Lanjut ke konten

Pelajar Indonesia Raih Emas di Asian Young Inventions of Energy Exhibition (AYEE) 2010, Taiwan

Oktober 11, 2010

Pelajar Indonesia kembali mengukir prestasi membanggakan di luar negeri. Kali ini, Dewi Lestari Amaliah, Safira Dwi Tyas Putri, dan Muhammad Wildan Yahya mempersembahkan 1 emas, 1 perak, dan 1 perunggu pada Asian Young Inventions of Energy Exhibition (AYEE) 2010 yang diadakan di Kampus Southern Taiwan University (STUT) Tainan, Taiwan pada 10-11 Juli 2010.

AYEE 2010 yang untuk pertama kalinya diadakan di Asia ini diikuti oleh sejumlah pelajar dari Indonesia, Malaysia, Hongkong, Korea Selatan dan Taiwan.

Dewi, Safira & Wildan Bersama Medalinya

Tim Indonesia di bawah binaan LIPI ini terdiri dari tiga inventor muda yang cerdas dan ulet. Tidak tanggung-tanggung rombongan langsung  didampingi oleh Kepala LIPI Prof. Lukman Hakim dan Kepala Biro Kerja Sama dan Permasyarakatan Ilmu Pengetahuan Teknologi Dr. Dedi Setia Permana.

Safira Dwi Tyas Putri, yang biasa di sapa Putri, siswi SMPN 1 Aikmel, Lombok Timur berhasil memperoleh medali emas untuk karyanya tentang battery charger, semacam generator listrik sederhana yg dipasang di sepatu dalam karya tulis berjudul “Sepatu Sumber Energi Listrik”. Dengan teknologi ini,  pengguna bisa meng-charge baterai handphone sambil berjalan menggunakan sepatu tersebut.

Muhammad Wildan Yahya, siswa SMAN 2 Pare, Kediri, Jawa Timur yang membawakan inovasi mengenai produksi 4 buah produk (biodiesel, bioethanol, biogas dan pupuk organik) dari kelapa melalui pengolahan bertingkat secara terintegrasi, memperoleh medali perak untuk kategori pelajar SMA.

Sementara, Dewi Lestari Amaliah, siswi SMA Negeri 1 Bulukumba,  Sulawesi Selatan memperoleh medali perunggu untuk karyanya tentang produksi biofuel dan briket dari kelapa. Sebuah prestasi yang membanggakan dan semoga terus berlanjut di masa-masa mendatang.

Sumber: Lalu Muhammad Jaelani (Kompasiana)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: