Lanjut ke konten

PT Gunanusa Utama Fabricators: Pengekspor Anjungan Minyak & Gas Lepas Pantai

Desember 25, 2010

PT Gunanusa Utama Fabricators tengah menggarap tiga proyek anjungan minyak dan gas lepas pantai (offshore oil & gas platform) dengan nilai lebih dari 650 juta dollar AS.

PT Gunanusa Utama Fabricators adalah perusahaan nasional konstruksi berat yang berkiprah sebagai EPCI (Engineering, Procurement, Construction, Installation) kontraktor anjungan  minyak dan gas lepas pantai (offshore oil & gas platform) yang telah menghasilkan lebih dari 100 konstruksi anjungan.

“Platform tersebut dibangun di Cilegon, dan akan dipasang masing-masing di laut Mumbai High India, di Teluk Siam Thailand, dan di Ujung Pangkah Laut Jawa barat dari Surabaya Jawa Timur,” sebut Presiden Direktur PT Gunanusa Samad Solbai.

Umumnya anjungan lepas pantai terdiri dari dua bagian utama, yaitu di bagian atas disebut topside, module atau deck (yang menempatkan peralatan proses, tempat tinggal, kantor dan lapangan pendaratan helicopter) dan bagian bawah disebut jacket, yaitu tiang-tiang penopang yang dipancang di dasar laut.

“Konstruksi anjungan lepas pantai terdiri 90 persen dari baja dan jumlah pekerja untuk ketiga-tiga proyek itu sekitar 6.500 orang; 99 persen adalah orang Indonesia.” kata Samad.

Menurutnya, proyek yang pertama akan selesai adalah proyek ONGC ICP-R yang akan dipasang di Mumbai High yang akan dimuat ke tiga tongkang dan akan diberangkatkan pada akhir Desember 2010.

Antara pemuatan dan pemberangkatan perlu waktu untuk mengikatkannya (seafastening:pengelasan platform ke tongkang, penambahan keperluan safety dan instalasi) ke tongkang selama sekitar 2 minggu. Topside ONGC ICP-R ini bobot totalnya melebihi 9000 ton, terdiri dari 5 module, yang akan dipersatukan pada saat pemasangan di lokasinya di India.

Samad mengatakan, proses kerja ICP-R yang dilakukan PT Gunanusa meliputi keseluruhan proses pembangunan anjungan mulai dari design/engineering, procurement, fabrication, transportation, installation, dan commissioning (sampai bisa beroperasi). Kemampuan seperti ini merupakan suatu kelebihan karena tidak semua fabrikator di Asia Tenggara memilikinya.

Sementara itu, proyek kedua yang akan diberangkatkan adalah HESS Ujung Pangkah CPP dan AUP yang bobotnya melebihi 6.000 ton untuk lapangan minyak Ujung Pangkah, Jawa Timur. CPP (Central Processing Platform) berbobot 2.650 ton dengan jacket 260 ton dan AUP (Accomodation and Utility Platform) berbobot 2.080 ton dengan jacket 260 ton. AUP merupakan tempat tinggal (living quarters) untuk 35 pekerja. Kedua struktur tersebut akan dipasang di kedalaman 10 meter.

Proyek ketiga adalah PTTEP QPS (Quarter Platform South) dengan bobot 3.500 ton, tempat tinggal (living quarter) untuk 158 orang. Platform itu akan dipasang di lepas pantai Teluk Thailand (Bongkot).

“Semua hasil kerja di atas adalah karya anak bangsa karena semua pekerjaan dilakukan oleh 99 persen orang Indonesia, oleh karena itu kemampuan ini harus selalu ditingkatkan demi mencapai kemajuan bangsa Indonesia ke depannya,” tambah Samad.

Sumber: Kompas, Gunanusautama

3 Komentar leave one →
  1. H. Bradkey Wikarma permalink
    Juli 26, 2011 11:35 am

    Kami dari PT. Karya Guna Multi Trans yang bergerak dalam bidang jasa angkutan laut dengan menggunakan Cargo Vessel, Landing Craft, Tug & Barge.

    Dalam hal ini kami ingin turut serta berpartisipasi di PT. Guna Nusa Utama Fabricators, sesuai dengan bidang usaha yang telah kami sebutkan diatas.

    Untuk itu kami menunggu balasan / advice mengenai prosedur administration dari PT. Guna Nusa Utama Fabricators.

    Terima kasih.
    PT. Karya Guna Multi Trans
    ( bradleykgmt@gmail.com )

    • Juli 26, 2011 11:35 am

      Coba H. Bradley Wikarma hubungi:

      Head Office PT. Guna Nusa Utama Fabricators
      Jalan Bendungan Hilir Raya No.60
      Jakarta Pusat 10210, Indonesia
      Phone : (62) – (21) – 5703329
      Fax : (62) – (21) – 5703334, 5706810
      Email : business_dev@gunanusa.co.id
      Website: http://www.gunanusautama.com

      Fabrication Yard
      Desa Margasari, Kecamatan Pulo Ampel,
      Kabupaten Serang – Banten,
      West Java, Indonesia
      Phone : (+62) – (254) – 575 0088, 575 0306
      Fax : (+62) – (254) – 575 0091

      • ferry permalink
        Maret 17, 2012 11:35 am

        ada lowongan kerja insulation tidak ya?
        jikalau ada info ke saya di oxoferryoxo@gmail.com
        Blog ferryinsulation.blogspot.com
        Terima kasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: