Lanjut ke konten

Seni Budaya Indonesia Memukau di Groser Indonesicher Kulturabend, Rotenburg

April 20, 2010

Penampilan tari-tarian, gempita musik angklung, goyang dangdut dan poco-poco serta kuliner Indonesia membius warga dan pejabat pemerintah Rotenburg yang memenuhi Aula gedung Theodor Heuss Schule pada 17 April 2010.

Untuk pertama kalinya penampilan seni budaya Indonesia berhasil menggocang kota Rotenburg pada acara “Groser Indonesicher Kulturabend“, demikian keterangan pers KJRI Hamburg.

Malam Budaya Indonesia diselenggarakan kerjasama KJRI Hamburg dengan Volkshochschule Rotenburg bertujuan mempromosi Indonesia melalui potensi budaya dan pariwisata dihadiri walikota dan jajarannya, akademisi, media serta warga Rotenburg.

Acara dibuka dengan tari Merak dan tari Klono diikuti penampilan group Hamburg Angklung Orchestra yang membawakan medley lagu khas Jawa Barat, Betawi dan pop Indonesia yang berjudul manuk dadali, kopi dangdut, jali-jali dan pileuleuyan.

Belum habis kekaguman penonton atas penampilan tari dan permainan angklung, dalam acara rehat selama satu jam, penonton diajak untuk menikmati hidangan kuliner Indonesia yang lezat seperti sate ayam, rendang, ikan balado, bakso kuah dan mie goreng telah menjadi andalan sajian kuliner malam itu.

Usai makan malam, acara dilanjutkan penampilan tari jaipong dan permainan rampak kendang yang dilanjutkan dengan kelincahan angklung orchestra mempersembahkan lagu-lagu bernuansa internasional.

Lagu When You Believe yang diiringi suara merdu penyanyi Wydia dan Mayang, kemudian Besame Mucho, Do Re Mi, New York-New York dan Mission Impossible dengan diiringin musik angklung mendapat standing ovation.

Tepuk tangan yang sangat meriah dari seluruh penonton seakan-akan tidak akan berkesudahan. Masih dengan tepuk tangan yang gegap gempita lebih dari 200 pengunjung, kembali tarian Joko Tarub memukau hadirin.

Bagi wali kota Rotenburg dan penonton acara tersebut, penampilan musik angklung sangat kagum akan keunikan alat musik yang terbuat dari bambu dan kekompakan 40 orang pemain, yang memainkan lagu-lagu pop barat yang sangat familiar bagi mereka.

Malam semakin larut, selarut pengunjung yang berbaur bersama-sama saat biduanita Mey Saerang membawakan lagu Indonesia berirama dangdut serta memperkenalkan gerakan poco-poco.

Gerak langkah kaki tidak berirama, tidak mengurangi semangat hadirin bergabung mengikuti gerakan enerjik tari poco-poco tersebut.

Walikota Rotenburg, Herr Detlef Eichinger dalam sambutannya menyampaikan penampilan budaya Indonesia merupakan penampilan pertama di Rotenburg. Banyak budaya bangsa lain telah tampil di Rotenburg, ujarnya.

Hal ini disebabkan masyarakat Rotenburg tertarik untuk mengenal budaya bangsa-bangsa lain. Penampilan budaya, tari dan kuliner Indonesia memiliki pesona tersendiri bagi masyarakat Rotenburg.

Sementara itu Konjen RI Hamburg, Teuku Darmawan dalam sambutannya menyampaikan bahwa terima kasih atas inisiatif Herr Burgwald dan isteri, Mey Saerang yang telah bekerjasama dengan KJRI Hamburg menyelenggarakan Malam Indonesia di Rotenburg.

Konjen menyampaikan Indonesia memiliki anekaragam budaya yang tidak cukup ditampilkan hanya dalam satu malam. Sebagai negara yang multikultural, bangsa Indonesia senantiasa menjunjung tinggi nilai kesatuan dan persatuan bangsa, ujarnya.

Seperti musik yang memilki lirik yang berbeda namun satu kesatuan, demikian juga keanekaragaman budaya berjalan dengan harmoni yang indah.

Diharapkan dimasa yang akan datang, hubungan antara pemerintah dan warga Rotenburg dengan Indonesia akan dapat ditingkatkan melalui kerjasama di bidang lainnya.

Beberapa warga Rotenburg menyatakan kesannya bahwa malam minggu kali ini, merupakan malam terindah dan penuh kenangan bagi mereka.

Di mata penonton Indonesia bukan hanya salah satu negara yang dikenal padat penduduk dan memilki pulau terbesar di dunia, namun penyelenggaran malam Indonesia memberikan kesan yang mendalam tentang keragaman budaya Indonesia melalui musik, lagu, tari-tari tradisional dan kuliner Indonesia.

Sumber: Antara. Deplu

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: