Skip to content

Bernardus & Agur: Siswa SMK Klaten Pembuat Robot Antiteror

Januari 8, 2013

siswa smk klaten di indonesiaproud wordpress comMaraknya kasus terorisme di Tanah Air menjadi keprihatinan bagi banyak pihak, termasuk dua siswa SMK Pangudi Luhur Leonardo Klaten, yaitu Bernardus Ardi dan Agur Yake, yang akhirnya membuat robot mereka namai Robot Antiteror yang dapat membantu pihak kepolisian dalam memberantas terorisme.

Robot antiteror sudah pernah dibuat oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) yang digunakan oleh Densus 88 untuk menjinakkan bom. “Tapi biaya yang harus dikeluarkan untuk membeli satu unit robot antiteror buatan LIPI itu mencapai 1 miliar rupiah, sedangkan robot yang kami buat ini harganya sekitar Rp 8 juta,” kata Agur.

robot antiteror smk klaten di indonesiaproud wordpress comDengan menggunakan remot kontrol, robot antiteror ini dapat mengidentifikasi keberadaan barang mencurigakan dan mengambilnya.

Robot antiteror juga dilengkapi kamera pengintai yang disertai video VHF.

“Jadi, robot mudah dikendalikan dari jarak jauh dengan melihat tayangan monitor,” lanjutnya. Robot ini adalah robot generasi kedua yang merupakan pengembangan dari robot generasi pertama yang ukurannya lebih kecil.

Dalam prosesnya, Agur mengaku menemui sejumlah kendala, baik dana, peralatan, maupun waktu merakit, mengingat dirinya dan Bernardus juga masih harus mengikuti pelajaran di sekolah.

Namun, itu semua tidak menyurutkan niat Agur untuk membantu kepolisian dalam memberantas terorisme di Tanah Air. Walau belum secanggih robot buatan LIPI, namun keberhasilan dua pelajar SMK itu dalam membuat robot antiteror merupakan kebanggaan bagi putra bangsa.

Sumber: radioidola.com, liputan6.com

One Comment leave one →
  1. Januari 10, 2013 11:35 am

    mungkin tepatnya merakit robot.salut buat anak anak muda indonesia yang berkereasi.semoga nanti bisa tersalurkan bakat mereka

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 3.573 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: