Skip to content

Maemunah: Manusia Tertua di Dunia?

Mei 27, 2010

Selama Mei 2010, Pemerintah Republik Indonesia melalui BPS (Biro Statistik Indonesia) mengadakan sensus penduduk.

Kegiatan sensus sendiri bukanlah sesuatu yang unik namun temuan sensus ini yang mengejutkan. Tim dari BPS menemukan warga tertua, tidak hanya di Indonesia, tapi mungkin juga di dunia.

Kegiatan Sensus Penduduk dilakukan dengan sistem “pintu-ke-pintu” dimana petugas sensus mengunjungi setiap keluarga untuk dicatat.

Dalam pencatatan dan pengumpulan data, petugas sensus di Pandeglang, Provinsi Jawa Barat, Indonesia ditemukan Maemunah, yang diperkirakan berusia 143 tahun. Maemunah tinggal di Kampung Jaha Girang, Rt 15/06, Desa Kadu Dodol, Cimanuk, Kabupaten Pandeglang. Dia diduga lahir tahun 1867.

Uniknya, pada usia tua, Maemunah yang memiliki 10 anak masih bisa bekerja seperti layaknya orang berusia 60 tahun. Menurut Darwati, putri kedelapan yang sekarang 69 tahun, Maemunah selalu meminta makanan kesukaannya seperti roti, permen, dan susu. Dalam sehari, Maemunah dapat menghabiskan 2-3 kaleng susu dan sebuah stoples permen/manisan.

Maemunah juga jarang sakit. Semua organ tubuhnya, seperti badan, mata, hidung, mulut, tangan, dan lainnya masih berfungsi normal, kecuali telinganya. Maemunah juga menceritakan pengalamannya selama letusan Gunung Krakatau pada tahun 1883. Dia mengatakan bahwa letusan itu diikuti dengan getaran yang besar.

Saat ini, BPS telah mengumpulkan bukti pendukung untuk melacak usia Maemunah yang sebenarnya karena pada tahun 1876, Indonesia belum ada dan akte kelahiran belum diterbitkan.

Salah satu upaya Pemerintah untuk membuktikan kebenaran data tersebut adalah dengan menelusuri silsilah keluarga Maemunah.

Jika data itu benar bahwa Maemunah adalah 143 tahun, tentu saja dia akan mengalahkan manusia tertua menurut Guinness World Records, Kama Chinen, penduduk suatu sub-tropis pulau Okinawa, Jepang, yang meninggal pada 2 Mei 2010 yang lalu ketika ia berusia 114 tahun 357 hari, serta mengalahkan wanita tertua di Jawa Barat, Kasliah (115 tahun) dari Kecamatan Cikatomas, Kabupaten Tasikmalaya.

Sumber: indotraveltips

3 Komentar leave one →
  1. elrianjani permalink
    Juni 1, 2010 11:35 am

    Wah…
    Hebat!
    Klo manusia tertua berasal dari Indonesia…

  2. Juni 1, 2010 11:35 pm

    Wah…umurnya melebihi nenek saya.

  3. Duarte permalink
    November 23, 2012 11:35 am

    apa betul data benar? jangan-jangan hanya tipuan belaka.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: