Skip to content

Eko Teguh Paripurno: Peraih United Nations Sasakawa Award for Disaster Reduction

Juni 30, 2010

Dr. Eko Teguh Paripurno, Direktur Pusat Penelitian Penanggulangan Bencana Universitas Pembangunan Nasional Yogyakarta, menerima penghargaan UN Sasakawa Award for Disaster Reduction pada tanggal 16 Juni 2009 di Jenewa atas pengabdiannya yang luar biasa di bidang pengurangan resiko bencana.

Penghargaan dan hadiah senilai US$ 50 ribu diserahkan oleh UN Under-Secretary General for Humanitarian Affairs, Sir John Holmes, pada kesempatan Sidang  Global Platform for Disaster Risk Reduction ke-2 yang diselenggarakan pada tanggal 16–19 Juni 2009. Penghargaan tersebut merupakan yang pertamakalinya bagi Indonesia sejak Sasakawa Foundation menyelenggarakan UN-Sasakawa Award pada tahun 1987.

Sir John Holmes menyampaikan bahwa penghargaan tersebut diberikan atas pengabdian Dr. Eko Teguh Paripurna selama lebih dari 15 tahun melakukan upaya peningkatan kapasitas masyarakat di bidang penanganan bencana dan pengurangan resiko bencana, termasuk pelatihan dan pemberdayaan para anggota masyarakat, politisi dan pemangku kepentingan. Peran yang bersangkutan sangat dirasakan manfaatnya, khususnya dalam penanganan bencana gempa bumi di Yogyakarta pada tahun 2006.

Dr. Eko Teguh Paripurno, dalam acara pemberian penghargaan yang dihadiri pula oleh Watapri Jenewa Dubes Dian Triansyah Djani dan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Dr. Syamsul Maarif, menegaskan bahwa penghargaan tersebut pada dasarnya bukan untuk dirinya pribadi tetapi untuk seluruh mitra pemangku kepentingan di bidang penanggulangan bencana di Indonesia.

Penghargaan dan hadiah tersebut merupakan satu-satunya yang diberikan oleh Sasakawa Foundation untuk tahun 2009, sementara Development Workshop Perancis dan Jeunesse en Mission Entraide et Developpement Niger hanya mendapatkan Certificate of Distinction serta Tehran Disaster and Mitigation Management Organization Iran, Focus Humanitarian Assistance Pakistan dan International Research Centre on El Nino Ekuador mendapatkan Certificate of Merit.

Penghargaan tersebut kiranya merupakan bagian dari pengakuan dunia internasional atas keberhasilan serta kemajuan Indonesia dalam pembangunan penanggulangan bencana dan pengurangan resiko bencana. Atas keberhasilan dan kemajuan tersebut, para anggota Delegasi Indonesia juga telah diundang menjadi panelis dan pembicara dalam berbagai High-Level Panel dan Special Events pada Sidang Global Platform Disaster Risk Reduction ke-2.

Sumber: MPBI

3 Komentar leave one →
  1. Afifun permalink
    September 5, 2014 11:35 am

    Kepada admin. Agar di koreksi nama kepala BNPB bukan Dr. Syafii Maarif tapi DR. Syamsul Maarif, M.Si.

  2. Mei 4, 2017 11:35 am

    Reblogged this on catatan seorang pemimpi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: