Skip to content

Jully Tjindrawan: Pendiri Lembaga Kursus Robotik & Rumah Robot Pertama di Dunia

Desember 13, 2010

Robotic Explorer World, sebuah rumah robot yang berlokasi di lantai 2 Thamrin City, Jakarta telah dibuka pada 11 Desember 2010 oleh Ibu Negara Ani Yudhoyono dan diresmikan oleh Menristek Suharna Surapranata. Pendiri dan pemilik rumah robot tersebut adalah Jully Tjindrawan.

Peresmian rumah robot ini tentunya akan semakin meningkatkan keingintahuan dan minat akan robot di negeri ini. Di negeri ini, masih banyak orang masih belum tahu tentang teknologi pembuatan sebuah robot. Dalam membuat sebuah robot dibutuhkan kreativitas serta imajinasi dalam mengembangkannya. Dengan membuat robot, kreativitas seorang anak dapat lebih terasah.

Jully Tjindrawan adalah Marketing Manager, yang juga pendiri Robotic Explorer, suatu lembaga kursus robotik yang giat mengadakan workshop dan kompetisi tentang bagaimana cara pembuatan robot. Di sana, masyarakat bisa lebih mengetahui tentang robot, bagaimana cara pembuatannya, perakitannya sampai pada tahap robot tersebut dapat difungsikan.  Ia menjelaskan, dalam kursus yang diadakan pihaknya, yakni tentang bagaimana membuat sebuah robot, pihak Robotic membuka dua bagian kelas, yaitu kelas catur dan komputer.

Lembaga ini beroperasi di Green Ville Jakarta Barat, Tangerang, dan Karawaci. Biaya kursus untuk membuat robot ini berkisar antara Rp 250 ribu sampai Rp 300 ribu perorang. Adapun usia yang diperkenankan untuk mendaftar antara 5-18 tahun. ’’Kurikulum yang diajarkan mulai dari pengetahuan tentang mesin robot, perakitan bagian-bagian robot sampai pada tahap akhir dari pembuatan robot,’’ jelasnya.

Khusus untuk TK dan SD, kursus robotik kini berkembang dan makin disukai anak-anak. Terutama di pemukiman elit di kawasan Jakarta Barat dan Jakarta Utara. Sekilas, perangkat yang digunakan mirip dengan mainan lego, tapi sesungguhnya berbeda. Dalam kelas robotik, anak diajak untuk membuat sebuah konstruksi robot lengkap sampai bisa bergerak. Tentunya, guru akan memberikan pendampingan kepada mereka

Menurutnya, banyak orang tua yang menitipkan anak mereka untuk mengikuti kursus robotik yang dipercaya mampu meningkatkan kreativitas anak. ’’Sebenarnya saya ingin kursus ini bisa untuk semua anak-anak. Tapi biaya kursus ini mahal, karena bahan-bahan untuk latihannya juga mahal,’’ ungkap penggemar Edward Chen itu.

Karena faktor mahal itulah, fokus usaha merakit robotik ini hanya untuk dikalangan elite. Terutama konsumen yang berasal dari etnis Tionghoa. Menurut Jully, kesadaran masyarakat Tionghoa untuk melakukan sesuatu yang baru dan berkembang di luar negeri, membuat mereka terdorong memberikan kursus itu.

Di negara-negara seperti Amerika, Jepang, Jerman, Australia, Singapore, Malaysia, China, dan Thailand, pengajaran perakitan robot semacam itu sudah masuk dalam kurikulum pelajaran sekolah. Jadi saat ini SDM negara-negara itu ahli merakit machine construction, electricity, sampai komputerisasi.

Robotic Explorer didirikan sejak September 2005 di kawasan Meruya, Jakarta Barat. Jully mengatakan, tujuannya membuat tempat kursus ini karena dirinya ingin menggali potensi pada anak-anak di bidang sains, yang banyak pihak cenderung memperhatikan kemampuan anak-anaknya di bidang itu.

’Saya percaya ilmu robotika itu bukanlah hanya permainan belaka melainkan ilmu yang sudah diakui dunia, tapi di Indonesia sendiri kurang digalakkan,’’ imbuhnya.

Jully yakin, semangat juang anak-anak Indonesia bisa maju dan kemampuan mereka setara dengan anak-anak dunia. ’’Karena kita menonjol di bidang matematika dan fisika. Jadi, kenapa tidak untuk bidang science dan teknologi. Saya ingin kecanggihan teknologi di Indonesia lahir dari anak-anak bangsa, bukan duplikasi dari negara luar,’’ katanya.

Belajar ilmu robotika, ujarnya, tidaklah sulit, asalkan ada minat atau kemauan untuk mengenal lebih jauh tentang robot maka anak mudah untuk diajarkan dan dibimbing untuk mempelajarinya. Di Robotic Explorer tidak tersedia buku-buku panduan resmi seperti pelajaran Matematika atau Fisika, karena menurut Jully, di seluruh dunia pun belum ada sekolah robot yang memiliki buku-buku panduan serta kurikulum yang semestinya.

’Kami mempunyai buku diktat dan sillabus atau rencana pelajaran yang kami susun sendiri mengenai materi yang akan diberikan kepada murid-murid. Setiap tingkatan usia pasti pelajarannya pun akan berbeda-beda,’’ tandasnya.

Dengan adanya rumah robot, Robotic Explorer World dan lembaga Robotic Explorer, diharapkan kegairahan dunia robotik di Indonesia akan bangkit dan keinginan Jully menggali potensi sains anak bangsa bisa tercapai sehingga Indonesia maju, khususnya di dunia robotik, dan diakui dunia. Semoga.

Info kontak Robotic Explorer

Sumber: JPPN.com, xraithboengzhu, robotic-explorer.com

18 Komentar leave one →
  1. hasbiyah baharuddin permalink
    Desember 20, 2010 11:35 am

    Anak sy berusia 10thn, sngt tertarik dgn dunia robot. Mohon info detail mengenai biaya kursus.
    Atas infonya, kami ucapkan banyak terima kasih.
    Semoga apa yg telah bpk upayakan lewat lembaga ini, memberi manfaat besar bg Indonesia & masa depan umat manusia, amin.

    • Desember 21, 2010 11:35 am

      Untuk info detailnya, coba pak Hasbiyah hubungi:

      Robotic Explorer
      Greenville blok AL 1-1A Jakarta Barat
      Tlp. (021) 569 435 03 – 04
      Fax (021) 569 435 03
      E-mail: admin@robotic-explorer.com, info@robotic-explorer.com

      Semoga berhasil!

      • Yohanes permalink
        Agustus 4, 2014 11:35 am

        mohon info, apakah ada cabang di jakarta utara, sekitar kelapa gading?
        kami sangat berminat utk anak kami berusia 6 tahun kelas 1 SD, mohon informasinya – terima kasih

  2. Caroline Puspa Sanjaya permalink
    Desember 20, 2010 11:35 pm

    Untuk bulan Desember ini apakah ada kursus untuk holiday program ? No ttp yang bisa dihubungi ?

  3. Prayoga arief hidayatulloh permalink
    Maret 15, 2011 11:35 pm

    Aku sangat suka robotik. Aku ingin kursus, tapi aku sekarang udah SMK.

  4. Iswandono permalink
    April 18, 2011 11:35 am

    Ada gak kursus yang buat orang dewasa?

  5. nisful permalink
    Mei 24, 2011 11:35 am

    Udah buka cabang di Yogya belum ya? Pengen kasih kegiatan positif buat anak-anakku tersayang.

  6. m.royan irfani, permalink
    Oktober 20, 2011 11:35 am

    Mbak yang terhormat,
    Kalau saya minta info tentang robotik bisa gak? Apa saya harus ke sana (ke jakarta)? Buku-buku, modul pelatihan/kursus apa bisa saya dapatkan? Saya ingin mengembangkan robotic ini di daerah saya. Saya tinggal di Palangkaraya. Bagaimana mbak caranya? Berapa biayanya?
    Sekaligus saya ingin mengajarkan untuk sekedar permainan ke anak saya.

  7. adhy permalink
    Desember 2, 2011 11:35 am

    Untuk yang sudah berumur di atas 30 boleh gak ikutan kursus?

  8. Rina Saktiyani permalink
    Januari 29, 2012 11:35 am

    Bisa tolong diinfo, kursus ini sudah ada dimana saja ? Di Jakarta maupun luar Jakarta> Apakah lembaga ini diwaralabakan? Ditunggu info detilnya.

  9. November 13, 2012 11:35 am

    kalo daerah surabaya kursus robotnya dimana ya,,,,

  10. Mei 3, 2013 11:35 am

    Mudah mudahan kursus Robot tidak hanya dapat diikuti oleh anak2 kalangan menengah ke bawah, karena mereka juga memiliki hak yang sama untukmemperoleh pendidikan yang maju, bagaimana caranya anak2 negeri kita ini maju teknologinya jika untuk kursus Robot saja harus menggunakan mainan impor dari luar negeri, ..Pendidikan anak Indonesia sudah selayaknya menjadi tanggung jawab kita bersama…Saya sudah menjadi Praktisi robot lebih kurang 10 tahun ,dan apa yang saya pelajari adalah pelajaran membuat robot yang paling mendidik adalah menggunakan ‘electronic junk’ yang ada di sekitar kita dari komputer bekas hingga radio rusak bisa menjadi robot, dan tentang software ..: Python,c,c++,arduino is the most outrageous one, and most of it .they are all FREE OPEN SOURCE….untuk anak2 indonesiaku tercinta We Can Even Get Bigger Than America selama kita menghindari kursus2 berbasis modul dengan OS tertentu. mulailah dari linux dan berkembanglah dari situ…CHEERS

  11. arif permalink
    Mei 10, 2014 11:35 am

    gimana caranya bagi saya untuk dapat membuat robot,da gug yang bisa membantu say dalam proses pembuatan robot,karena saya sangat tertarik pada ilmu robotik sekarang ni..

    mohon balasannya ke
    muhammad.arif026@yahoo.co.id (email/Facebook)
    terimakasih banyak atas perhatiannya

  12. Februari 2, 2015 11:35 am

    wah sip tuh sampe2 anak sy pingin ikutan, tp masalahnya apa ada khursus robot di kota purwokerto?

  13. Maret 9, 2015 11:35 am

    bayarnya perhari apa perbulan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: