Lanjut ke konten

Taufik Manan: Senior Reservoir Geophysicist Petronas Carigali

Maret 24, 2010

Perjalanan karier Taufik Manan di luar negeri dimulai dari Malaysia. Sejak 18 Mei 2009, dia dipercaya menjadi Señior Reservoir Geophysicist (SRG) di Petronas Carigali Sdn. Bhd. Tugasnya adalah mengevaluasi dan merekomendasikan pengembangan lapangan migas di offshore (laut) Peninsula dan Sabah.

Untuk posisi SRG di Departemen Petroleum Engineering Geosciences, ada sekitar 20 staf ahli dari Indonesia yang tersebar di setiap proyek tim Petronas Carigali. Di luar itu, ada bagian eksplorasi dan drilling yang banyak mempekerjakan karyawan kontrak asal Indonesia.

Meski belum genap setahun di Petronas, Taufik mengklaim telah mengantongi prestasi. Salah satunya: berhasil mengusulkan pengeboran sumur appraisal (penguji) lapangan gas laut Peninsula dan mengevaluasi konsep lapangan migas kecil untuk dikembangkan di Sabah. Pengembangan lapangan gas ini diharapkan mengalirkan gas ke Peninsula sekitar tahun 2018.

Taufik mengakui keberhasilan karier yang dicapainya terinspirasi dari para seniornya. Bermula dari dorongan kesuksesan yang diraih rekan-rekan seprofesi dan mendapatkan pelajaran bagaimana berkembang di negara lain itulah dia tergiur mengikuti jejak mereka.


Bagaimana strateginya bersaing dengan ekspat lain buat menempati posisi tersebut? Kiat yang diterapkan cukup simpel. “Loyal pada profesi, jujur pada semua tindakan, tetap menjaga silaturahmi dengan teman yang seprofesi, dan senantiasa mengambil pelajaran dari apa yang kami dapat untuk kemajuan di masa depan. Tentunya dengan dukungan keluarga dan bertawakal kepada Allah Swt.,” lelaki kelahiran Jakarta 15 April 1967 itu menguraikan.

Menurutnya, di era persaingan global ini, kandidat dituntut mempunyai keahlian dan pengalaman yang sesuai dengan standar internasional. Intinya: selalu mengerti dan mampu menjalankan prosedur standar operasional yang berkembang sesuai dengan tuntutan pekerjaan.

Dalam bekerja, bukan berarti Taufik tidak menjumpai tantangan berat. “Kami dituntut menyelesaikan semua pekerjaan tepat waktu dan hasil yang maksimal. Setiap tenaga ekspat juga dievaluasi ketat secara berkala setiap 6 bulan dan harus menunjukkan performa kerja yang positif dan maju,” peraih gelar Master Geofisika Reservoar dari Universitas Indonesia itu menjelaskan.

Guna mengatasi permasalahan yang dihadapi, Taufik berusaha meningkatkan performa kerja. Dia mesti terbuka terhadap seluruh anggota tim dan bosnya, bersikap proaktif untuk menguasai pekerjaan dan tetap menjaga hubungan dengan rekan-rekannya, sesama tenaga ekspat, khususnya dari Indonesia.

Sebagaimana berkarier di negeri sendiri, di luar negeri juga ada suka-dukanya. Dia bercerita, ketika terlibat dalam eksplorasi seismik pertama di Kamboja merupakan pengalaman mengesankan. Maklum, sebelumnya daerah ini dikenal sebagai “Killing Fields” era 1970-an.

Sampai saat ini masih banyak daerah yang rawan ranjau darat sehinggga harus hati-hati dalam survei seismik. “Untunglah, atas dukungan banyak pihak, kegiatan ini termasuk sukses sesuai rencana,” tutur mantan karyawan Medco ini.

Target Taufik yang hendak dicapai adalah mendapatkan evaluasi secara komprehensif atas eksplorasi dan pengembangan lapangan migas di mana pun, termasuk Indonesia.

Ingin pulang kampung? “Tunggu saja tanggal mainnya. Saya ingin menerapkan pengalaman saya untuk kemajuan di Indonesia, tapi perlu dukungan pemerintah dan lembaga terkait,” kata Taufik yang motivasinya bekerja di mancanegara karena lima pertimbangan: tantangan profesi, apresiasi, pengembangan ilmu, paket gaji dan tunjangan lebih menarik.

Sumber: SWAsembada

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: