Lanjut ke konten

KRI Dewaruci Raih Juara Umum American Tall Ship Race 2012

Juni 18, 2012

KRI Dewaruci di indonesiaproud wordpress com

Kapal layar kebanggaan bangsa, KRI Dewaruci berhasil meraih juara umum lomba kapal layar internasional American Tall Ship Race 2012 rute Savannah-New York yang diikuti 16 kapal dari benua Amerika, Eropa, dan Asia.

Hal itu disampaikan oleh Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya Marsetio bersama Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sapta Nirwandar.

KRI Dewaruci bersama para kadet Akademi Angkatan Laut tiba di Baltimore, pada 17 Juni 2012 atau Ahad sore waktu setempat.

KRI Dewaruci mengikuti berbagai kegiatan, yaitu party town park, pertandingan sepak bola, lomba masak, cocktail party USCG Eagle, navy day, kirab kota, penampilan Marching Band Genderang Suling Gita Jala Taruna, penampilan tim kesenian, kunjungan ke Navy Base Pennsylvania, cocktail party, dan tentunya acara open ships.

Beberapa kapal layar lainnya juga ikut memeriahkan acara di tempat ini seperti Cisne Branco dari Brazil, Cuauhtemox dari Meksiko, Gloria dari Kolombia, Guayas dari Ekuador, De Elcano dari Spanyol, serta beberapa kapal layar dari Amerika Serikat.

Selain mengikuti Operation Sail 2012 di Amerika Serikat dalam rangka 200 Tahun Perang Besar (200th Anniversary of the War), KRI Dewaruci juga mengemban misi kebudayaan serta pariwisata, sebagai duta bangsa dalam mempromosikan Wonderful Indonesia di dunia internasional.

Kapal layar yang dibuat tahun 1953 oleh HC.Stolcken Soch, Jerman ini memiliki 16 layar berbagai ukuran dengan luas layar 1.091 meter persegi, panjang kapalnya 58,30 m, lebar 9,50 m, draft 4,5 m, dan berat 874 ton, memiliki kecepatan mesin 10,5 knot dan kecepatan layarnya 9 knot.

KRI ini melaksanakan misi muhibah sejauh lebih dari 27.000 mil laut mencakup 4 benua dengan nama “Kartika Jala Krida”. Tujuan muhibah ini juga untuk mempromosikan atraksi budaya dan beragam destinasi wisata Indonesia.

Disamping menyabet gelar Juara, KRI Dewaruci juga merupakan kapal yang sangat mendapat perhatian khusus dari masyarakat di setiap kota pelabuhan persinggahan, di antaranya Kota Savannah sebelum tiba di Baltimore,

Meriahnya sambutan, juga sangat tampak saat peran parade roll oleh seluruh peserta Savannah Tall Ships Challenge 2012. Mereka antusias berteriak “Dewaruci-Dewaruci” sambil melambaikan tangannya dan para kadet pun sambil memainkan Drum Band Genderang Seruling dan sebagian melaksanakan parade roll dengan menaiki tiang Bima, Arjuna, dan Yudistira sambil membalas dengan melambaikan tangannya yang turut menyemarakkan suasana.

KRI Dewaruci telah berperan sebagai wadah pelatihan bagi Kadet Taruna AAL agar para calon perwira TNI AL tersebut menguasai keterampilan navigasi, terutama astronomi, untuk palayaran dan penguasaan operasional Angkatan Laut.

Sumber: kompas.com, indonesia.travel

2 Komentar leave one →
  1. chichi permalink
    Juni 18, 2012 11:35 am

    :) bangga sebagai orang indonesia :)

  2. Juni 21, 2012 11:35 am

    KRI Dewaruci kayaknya udah lama banget ya..
    inget waktu SD aja di buku PSPB, KRI Dewaruci dibahas sendirian di 1 bab…berarti udah 30 tahunan ya…

    semoga tetap sukses ke depannya…
    salam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 3.238 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: