Lanjut ke konten

Susilo Chandra: Bapak Analgesia, Peraih Penghargaan The Royal College of Anaesthetist, London

Maret 17, 2010

Dr Susilo Chandra, SpAn, Kepala Departemen Anestesiologi dan Intensive Care FKUI/RSCM, mendapatkan penghargaan dari “The Royal College of Anaesthetist (RCOA)” berbasis di London, yang penghargaan diserahkan Wakil Presiden RCOA Prof Chris Dodds di Jakarta, 19 Februari 2010.

Keterangan tertulis Departemen Anestesiologi dan Intensive Care Rumah Sakit Umum Pusat Nasional dr Cipto Mangunkusumo (RSCM) yang diterima di Jakarta menyebutkan karena Dr Susilo Chandra dinilai memiliki kontribusi yang signifikan dalam dunia kedokteran Indonesia dan internasional.

Susilo Chandra yang lahir pada 25 Januari 1955 di Jakarta itu lulus sebagai dokter di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia pada tahun 1980. Setelah menjalani tugas sebagai dokter umum, ia menjalani pendidikan spesialis anestesiologi di FKUI dan pada akhirnya naik menduduki jabatan Kepala departemen Anestesiologi dan Intensive Care di FKUI/RSCM hingga saat ini.

Prestasi Dr Susilo Chandra tidak hanya dikenal di dalam negeri Indonesia, juga dikenal di dunia internasional, karena salah satu temuannya teknik anestesia yang mengenalkan proses persalinan tanpa nyeri kepada wanita dengan menggunakan teknis “blok spinal subarahnoid tunggal”  telah digunakan oleh dokter-dokter anestesia di Vietnam, Thailand, India, Bagladesh dan Pakistan.

Atas beberapa temuannya, Dr Susilo Chandra kini dianggap sebagai “Bapak Analgesia” khususnya pada proses persalinan. Atas peran penting Dr Susilo Chandra, dunia Anestesia Indonesia semakin maju dan berkembang pesat hingga menyetarai anestesia abad 21 yang dipraktikkan di negara maju.

Penghargaan “Felloship by Election setingkat FRCA (Fellow of the Royal College of Anaesthetists) yang diberikan kepada Dr Susilo Chandra, SpAn merupakan penghargaan pertama yang diberikan RCOA kepada dokter Indonesia.

RCOA menilai bahwa Dr Susilo Chandra layak menerima penghargaan tersebut, karena konsisten dalam memperluas serta mengembangkan ilmu anestesia bagi dirinya serta berbagai kepada rekan sejawat baik melalui pelatihan formal dalam bentuk workshop dan seminar bahkan dalam konferensi maupun secara personal.

Penyerahan penghargaan tersebut bersamaan acara simposium  tahun dokter spesilasi anestesia ke-7 yang diprakarsai Dr Susilo Chandra, SpAn yang juga dihadiri Dirjen Pelayawan Medik Kemenkes Dr Farid Husain, SpB, Rektor UI Prof Dr Gumilar R Soemantri, Dirut RSCM Prof Dr Akmal Taher, SPU dan Presiden Indonesian College of Anesthesiology Prof Tatang Bisri, SpAn KNA.

Sumber: Antara

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: