Lanjut ke konten

Satu Tahun Indonesia Proud

Oktober 27, 2010

Tak terasa…ternyata Indonesia Proud sudah berusia satu tahun. Pada tanggal 27 Oktober 2009, yang ternyata bertepatan dengan Hari Blogger Indonesia dan berdekatan dengan Hari Sumpah Pemuda, blog ini muncul dengan tulisan pertamanya Anne Ahira: Salah Satu Internet Marketer Terbaik Dunia. Saya memilih tulisan pertama tersebut dengan alasan bahwa Ahira adalah tokoh di dunia internet yang bisa dibanggakan dari negeri ini dan juga menjadi sumber inspirasi saya.

Pertama kali memilih nama blog ini, sebenarnya Bangga Indonesia adalah nama yang dipilih. Namun, ketika membuka akun di WordPress dengan nama itu, permintaan saya ditolak dengan alasan sudah dipakai orang lain. Nama Indonesia Proud dipilih dengan alasan nama ini bisa mewakili kebanggaan dan lebih ‘mendunia’ karena berbahasa Inggris. Hal ini juga diinspirasi oleh nama Indonesia United yang sudah dikenal saat itu. Indonesia Proud-pun ternyata telah dikunjungi lebih dari 70 negara di dunia.

Jadi pemilihan nama Indonesia Proud dipilih semata karena alasan tersebut di atas dan jangan diartikan sebagai tidak meng-Indonesia, seperti yang ‘dipertanyakan’ oleh beberapa orang selama ini.

Dalam setahun perjalanannya, Indonesia Proud telah memuat 550 tulisan yang terbagi dalam 30 kategori dan 3.940 tag. Komentar yang masuk sebanyak 536.  Adapun pelanggan lewat e-mail yang aktif sebanyak 26 orang.

Tulisan yang paling banyak dibaca dalam satu hari adalah Robot Tempur Buatan Indonesia dengan jumlah 771 pada 19 April 2010. Hari itu juga merupakan hari dengan kunjungan tertinggi, yaitu 2.357. Kunjungan terbanyak datang dari link Kaskus, yaitu 641 berkaitan dengan tulisan tersebut di atas.

Tulisan yang ada di blog ini dan telah di-sharing sebanyak 251. Sharing terbanyak adalah lewat Facebook, yaitu 224 tulisan. Adapun lewat WordPress: 8, E-mail: 8, Stumble Upon: 4, Digg: 4, dan Reddit: 3.  Tulisan yang paling banyak di-share adalah Taksi Putra raih International Transport Trophy 2010 di Madrid. Sekadar diketahui, fasilitas share ini baru dipasang sekitar bulan Agustus 2010 (rada telat).

Berdasarkan masukan Akhyari dari Good News From Indonesia (GNFI) lewat emailnya tertanggal 23 Agustus, akhirnya Indonesia Proud membuka akun di Twitter pada 24 Agustus 2010 (telat lagi). Lewat Twitter, Indonesia Proud lebih meluaskan jangkauan penyebaran informasinya dan saat ini telah memiliki follower sebanyak 236 orang.

Dalam menjalankan misinya, Indonesia Proud juga ditemani oleh teman-teman ‘seperjuangan’, seperti Good News From Indonesia (GNFI), Bangga Indonesia, Indonesia Berprestasi (Great Indonesia) juga yang lainnya yang tidak disebutkan satu-persatu, dalam menyebarkan informasi yang membanggakan tentang Indonesia.  Lewat misi dan tujuan, yang kurang lebih sama, kami saling mengisi dan melengkapi satu sama lainnya.

Sudah tentu…dan yang paling penting, ucapan terima kasih saya haturkan bagi semua pengunjung Indonesia Proud yang telah memberikan komentar, berupa dukungan, info, pertanyaan, masukan, kritikan dsb yang menginginkan agar blog ini bisa konsisten menjalankan misinya.

Dalam keterbatasan dan kekurangannya, do’akan agar Indonesia Proud bisa tetap konsisten dan lebih baik lagi. Salam iProud dan salam bangga!

2 Komentar leave one →
  1. h19hwind permalink
    Oktober 29, 2010 11:35 am

    Congrats for IndonesiaProud.. 🙂
    berkat IndonesiaProud, saya jadi tau banyak informasi tentang prestasi-prestasi rakyat Indonesia. Kemudian menjadi inspirasi buat saya untuk membuat blog/portal mengenai kehebatan negara Indonesia mulai dari sisi budaya, kuliner, karya seni, dsb.

    Keep posting and go forward. ^^

    • Oktober 29, 2010 11:35 am

      Terima kasih atas komentarnya h19hwind… I hope that I’ll keep posting and go forward. Mari bersama kita sebarkan informasi yg membanggakan ttg Indonesia yg kita cintai ini. Sukses untuk anda…Salam iProud, Salam bangga!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: