Skip to content

Trimaran: Kapal Cepat Rudal Buatan Banyuwangi

Desember 21, 2011

Trimaran x3k di indonesiaproud wordpress com

Indonesia segera memiliki kapal perang canggih berpeluru kendali KCR “Trimaran” yang merupakan produk dalam negeri.

“Kapal ini terbuat dari serat karbon, dengan kecepatan 35 knot dan dipersenjatai peluru kendali yang memiliki jarak tembak 120 kilometer,” kata Wakil Menteri Pertahanan Sjafrie Sjamsoeddin usai meninjau industri kapal dalam negeri PT Lundin Industry Invest di Banyuwangi, Jawa Timur (20/12).

Ia mengatakan, dalam lima bulan mendatang kapal perang canggih yang merupakan prototipe itu langsung bisa dioperasionalkan memperkuat jajaran armada tempur TNI Angkatan Laut.

“TNI Angkatan Laut memesan empat unit kapal, dan dalam lima bulan mendatang sudah jadi satu kapal perang `Trimaran`, sedangkan tiga unit lainnya akan segera dibangun secara bertahap hingga 2014,” kata Sjafrie menambahkan.

Satu unit kapal “Trimaran” dihargai sekitar Rp114 miliar yang diambil dari APBN 2011.

“Jika proyek pengadaan ini berhasil maka ini merupakan sejarah bagi Indonesia karena telah berhasil membuat kapal perang dengan komposit serat karbon, dan ini akan dipatenkan dan diekspor ke luar negeri,” kata Sjafrie.

Trimaran X3K di indonesiaproud wordpress comDirektur PT Lundin Industry Invest, John Lundin, mengatakan pihaknya telah melakukan ujicoba terhadap kapal dengan panjang sekitar 62,52 meter tersebut.

“Ini merupakan kapal `Trimaran` pertama yang dibuat dari serat karbon. Amerika pernah membuat kapal sejenis dengan panjang 120 meter namun dari bahan alumunium atau baja.” ujarnya.

Komposit serat karbon juga telah digunakan untuk pembuatan pesawat airbus Boeing-777 dan mobil formula 1. Ketahanannya 20 kali lebih kuat dibandingkan baja.

Kapal cepat berpeluru kendali itu memiliki panjang keseluruhan 62,53 meter, panjang “water line”, 50,77 meter panjang “water draft” 1,17 meter, bobot mati 53,1 GT, kecepatan maksimum 30 knot, kecepatan jelajah 16 knot, dengan mesin utama 4X marine engines MAN nominal 1.800 PK.

Sumber: antaranews.com

lihat juga KRI Klewang 625: KCR Trimaran siluman buatan Indonesia

33 Komentar leave one →
  1. Desember 21, 2011 11:35 am

    mantabhhhhhh

  2. Desember 21, 2011 11:35 pm

    Selalu bangga dengan Indonesia….
    Walau merayap, suatu waktu kita akan sampai di puncak.
    Selamat kepada para pendekar bangsa.

  3. 3lelaki | Roadless traveler permalink
    Desember 22, 2011 11:35 am

    Baru denger Indonesia mengadopsi KCR, nggak disangka, padahal yang diributkan di forum militer online kapal selam, KRI sama MBT. Top banget deh!

  4. Desember 24, 2011 11:35 am

    Keren,arane BWI makin tersohor…
    Ok maju terus indonesiaku, tunjukkan sayap-sayapmu pada dunia weeeeeeeeeeeer…

  5. Desember 27, 2011 11:35 am

    Wah…ini baru Indonesia yang keren. Sudah bisa buat kapal seperti ini. BTW…Stealthy gak ya? Tapi salut ya…karena ini menunjukkan bahwa Indonesia bukan mengandalkan pada BELI SAJA, tapi juga mampu memproduksi alutsista canggih kayak gini. Bagusnya lagi kalu kapal tersebut dilengkapi dengan rudal R-HAN 122, Biar 100% Indonesia. Bravooo..maju terus Indonesiaku. I’m proud of you.

    • Angga permalink
      September 6, 2012 11:35 am

      ini stealth bro! alias bisa mode siluman kaya f22 raptor milik as,

  6. edyhartomo permalink
    Desember 29, 2011 11:35 am

    pokoknya tooopppppppp banget….

  7. Januari 5, 2012 11:35 pm

    Ayo…Terus maju. Perbanyak produksi dalam negeri: kapal cepat, peluru kendali, pesawat tempur, tank, senjata serbu…Bravooo Indonesia.

  8. angger permalink
    Januari 12, 2012 11:35 am

    Dibantu teknologi yg maju, kapal ini harus dijadikan kapal siluman. Mantap banget tuh gan!
    Semua anak bangsa akan bangga. Maju terus dukung Indonesia.

  9. Januari 20, 2012 11:35 pm

    Bangga & Cinta Indonesia Sampai Mati…
    teruslah berkarya Indonesiaku…
    Buatlah dunia menatapmu….!!

    Semangat Indonesia…..”

  10. teuku putra permalink
    Januari 24, 2012 11:35 am

    Buat yang banyak biar aman…!!!

  11. syamsul azhari permalink
    Januari 30, 2012 11:35 am

    Bikin yang banyak pak Syafri, biar tetangga podo nggreges…

  12. kusnawijaya permalink
    Februari 5, 2012 11:35 am

    siiplah kl kt buat pralatan militer sndri jd tdk brgntung n tdk d embargo negara2 maju, trutama amerika.

  13. suryanto permalink
    Februari 8, 2012 11:35 am

    hebat bgt indonesia gue! maju trus anak bangsa mendukung mu!

  14. Februari 9, 2012 11:35 pm

    harus selallu mencoba

  15. aulia permalink
    Februari 12, 2012 11:35 pm

    KCR Trimaran didesign untuk gerak cepat dan telah mengadopsi sistem stealh dengan bahan yg ringan namun lebih keras dari baja dan dipersenjatai rudal kendali 802 produksi lapan rudalnya ya buatan asli tapi trimarannya belom asli karena perusahaannya milik asing btw happy paling tidak astralia,malaysia,ataupun singapura yg ga punya penduduk mau berpikir 2 kali untuk memasuki wilayah Indonesia. Australia yg sejak keruntuhan ORBA diam diam telah mengusai baha laut indonesia,singapura yg memeprluas wilayah dengan menimbun laut dengan pasir dari indonesia,dan malaysia

  16. Februari 19, 2012 11:35 pm

    Semoga segera masuk jajaran TNI AL. Lumayan buat nambah daya tempur.

  17. wenk permalink
    Maret 16, 2012 11:35 am

    brillian. ide cemerlang tuh
    jdkan kpl siluman klo bs.

  18. anas permalink
    April 27, 2012 11:35 pm

    kalau melihat dari desainnya, kapal ini mengadopsi teknologi stealth,,, maju terus indonesia,,, ini baru hebat, para peneliti di bidang sains telah diberi kesempatan berkarya… tinggal satu langkah lagi kita bisa membuat roket sejenis agni ataupun shahab. dengan begitu kita akan disegani oleh negara lain dan membuat negara lain tidak lagi sewenang-wenang dengan kita,

  19. asep permalink
    Mei 2, 2012 11:35 am

    hormat bangga untuk putera terbaik bangsa.

  20. ERWIN.J.CHAN (BUKITTINGGI)SUMBAR permalink
    Mei 8, 2012 11:35 pm

    Para putra bangsa sebenarnya mempunyai kemampuan yg sangat luar biasa. Hal seperti ini Pemerintah wajib beri dukungan penuh agar kita jadi bangsa yang bermatabat dan punya harga diri. Kalo ada yg tak suka berarti dia bukan orang INDONESIA. MERDEKA!

  21. RI 1 permalink
    Mei 12, 2012 11:35 am

    indonesia belajar dari pengalaman masa lalu.disaat harga diri kita diinjak oleh malaysia,saat kita diam membisu diembargo amerika.saat singapura pun tertawa melihat alutsistanya jauh diatas kita. terdiam kita merenung lalu beranjak membeli sembari membangun industri alutsista dalam negeri melalui pembelian bersistem ToT dengan PT.PAL,PINDAD,dan LAPAN.majulah indonesia rakyatmu bersedia mati untuk mempertahankanmu.

    • sena permalink
      Juni 22, 2012 11:35 pm

      Dulu mereka menertawakan kita, sekarang kita semakin bangkit dan mereka menjadi ketakutan pada kita, kita akan lihat siapa yang akan tertawa paling akhir!

      • Juni 25, 2012 11:35 am

        Kita membangun kekuatan militer bukan untuk nakut-nakuti yang lain, tapi agar menjadi bangsa yang kuat dan berperan untuk menciptakan keamanan dan stabilitas kawasan….!!!
        Tentu saja yang terutama adalah untuk keutuhan NKRI.

  22. jefry permalink
    Mei 27, 2012 11:35 pm

    Trimaran secepatnya akan diselesaikan.

  23. Juni 19, 2012 11:35 am

    semoga kejayaan sriwijaya dan majapahit sebagai raja di lautan dapat terulang kembali, jayalah Indonesia

  24. Agustus 27, 2012 11:35 am

    Syabas TNI-AL, bolehlah menjaga laut dengan lebih baik. Awas lanun2 dan penceroboh.

  25. Putra Petir permalink
    Agustus 28, 2012 11:35 am

    Saya temukan berita bahwa KCR Trimaran akan diluncurkan pada Tgl. 31 Agustus 2012,

    Referensi : http://northseaboats.com/news/?p=74#.UDxmISJ_mOw.

    Semoga Sukses !!!

  26. Agustus 30, 2012 11:35 pm

    maju trus INDONESIA ku…..

  27. Januari 3, 2014 11:35 am

    perbanyak kapal siluman bertenaga peluru kendali/rudal jarak jauh.karena kita negara kepulauan dan lautnya sangat luas jadi Indonesia negara maritim No 1 Di dunia ankatan laut No 1 Didunia seharusnya bisa kenapa tidak.

Trackbacks

  1. TRIMARAN : Kapal Tempur Cepat-Rudal Buatan Banyuwangi | Luthfi Mu'awan, The Most Eligible Boy
  2. KRI Klewang 625: KCR Trimaran Siluman Buatan Indonesia « Indonesia Proud

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 3.404 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: