Skip to content

Indonesia Juara di Turnamen Catur Junior Chelyabinsk, Rusia

Agustus 27, 2011

Pecatur junior Indonesia menorehkan prestasi yang mengagumkan dengan meraih juara di 2nd Chelyabinsk Region Governor’s Chess Cup Youth Team Tournament Cup of Russia di Satka, Chelyabinsk-Rusia yang berlangsung pada 16-22 Agustus 2011 dan diikuti 190 peserta dari lima negara, yaitu Rusia, Kazakhstan, Kyrgystan, Belarus, dan Indonesia.

Sebanyak delapan pecatur junior Indonesia yang berusia di bawah 16 tahun dikirim oleh PB Percasi untuk mengikuti turnamen catur tersebut. Mereka yang ikut bertanding adalah dua atlet Pelatnas SEA Games 2011, yakni MIW Chelsie Monica Sihite (16 tahun), dan MFW Medina Warda Aulia (15 tahun) dan ditambah enam juara junior Indonesia, yaitu Sean Winshand Cuhendi (14 tahun), Azarya Jodi Setyaki (13 tahun), Vania Vindy Chandra (11 tahun), Nyimas Sonya Nafa (12 tahun), Dita Karenza (11 tahun) dan Ivan Maximillian Pasaribu (10 tahun).

Dalam kejuaraan tersebut, MIW Chelsie Monica Sihite berhasil menjuarai kelompok putri dengan raihan 5,5 angka. Sementara pecatur putri Indonesia lainnya, MFW Medina Warda Aulia harus puas menduduki peringkat ketiga dengan raihan nilai 5 setelah bermain remis dengan Maria Nevioselaya dari Belarus yang menempati peringkat kedua.

Pecatur Belarus ini juga membukukan 5,5 angka sama dengan Chelsie, tetapi kalah dalam nilai tie-break yang menggunakan sistem Solkoff dimana Chelsie membukukan Solkoff 43, sedangkan Nevioselaya 39,5.

Pecatur junior Indonesia lainnya yang juga mencetak prestasi adalah Ivan Maximillian Pasaribu yang turun di turnamen kelompok B. Ivan keluar sebagai juara di Kelompok Umur 12 tahun dengan membukukan 6,5 angka.

Secara beregu tim Indonesia 1 yang terdiri dari Chelsie Monica Sihite (5,5 poin), Medina Warda Aulia (5 poin), Sean Winshand Cuhendi (6 poin) dan Azarya Jodi Setyaki (4,5 poin) berada di peringkat keenam dengan total 21 angka. Juaranya direbut tim Chelyabinsk dengan 24 angka.

Di kelompok putra, Sean Winshand berada di peringkat tujuh dengan 6 angka. Poin yang dikumpulkan Sean sebetulnya sama dengan peringkat empat tetapi nilai tie-break menempatkannya di posisi ketujuh. Juara kelompok putra adalah Albert Baigildin dari Rusia dengan 7 angka.

Selain atlet junior tersebut, juga ikut mendampingi dua atlet catur Pelatnas SEA Games MFW Dewi AA Citra dan GM Susanto Megaranto yang tengah berlatih bersama pelatih asing GM Ruslan Scherbakov yang berasal dari Chelyabinsk.

Susanto akan mengikuti Piala Dunia Catur yang akan berlangsung di Khanty-Mansiysk, Rusia, mulai 26 Agustus 2011. Tiket ke Piala Dunia Catur ini diperoleh Susanto setelah menjuarai babak kualifikasi Piala Dunia Catur Zona 3.3 Asia di Tagaytay, Filipina, pada Mei 2011.

Keikutsertaan tim Indonesia dalam kejuaraan catur di Rusia ini untuk mempersiapkan diri dalam kejuaraan catur di pesta olahraga negara-negara Asia Tenggara (SEA Games) 2011 yang akan berlangsung di Indonesia.

Duta Besar Republik Indonesia untuk Federasi Rusia merangkap Republik Belarus Hamid Awaludin menyampaikan penghargaan yang tinggi atas prestasi dan semangat pecatur-pecatur masa depan Indonesia.

“Rusia merupakan salah satu negara terkenal dan maju dalam olahraga catur. Oleh karena itu, tepat sekali jika Indonesia mengirimkan pecatur-pecatur muda atau juniornyanya untuk menimba ilmu catur di Rusia baik berlatih atau mengikuti kejuaraan-kejuaraan” ujar Duta Besar Hamid Awaludin.

Sumber: Kemlu (KBRI Moskow)

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 3.385 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: