Lanjut ke konten

Pesona Edukasi: Pembuat Software Pendidikan Indonesia yang Mendunia

Mei 5, 2010

Peranti lunak atau software pendidikan sains dan Matematika dari PT Pesona Edukasi yang murni buah karya anak bangsa mampu menembus pasar global. Bahkan, PT Pesona Edukasi terpilih menjadi satu dari sembilan partner Microsoft tingkat dunia untuk mengisi materi teknologi baru Microsoft untuk pendidikan MultiPoint Mouse.

Ananta Gondomono, Academic Program Manager PT Microsoft Indonesia, di Jakarta pada 4 Mei 2010 mengatakan bahwa muatan pendidikan yang diciptakan PT Pesona Edukasi itu diunggah di situs web Microsoft sehingga bisa diakses secara global dan gratis. Microsoft mengembangkan teknologi MultiPoint Mouse itu untuk mengatasi kesenjangan penggunaan teknologi informasi di dunia pendidikan.

Menurut Ananta, di ruang kelas yang memiliki komputer atau PC yang terbatas, kini komputer bisa digunakan secara bersama-sama oleh siswa. Hal itu sudah diuji coba dan bisa dipakai 20 siswa secara bersamaan.

Teknologi Windows® MultiPoint™ Mouse adalah rekayasa pemrograman komputer yang memungkinkan satu layar komputer dapat diakses sampai lebih dari 30 mouse sekaligus. Satu komputer dapat digunakan oleh 30 anak dalam satu kelas dengan masing-masing anak menggunakan mouse untuk menjalankan aplikasi secara bersama-sama.

Manfaat dari penggunaan teknologi ini adalah memberi kesempatan kepada anak untuk berkolaborasi dalam menjalankan satu program atau berkompetisi satu dengan yang lain. Aplikasi yang diberi nama Amazing Concert dapat diunduh secara gratis di http://www.microsoft.com/multipoint/mouse-sdk/showcase.aspx.

Hary Candra, Marketing Director PT Pesona Edukasi, menjelaskan bahwa PT Pesona Edukasi mengembangkan peranti lunak Amazing Concert, yaitu aplikasi peranti lunak pendidikan ”bermain musik bersama”. Selain itu, ada juga DigiCarnival (peranti lunak belajar matematika dengan topik mengurutkan angka) dan Monkey Rescue (peranti lunak belajar bahasa dan pengetahuan umum yang dikemas seperti permainan hangman).

Keandalan produk Pesona Edukasi sudah diakui dengan meraih penghargaan Best Education Software Departemen Pendidikan Nasional 2006, Merit Award Education & Training Category Asia Pacific ICT Award 2006, Winner of Education & Training APICTA Indonesia 2006, Best of the Best APICTA Indonesia 2006, Best Education Software Departemen Pendidikan Nasional 2007, APEC Digital Opportunity Center Award Taipei, Juli 2007, Friendly Kitemark Accreditation dari Promothean England, Top 9 dari 85 Negara dalam E-Learning Category dan Top 3 dalam Matematika and Sains Software, World Summit Award 2007.

Bambang Juwono, Managing Director PT Pesona Edukasi, berharap melalui peranti ini anak- anak di seluruh dunia, termasuk anak-anak Indonesia, dapat menikmati kegembiraan dalam kebersamaan sehingga melalui seni dan teknologi mereka dapat belajar hidup bersama dan saling mencintai.

“Peluncuran perangat lunak bersama Microsoft ini menunjukkan bahwa Indonesia mampu berkiprah dalam sektor pendidikan di dunia internasional sebagai negara pengembang perangat lunak pendidikan kelas dunia,” kata Bambang.

Pada tahun ini, PT Pesona Edukasi yang menciptkan perangat lunak Fisika, Matematika, dan Sains sejak tahun 2001 berhasil menembus pasar Eropa. Sekolah-sekolah di Belanda akan menggunakan perangat lunak anak bangsa. Keberhasilan perangat lunak pendidikan Indonesia menembus mancanegara ini hadir sekitar lima tahun lalu. Perangat lunak tersebut sudah diekspor ke 23 negara.

Untuk lebih mengglobal dan menyediakan pilihan layanan yang terjangkau bagi siswa, guru, dan orangtua, PT Pesona Edukasi bekerja sama dengan Telkom untuk mengembangkan PE Online. Yang berminat bisa mengakses perangat lunak ini dengan membayar Rp 5.000 per topik per minggu di http://online.PesonaEdu.com. atau bisa juga diperoleh di http://KontenEdukasi.com.

Sumber: Kompas, PesonaEdu


9 Komentar leave one →
  1. Ira Anindita permalink
    Mei 10, 2010 11:35 am

    Yth. Bpk Angka,

    Terima kasih telah memuat tulisan tentang PT Pesona Edukasi di blog Indonesia Proud.

    Mengingat topik artikel tersebut mengenai teknologi Multipoint – Amazing Concert, kami sarankan untuk memuat screen shot aplikasi tersebut. Saya lampirkan gambarnya, silahkan dipakai sebagaimana mestinya.

    Apabila membutuhkan video mengenai Multipoint/Amazing Concert, silahkan mengacu pada video di link berikut http://www.amazingedu.com/amazingconcert/

    Semoga masukan ini dapat membantu ya pak. Kami juga punya harapan yang sama, agar berita prestasi dan potensi bangsa Indonesia suatu saat lebih dikenal dibandingkan berita-berita negatif.

    Salam PesonaEdu,

    Ira Anindita
    PT Pesona Edukasi
    Plaza Harmoni Blok F 13-14
    Jl. Suryopranoto No.2
    Jakarta Pusat
    Telp: (6221) 638 638 75

    • Mei 10, 2010 11:35 am

      Ibu Ira yang baik,
      Terima kasih atas komentarnya. Sesuai dengan masukan Ibu, gambar yang ditayangkan saya perbaiki/sesuaikan.
      Semoga PesonaEdu sukses selalu. Salam.

  2. Januari 9, 2011 11:35 am

    Masih butuh artikel tentang pesona edukasi lebih banyak nih..

    • Januari 10, 2011 11:35 am

      Untuk mendapatkan info lebih banyak ttg Pesona Edukasi, coba Dwi hubungi:

      Ira Anindita
      PT Pesona Edukasi
      Plaza Harmoni Blok F 13-14
      Jl. Suryopranoto No.2
      Jakarta Pusat
      Telp: (6221) 638 638 75

      Semoga berhasil!

  3. Firdaus permalink
    November 11, 2011 11:35 am

    Sebagai guru sangat tertarik dengan software pesona edu, di Jawa Timur tempat pembelian software-nya di mana saja?

  4. wawan witarsa permalink
    Januari 29, 2012 11:35 am

    Assalammualaikum Wr,Wb yang terhormat Pa Suko
    Saya guru di SMAN 1 Jatisari yang telah mengikuti pelatihan Pesonaedu di Semarang, yang mana waktu itu doonglenya, salah alamat yang seharusnya SMAN 1 Jatisari tertulis SMAN 1 Cikampek dan akan ditukar, yang sy tanyakan kapan kiranya Bapak dapat mengirimkan doongle yg punya SMAN 1 Jatisari, karena di Sekolah guru2 menanyakan bagaimana cara mengoperasikannya, dan kelihatan teman2 saya sangat antusias tentang pesonaedu

  5. wawan witarsa permalink
    Januari 29, 2012 11:35 am

    pesonaedu akan bisa mencerdaskan anak bangsa Indonesia, karena semua materi dan gambar animasi mudah dimengerti oleh siswa, dan kalo bisa untuk materi fisika kls XII masih ada yang belum sesuai dengan materi kurikulum yang sekarang

  6. agus supriyanto permalink
    September 14, 2013 11:35 pm

    Mohon info untuk pengaktipan kembali sofwer pesona edu fisika sma,untuk wilayah surabaya,Alamat Pembayaran ke mana Pak, Terima kasih

Trackbacks

  1. Software Pesona Edukasi Jadi Finalis BETT Awards 2011 di London « Indonesia Proud

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: