Lanjut ke konten

SMKN 4 Mataram Dapat Penghargaan UNESCO Lewat Pendidikan Luar Sekolah di Timor Leste

Desember 30, 2012

SMKN 4 Mataram di indonesiaproud wordpress comOrganisasi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk bidang pendidikan, ilmu pengetahuan dan kebudayaan (UNESCO) akan memberi penghargaan kepada Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 4 Mataram, Nusa Tenggara Barat, yang mendukung pendidikan luar sekolah di Timor Leste.

“Kami sudah mendapatkan informasi itu dari perwakilan UNESCO di Indonesia. Penghargaan itu akan diterima oleh Wali Kota Mataram dalam waktu dekat ini,” kata Kepala SMKN 4 Mataram, H. Istiqlal, di Mataram, (26/12).

UNESCO menilai SMKN 4 Mataram mampu mendukung program pengembangan pendidikan di negara yang perlu mendapat perhatian khusus, salah satunya Timor Leste.

SMKN 4 Mataram dipercaya memberikan pendidikan luar sekolah berupa kursus tata rias kecantikan kepada para remaja Timor Leste yang tersebar di tiga distrik, yakni Liquisa, Los Palos, dan Kararas.

Penyelenggaraan pendidikan luar sekolah yang digelar selama lima belas hari, yakni sejak 15 hingga 30 September 2012 yang melibatkan 3 orang guru jurusan tata rias kecantikan.

Ketiga tenaga pendidiknya memberikan pengetahuan dasar tentang tata rias kecantikan, perawatan muka dan perawatan kulit, namun tidak menutup kemungkinan akan ada pembelajaran tingkat lanjut.

Program pendidikan luar sekolah yang diberikan SMKN4 Mataram sudah membuahkan hasil berupa pembukaan 3 salon kecantikan di masing-masing lokasi sasaran. Bahkan, pembukaan operasional satu salon di Los Palos, yang diberi nama Tahine, dihadiri langsung Wakil Menteri Pendidikan Timor Leste.

istiqlal kepsek smkn 4 mataram di indonesiaproud wordpress com“Masing-masing salon yang sudah beroperasi itu sudah merekrut sejumlah tenaga kerja dari remaja yang menjadi peserta program pendidikan luar sekolah,” ujarnya.

Menurut Istiqlal, pihaknya juga sudah mendapatkan kepastian dari Unesco untuk melanjutkan program pendidikan luar sekolah di 60 distrik lainnya yang ada di negara yang pernah menjadi bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) tersebut.

Kelanjutan program pendidikan luar sekolah dalam bentuk pelatihan tata rias kecantikan itu rencananya akan dilaksanakan pada 2013 dan dibiayai oleh Bank Dunia.

“Selain tata rias kecantikan, rencananya kami juga menawarkan pelatihan di bidang tata boga yang juga menjadi unggulan SMKN 4 Mataram, di samping tata busana dan bidang pariwisata serta perhotelan,” ujar Istiqlal.

Sumber: antaranews.com

Satu komentar leave one →
  1. Januari 3, 2013 11:35 pm

    hahaha!!! bangga saya jadi orang lombok khususnya mataram!!!
    MATARAM MAJU DAN RELIGIUS

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 3.238 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: