Lanjut ke konten

WiMAX Xirka: Chip Buatan Indonesia

April 21, 2010

Chip bukanlah barang baru di dunia IT. Namun, bagaimana dengan pembuatannya? Ternyata masih didominasi produk luar. Kali ini, beberapa kreator IT  muda Indonesia kembali menunjukkan kemampuan terbaiknya dalam pembuatan chip.

Chipset Wimax Xirka adalah sebuah chip yang dibuat oleh orang Indonesia asli, diluncurkan Agustus 2009. Bukan usaha mudah membuat chip dengan kompleksitas yang cukup tinggi. Xirka yang dikawal beberapa engineer Indonesia ini mulai dikembangkan pada 2006.

Chipset ini terdiri dari dua spesifikasi, yakni Chipset Xirka untuk Fixed Wimax dan Chipset Xirka untuk Mobile Wimax.  Untuk fixed wimax telah diluncurkan pada Agustus 2009. Sedangkan mobile wimax diluncurkan pada quartal keempat 2009.

Tahun 2009, Xirka diproduksi massal untuk Chipset Fixed BWA (IEEE 802.16d-2004).  Xirka memiliki roadmap yang sudah direncanakan sesuai dengan kebutuhan dunia IT di Indonesia maupun Internasional. Xirka chipset generasi pertama – berupa chipset untuk Broadband Wireless Access (BWA) yang sesuai dengan standard WiMAX Forum IEEE 802.16e-2005 akan diluncurkan pada kuartal keempat tahun 2010.

Setelah Xirka generasi pertama diluncurkan, maka akan diteruskan dengan Xirka generasi kedua dan seterusnya yang mengikuti kemajuan teknologi chipset dunia. Dengan roadmap yang jelas, maka Xirka dengan mantap dan terencana akan menjadi industri chipset kelas dunia yang terus melakukan inovasi dan kontribusi tidak hanya di Indonesia tetapi juga internasional.

Produk asli buatan Indonesia ini diluncurkan langsung oleh Menteri Riset dan Teknologi Republik Indonesia, Kusmayanto Kadiman. Beliau menjelaskan, seluruh komponen di dalam Xirka merupakan buatan Indonesia. Operator yang memberikan layanan Wimax wajib menggunakan Xirka.

Menurut Kusmayanto, peran Indonesia selama ini hanyalah sebagai pengguna. ”Oleh karena itu, kami ingin Indonesia juga bisa berperan sebagai produsen. Kami dorong pengembang untuk kembangkan chip Wimax dan hasilnya adalah Xirka ini,” paparnya.

Wimax, tambahnya, dipastikan akan serba Indonesia, mulai dari komponen hingga operator Wimaxnya. Dengan diciptakannya chip Wimax Xirka ini, Indonesia sudah sejajar dengan sembilan negara lain yang sudah mengembangkan chip Wimax, antara lain China, Jepang, Rusia, dan Taiwan.

Kusmayanto mengharapkan industri chipset Indonesia bisa mencapai kelas dunia. Oleh karena itu, dibutuhkan inovasi dan kontribusi tidak hanya dari masyarakat Indonesia, tetapi juga masyarakat internasional.

Saat ini, Xirka memiliki engineer-engineer yang andal yang terbagi dalam 4 bidang yaitu, Architecture Designer, System Modeling, Prototyping, dan Medium Access Control (MAC). Dengan disiplin dan kerja keras, serta  kerjasama yang baik maka Xirka siap menjadi pemain IT global.

Sumber: Teknopreneur, Xirka

4 Komentar leave one →
  1. indonesia_rakyat permalink
    Juni 16, 2012 11:35 am

    hemmm..bila perlu ciptakan prosesor,biar semua komputer yg beredar di indonesia diharuskan pakai prosesor buatan indonesia,saya yakin anak2 indonesia bisa ciptakan prosesor,asal pemerintah nya berani kasih dana buat riset,semua kembali ke pemerintah indonesia,apakah pemerintah INDONESIA mau terus2an gunakan produk luar?????????dan mau terus2an di jajah di bidang EKONOMI, TECNOLOGI dan INFORMATIKA??????
    Bentuk penjajahan yg bukan lagi INVASI, tpi bentuk pejajahan yg lebih MEMATIKAN !!!!!!!!!!
    dan akan membuat MATI secara perlahan2 akan ketergantungan Produc dari luar!!!
    saya harap PEMERINTAH INDONESIA SADAR dari tidurnya yg panjang,,,!!!!Betapa kasihan nya anak2 INDONESIA jika Bpk nya INDONESIA tdak sadar betul akan hal ini..

  2. kamal permalink
    Juli 10, 2012 11:35 am

    coba gw bisa jadi salah satu insinyurnya haha

  3. Agustus 25, 2012 11:35 am

    Nah..gitu dong..skali2 qt jg harus bangga dg kreasi anak negri sendiri…cm satu kekurangannya..pejabat2 kita harus mendukung program seperti ini.paling tdk smua perangkat komputr maupun tablet yg ada d gedung DPR dan instansi2 yg ada diharuskan menggunakan produksi dlm negri..sejauh ini yg saya lihat,baik pejabat maupun PNS yg ada 100% ms menggunakan produk impor..kebiasaan ini harus d rubah..dan jangan d biasakan..

  4. September 27, 2013 11:35 am

    saya siap menjadi pengembang chipset & processor produk indonesia,
    pemerintah harus segera merencanakan dan melaksanakannya, siap

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: