Skip to content

Muhamad Iman Usman: Pendiri Indonesian Future Leaders, Penerima Youth Achiever Recognition Award dari PBB

Mei 13, 2011

Membantu sesama seharusnya menjadi sebuah aktivitas yang lazim ditemui. Sejak seorang manusia dilahirkan, sejatinya ia membutuhkan manusia lainnya. Fakta-fakta sosial menyedihkan yang terjadi di antara masyarakat dan ditengah lambannya birokrasi para pemangku kebijakan disinyalir mendorong munculnya kesadaran bersama pada anggota masyarakat untuk berkomitmen memberdayakan sesama.

Aksi sosial ini biasanya berawal dari inisiatif seorang individu atau komunitas. Bentuknya berupa penggalangan dana, penyaluran bantuan untuk korban bencana, untuk orang terlantar yang tak terjamah negara, atau untuk berlanjutnya pendidikan anak-anak bagi keluarga yang kurang mampu. Bahkan untuk mengatasi berbagai masalah sosial yang terjadi di masyarakat yang memerlukan penanganan segera.

Muhamad Iman Usman, seorang anak muda kelahiran Padang, 21 Desember 1991, melalui blog-nya Indonesian Future Leaders (IFL) telah memberikan manfaat pada 32 ribu orang, khususnya anak muda. Mengenai prestasinya melalui blog tersebut, Iman mendapatkan penghargaan Microsoft Bloggership Termuda 2011.

Ia mendirikan Indonesian Future Leaders pada tahun 2009, sebuah organisasi kepemudaan non profit yang bertujuan untuk memberdayakan anak muda untuk mampu membuat perubahan yang konstruktif dan menjadi solusi bagi berbagai permasalahan sosial.

Di  Indonesian Future Leaders, ia memimpin beberapa program layanan masyarakat, pembangunan kapasitas kaum muda yang secara rutin digelar, seperti Children Behind Us, SEAChange, IFL Goes to School, Speak Up! dan pemberian berbagai pelatihan serta seminar.

Atas berbagai aktivitas dan perhatiannya dalam pemberdayaan pemuda dan pembangunan kapasitas kaum muda Indonesia untuk menjadi pemimpin masa depan yang berkualitas serta memiliki kepedulian terhadap persoalan sosial di sekitarnya, sejak tahun 2008 hingga 2011 telah banyak penghargaan yang diraih Iman, baik nasional maupun internasional.

Pada tahun 2008, Presiden RI pernah memberikan penghargaan sebagai Pemimpin Muda Indonesia 2008 dan menjadi Mondialogo Junior Ambassador untuk dialog antarbudaya oleh Daimler dan UNESCO.

Bersama 9 anak muda dari seluruh dunia, ia menerima Youth Achiever Recognition Award dan terpilih sebagai Penasehat Remaja United Nations Populations Fund Indonesia sebagai peserta paling muda di Youth Advisory Panel.

Selain menjadi icon Majalah Gatra 2010 dan menjadi Duta Muda ASEAN, mahasiswa berprestasi FISIP Universitas Indonesia kategori Non Akademik tahun 2009 ini juga penerima penghargaan sebagai Global Changemaker oleh British Council 2010. Serta masih banyak deretan penghargaan pada Iman, seperti Global Teen Leader di Amerika Serikat 2011.

Untuk kontak hubungi Iman di email: imanusman@gmail.com atau twitter @imanusman

Sumber: KickAndy.com, imanusman.com

16 Komentar leave one →
  1. Mei 16, 2011 11:35 am

    Saya Minggu kemarin lihat siaran ulangan ‘KICK ANDY’. Sungguh saya sangat senang dan bangga dengan orang-orang yang telah berbuat baik sedikit atau banyak untuk pengabdian kepada masyarakat kita. Teruskan tebar kabaikan untuk Bangsa dan negara kita Mas. Jadilah pemuda harapan bangsa yang tangguh. Ke depan tantangan berbangsa dan bernegara akan semakin berat. Hanya bangsa yang bodohlah yang terus tergantung dan mau diiming-imingi kemewahan pribadi dgn menjual kekayaan, harkat dan martabat bangsa. Maju terus Mas! Semoga Allah senantiasa menuntun kita di jalan yang diridhai-Nya.

  2. dayanasweet permalink
    Mei 18, 2011 11:35 am

    Alamat email, twitter, blog, web, n facebook-nya Muhammad Iman Usman apa yaaa?

  3. Dika permalink
    Juni 9, 2011 11:35 am

    Bagaimana untuk menjadi anggota IFL? Saya siswa SDN kelas 3 di Bekasi Utara. Saya idolakan Muhamad Iman Usman.

  4. Juni 24, 2011 11:35 pm

    Great! I’m proud of you Muhamad Iman Usman.
    “Peka” dengan apa yang lebih dibutuhkan masyarakat. Salut dengan prestasi anak muda sepertimu.
    Selamat terus beredar, mengepakkan sayapmu. Mengusung misi mulia IFL.

  5. pardi permalink
    September 19, 2011 11:35 pm

    Saya dari komunitas duta lingkungan Bogor, “Bagaimana agar bisa bergabung dengan IFL dengan memfokuskan kepada lingkungan?”

  6. MUHAMMAD YUGI permalink
    Oktober 31, 2011 11:35 am

    Sukses Selalu buat mas Imam

    Kira-kira ada tidak Cabang IFL d Medan..??
    Trmksh..
    ^_^

  7. el Uyha permalink
    Februari 23, 2012 11:35 am

    Assalamualaikum
    saya baru tahu tentang ka Muhammad Iman Usman
    Subhanallah, , , pemuda yang benar2 memerankan nasionalisme’a pada negara..!:)
    saya juga baru tahu IFL.
    ka tunggu eL di UI ya ?
    nanti eL bergabung dah ! hehehe

  8. Februari 23, 2012 11:35 am

    Thanks om buat infonya. Ane dapet dari kaskus nih!
    Bener2 inspiratif,…
    ^_^

  9. reki basiru permalink
    Desember 7, 2013 11:35 pm

    terus berkarya

Trackbacks

  1. Mahasiswa Berprestasi, Antara Gelar dan Kualitas « Haris Nur Ali
  2. Muhamad Iman Usman: Pendiri Indonesian Future Leaders, Penerima Youth Achiever Recognition Award dari PBB | Ceritamuu Ceritakuu
  3. Muhamad Iman Usman, Pendiri IFL
  4. [Karena] Indonesia Hebat | rodamemn

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 3.573 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: