Lanjut ke konten

LIPI Terapkan Teknologi Energi Berbahan Bakar Hidrogen dengan Limbah Senyawa Air Murni

Oktober 1, 2010

Inggris punya “peternakan” angin sedangkan Indonesia memiliki pembangkit listrik dari energi sel bahan bakar (fuel cell) di Desa Malingping, Kabupaten Lebak, Banten, pada 2008.

Di wilayah percontohan untuk desentralisasi energi ini, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menerapkan teknologi energi berbahan bakar hidrogen dengan limbah senyawa air murni. Menurut Deputi Bidang Jasa Ilmiah LIPI, Jan Sopaheluwakan, penerapan teknologi berbasis hidrogen ini adalah yang pertama kali di Indonesia.

Pengembangan teknologi sel bahan bakar di Malingping, menurut dia, merupakan sel paduan antara air dengan tenaga angin dan surya.Meskipun kapasitas pembangkit listrik hibrida di daerah itu masih belum terlalu besar, penggunaan bahan bakar hidrogen dan teknologi fuel cell diharapkan mampu mengatasi persoalan kelangkaan pasokan energi listrik.

Jan mengusulkan setiap daerah mampu menghasilkan dan mengkonsumsi energi listriknya sendiri. “Sehingga tidak perlu lagi repot-repot mengirimkan bahan bakar ke Pulau Miangas atau Pulau Rote,” katanya.

Daerah yang diharapkan dapat menghasilkan energi sendiri, kata dia, adalah pulau-pulau terpencil dan wilayah perbatasan yang jauh dari sumber daya alam. Jenis energi yang dapat dikembangkan pada daerah tersebut, menurut Jan, misalnya energi panas matahari, angin, dan hidrogen.

Sumber: Koran Tempo, LIPI

One Comment leave one →
  1. Edi Suriadi permalink
    Oktober 1, 2010 11:35 am

    Saya.. mau kalau dididik untuk menguasai teknologi Fuel Cell….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: