Skip to content

Sandhy Sondoro: Juara International Contest of Young Pop Singer 2009, Latvia

November 2, 2009

Sandhy Sonsandhy sondorodoro (28th)  mengharumkan Indonesia diajang lomba musik bergengsi dunia, International Contest of Young Pop Singer “New Wave 2009” di Latvia pada 29 Juli-2 Agustus 2009, yang mendapatkan nilai nyaris sempurna dari seluruh juri (dari 12 juri yang ada, 11 juri beri nilai 10 dan satu juri beri nilai 9). Sandhy satu-satunya peserta dari Asia Tenggara, berhasil menyisihkan 17 finalis yang datang dari 14 negara di ajang kontes yang paling populer di Eropa Timur ini.

Meskipun 20 tahun sudah tinggal di Jerman dan 12 tahun berkarier musik di sana, Sandhy ambil bagian dalam kontes musik di Eropa tersebut atas nama Indonesia. Itupun ia lakukan secara pribadi, sebagai warga negara Indonesia, walaupun kesertaannya tersebut tidak melalui pihak-pihak di tanah Air yang biasa menyertakan Indonesia dalam lomba musik di luar negeri. “Saya ikut atas nama pribadi. Tapi, karena saya dari Indonesia, saya terdaftar sebagai Sandhy Sondoro dari Indonesia,” katanya.

Sandhy, yang menjadi penduduk tetap Berlin, sudah 12 tahun bermusik di sana, dari ngamen di kereta sampai akhirnya menelurkan album solo perdana, Why don’t We (2009).

Menurut penyanyi dan pencipta lagu yang juga bermain gitar ini, tak mudah orang-orang Jerman mengakui kemampuan orang-orang Asia, termasuk Indonesia, tidak terkecuali di bidang musik. “Contohnya, di kafe, habis nonton saya manggung, mereka paling cuma bilang, ‘Not bad’,” cerita Sandhy, yang mengaku terinspirasi oleh The Beatles dalam bermusik.

Namun, dengan kecintaan akan musik,  kerja keras, dan keuletannya, yang kemudian menghasilkan prestasinya dalam German Idol 2007, ia akhirnya bisa masuk industri musik rekaman Jerman.

Meskipun album Why don’t We belum beredar di Tanah Air, arsitektur lulusan Berlin ini kini tengah berada di sini untuk mengenalkan album tersebut, dengan single berbahasa Indonesia, Malam Biru-nya.

Video Shandy di Youtube saat nyanyi When a Man Loves a Woman di ajang New Wave 2009 telah dilihat lebih dari 40.000 pengunjung dalam waktu beberapa hari saja. Hebat kan…!

Penonton dan juri memberikan sambutan yang luar biasa untuk Sandhy Sondoro. Lihat saja video penampilan Sandhy di kontes New Waves 2009 pas lagi bawain lagu When a Man Loves a Woman dan End of the Rainbow.

One Comment leave one →
  1. johanes bambang permalink
    Juli 24, 2015 11:35 pm

    I love all Indonesian musical talent, I love Indonesia !

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: