Skip to content

Indonesia Juara Umum Karate Asia Tenggara 2012 di Bangkok, Thailand

Oktober 2, 2012

karate di indonesiaproud wordpress comIndonesia akhirnya keluar menjadi juara umum pada Kejuaraan Karate Asia Tenggara (SEKF) atau The 1st Southeast Asian Karate-do Championships 2012 yang diselenggarakan di Kasetsart University, Bangkok, Thailand setelah berhasil mengumpulkan 9 medali emas, 8 perak, dan 12 perunggu.

Pada kejuaraan karate yang diselenggarakan pada 28-30 September 2012, di hari terakhir, Indonesia menambah 2 medali emas dari nomor kata perseorangan junior putri  dan junior kata beregu putri.

Emas nomor kata putri diraih Mastura Nawar Kautsar yang mengalahkan karateka Vietnam Pham Thu Ha dengan skor 3-1 di partai puncak. Sedangkan nomor kata beregu kadet junior campuran, Indonesia menyabet medali emas setelah menundukkan tim kata beregu kadet junior tuan rumah dengan skor 2-1.

Sementara posisi kedua ditempati Malaysia yang menorehkan 9 emas, 4 perak, dan3 perunggu. Sedangkan tuan rumah Thailand berada di posisi ketiga dengan 5 medali emas, 7 perak, dan 11 perunggu.

“Saya tidak boleh melakukan kesalahan sekecil apa pun. Sebab, lawan bisa tampil lebih bagus. Alhamdulillah, saya rileks tanpa tekanan, sehingga mampu mempersembahkan medali emas,” kata Nawar.

Tim kata beregu putri Indonesia meraih medali emas setelah mengalahkan tim karateka tuan rumah.sementara tim kata beregu campuran Indonesia yang diperkuat Nawar, Vina Aprilia, dan I Made  Sari  tampil solid.

“Kami menjaga kebersamaan agar tidak ada gerakan yang tidak sinkron, dan semua berjalan lancar sesuai harapan kami,” tutur Nawar.

Pada kejuaraan ini tim Indonesia yang dipimpin langsung oleh Mayjen (Purn) Hendardjie Supandji sebagai Ketua PB FORKI menurunkan 44 wakil terbaiknya yang terdiri dari atlit, wasit dan ofisial.

Hendardji Soepandji mengaku belum puas dengan hasil yang dicapai tim karate Indonesia meski target 5 medali emas yang dicanangkan sudah terlampaui.

“Akan ada evaluasi untuk tim agar persiapan menjelang SEA Games 2013 Myanmar benar-benar matang,” ujar Hendardji.

Dia menambahkan penampilan karateka yang berhasil meraih emas seperti Stanley Soegianto (kata  perseorangan putra), Nawar (kata perseorangan putri), dan Vina Aprilia sangat luar biasa. Mereka akan dimatangkan sebagai bagian dari proses regenerasi. Sedangkan karateka senior, peformanya di luar harapan.

“Yang jadi harapan kami sebetulnya karateka senior. Tapi, di ajang ini mereka masih belum tampil maksimal. Karateka senior akan dimatangkan di Piala Kasad dan Kejuaraan Dunia di Paris, Prancis, November mendatang,” katanya.

Sumber: antaranews.com, kemlu.go.id 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 3.507 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: