 2, 2012 11:35 am

    Pak toha….saya doakan semoga menjadi menteri RI…..saya yakin klo pak toha menterinya akan banyak hal2 yg menakjubkan akan muncul dari indonesia……:) makasih pak toha

  16. April 26, 2012 11:35 am

    assalamualaikum. Pak thoha. Saya kan tinggal d bandung. kalo mau belajar cara membuat pesawat model. Gmana ya? Kalo mau beli bukunya dimana?
    Makasih sebelumnya

  17. Januari 6, 2013 11:35 am

    biasanya kalo bales email brp lama pak Thoha ??
    saya sudah kirim email ke bpk Thoha atas nama Doni Putra,, tolong ditanggapi ya… ^_^

    makasi banyak ..

  18. reza permalink
    Maret 8, 2013 11:35 pm

    saya sudah coba kirim email ke pak Thoha tetapi kok failure ya, saya mahasiswa teknik elektro semester 6 dan berencana untuk menggunakan quadrotor sebagai judul tugas akhir saya, tetapi saya belum punya basic untuk quadrotor, saya ingin membuat quadrotor sesuai dengan desain saya sendiri mohon bantuannya pak, saya akan lakukan apapun untuk bisa mewujudkan itu pak, saya ingin membangun quadrotor saya sendiri

    terima kasih pak

  19. Oktober 6, 2014 11:35 am

    pak thoha ,saya ingin belajar membuat pesawat model bersama bapak ,masih ada peluang tidak pak ,
    terimakasih pak

Berikan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 3.639 pengikut lainnya.

