Lanjut ke konten

Sewayang: Robot Pintar Karya Inovasi PT PLN

Oktober 20, 2010

Menteri Negara Riset dan Teknologi, Suharna Surapranata mengajak jajaran pimpinan Perusahaan Listrik Negara (PLN) bersama pemerintah membangun panggung inovasi.

Panggung ini merupakan tempat yang mendorong terjadinya interaksi aktor-aktor inovasi dalam suasana yang kondusif untuk pengembangan produk atau penciptaan nilai berbasis pengetahuan.

Hal tersebut disampaikan oleh Menristek pada saat membuka secara resmi Knowledge Sharing Norm Innovation Festival (KNIFE) 2010 di Jakarta, 19 Oktober 2010.

KNIFE 2010 yang berlangsung hingga 20 Oktober merupakan forum yang mengkolaborasi kegiatan knowledge sharing, forum diskusi standarisasi, lomba karya inovasi dan forum diskusi inovasi serta pameran karya inovasi di bidang kelistrikan.

Pada kesempatan itu, Menristek juga meluncurkan robot Sewayang yang merupakan karya inovasi PT PLN (Persero). Dalam acara peluncuran tersebut ia mengatakan bahwa robot Sewayang terbukti mampu meningkatkan efisiensi kerja PLN.

“Robot Sewayang ini memudahkan kerja PLN dalam memenuhi pasokan listrik ke masyarakat. Ini merupakan wujud karya anak bangsa yang bisa dirasakan manfaatnya secara langsung,” katanya.

Robot Sewayang tersebut, mampu membersihkan konduktor pada jaringan transmisi dan distribusi yang sulit dilakukan tenaga manusia. Suharna mengajak PLN terus mengembangkan kegiatan penelitian dan pengembangan teknologi, guna meningkatkan kualitas layanan penyediaan listrik kepada masyarakat.

Sekretaris Perusahaan PLN Ida Bagus G Mardawa P. mengatakan, robot Sewayang sudah diujicobakan di jaringan transmisi dan distribusi di Jawa Timur serta Depok. “Ke depan, PLN akan terus menciptakan karya-karya inovasi guna meningkatkan efisiensi,” paparnya.

Sementara, Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan PLN Hadi Parmono menambahkan, sejauh ini, pihaknya telah menciptakan 1.457 karya inovasi. “Sebanyak enam di antaranya dalam proses hak paten dan dua lainnya sudah mendapat hak paten,” ujarnya.

Sumber: Ristek, Republika

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: