Lanjut ke konten

Sam Bettay Brodie: Selebriti di Inggris yang Ingin Berkiprah di Indonesia

Desember 11, 2010

Ada orang Indonesia yang mengikuti sebuah reality show, dan walau bukan sebagai pemenangnya, karena wajahnya setiap hari muncul di televisi, dia pun menjadi tenar di London. Dia adalah Sam Bettay Brodie.

Sam lahir di Medan 14 Maret 1987, dan sempat tinggal di Bandung. Sekolah di BIS (Bandung International School), di mana untuk pertama kalinya ia mengenal seni akting dan menyanyi. Terakhir sekolah di Indonesia di JIS (Jakarta International School) sebelum bertolak ke Inggris.

Dia menguasai 4 bahasa, yaitu Indonesia, Inggris, Perancis, dan Belanda, baik lisan maupun tulisan sama baiknya. Sam memulai karir pada tahun 2002 di usia 15 tahun. Menjelajah panggung–panggung akting dari Glasgow’s West End Stage sampai London Palladium.

Pada tahun 2006, bintang Sam mulai terang saat membintangi acara reality show Big Brother. Dia terpilih dari seleksi sebanyak 400.000 peserta. Big Brother kemudian menjadi favorit pemberitaan di koran dan majalah–majalah gosip di UK. Juga menjadi leading news di BBC, ITV, Channel 4, CNN dan Sky News. Saat itu Sam berperan sebagai wanita. Identitasnya sebagai pria yang berpenampilan wanita sempat membuat heboh acara reality show yang disiarkan melalui Channel 4 Inggris.

Big Brother 7 ini diikuti oleh 22 peserta yang berkompetisi dalam satu rumah dengan kamera yang selalu mengintai kegiatan mereka nonstop selama 24 jam setiap harinya. Tentu saja aktivitas mereka pun penuh dengan sensasi dan selalu menjadi heboh.

Penampilannya kerap muncul di majalah, surat kabar, stasiun radio, dan program–program televisi lainnya. Sam juga meluncurkan parfum, DVD, single dan menjadi kolumnis. Dia mendapatkan lebih dari 100.000 GB Poundsterling di setiap penampilan sebagai bintang iklan TV. Sebagai model ia mendapatkan kontrak dari Burberry. Terakhir Sam tercatat dengan penghasilan US$4,6 juta.

Sebelum ikut dalam Big Brother. Sam bukanlah siapa-siapa, ia bahkan sempat melakoni pekerjaan sebagai pembantu hingga karyawan sebuah kafe. Sam bahkan sempat mengalami pelecehan seksual semasa kecil dan ditelantarkan orangtuanya hingga hidup di sebuah panti asuhan di Inggris. Meski kini sudah hidup mapan. Sam masih menjalani hidup seperti yang dulu. Keseharian yang mandiri membuatnya terlatih untuk memasak. Sam pun merasa kerasan tinggal di Indonesia, jauh dari kejaran paparazzi dan dapat bergaul dengan siapa pun.

Sejak balik ke Indonesia tahun 2008, Sam memutuskan untuk meniti karirnya di negeri sendiri dan mulai mengubah total penampilannya. Sam menangggalkan atribut kewanitaannya yang telah dilakoninya selama sepuluh tahun. Kini ia tampil dengan kumis dan jenggotnya, sehingga keluarganya pun lebih bisa menerima keadaannya yang sekarang. Kini sam mulai merambah ke dunia tarik suara di bawah manajemen Ahmad Dani.

Sam ingin memulai kiprahnya di tanah kelahirannya. “Saya orang Indonesia, saya ingin maju di sini dan saya ingin membuktikan pada orang tua saya bahwa saya mampu berdiri di sini,” tekadnya. Ia mengaku cukup heran dengan perilaku dunia entertainment di sini. “Makanya kalau di Inggris aku dikejar–kejar kenapa di sini tidak,” katanya.

Dulu, kenangnya, dia pernah menghamburkan Rp180 juta dalam satu toko hanya untuk membeli tas yang tidak berguna. “Saat itu aku terpikir kalau aku sudah lupa diri gara–gara terkenal. Dan pada saat itu juga aku tersadar bahwa itu bukan ia yang sesungguhnya. Itu menjadi momen awal buat aku untuk kembali ke Indonesia. Semua uang aku titipkan pada notaris. Aku akan memulai semuanya dari awal lagi di sini,” ungkapnya.

Untuk mengisi hari–harinya di Jakarta, Sam bekerja pada perusahaan multi internasional dengan gaji di atas rata–rata karena ia memiliki latar belakang pendidikan yang baik. Ia memiliki beberapa gelar akademik. Beberapa tawaran dari luar negeri pun kerap ia tampik hanya untuk menunggu kesempatan di negeri sendiri.

Siapkan Single Perdana

Sam mengatakan bahwa dirinya tengah sibuk menggarap single perdana, berjudul Neng Barbie. Pria yang mengaku dekat dengan sosialita asal Hollywood, Paris Hilton, ini sedang sibuk beberapa proyeknya. Dalam waktu yang tidak lama lagi, dirinya akan mengeluarkan single terbaru yang diambil dari lagu grup musik Aqua, berjudul Barbie Girl dan diubah menjadi Neng Barbie.

“Barbie Girl atau Neng Barbie ini lagunya milik grup musik Aqua yang akan dinyanyikan versi Jawa, dengan model video klip Tora Sudiro, Sule, Nunung dan Tukul. Lagunya lucu dengan sentuhan musik rock dan R&B-nya. Berbahasa Indonesia, tetapi dengan logat bahasa Jawa,” ujar Sam.

Karena tergabung di RCM (Republik Cinta Management), sebelumnya Ahmad Dhani, bos RCM sempat tak sreg dengan konsep video klipnya. Lalu, seperti apakah konsep video klipnya tersebut?

“Gue juga jadi barbie girl Sunda, tapi aku juga jadi abang bajaj warna pink. Konsepnya lucu. Mas Dhani awalnya nggak sreg karena lagu itu bukan genre RCM. Tapi lama-lama, Mas Dhani sreg juga dan nawarin aku masuk ke RCM. Padahal aku kaku kalau menyanyi,” ujarnya.

Sumber: KickAndy, KapanLagi.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: