Skip to content

Batu Permata Kalimaya Indonesia Terbaik di Dunia

Januari 12, 2011

Indonesia kaya akan sumber daya alamnya. Mulai dari tumbuhan, hewan hingga bebatuan. Indonesia juga negara penghasil batu permata yang indah. Batu permata kalimaya atau juga dikenal dengan sebutan opal dari Kabupaten Lebak hingga kini terbaik di dunia karena memiliki aneka warna yang bagus dibandingkan dari Australia atau Amerika Latin.

“Selama ini permintaan batu kalimaya, baik domestik maupun mancanegara cukup tinggi,” kata Nong, seorang kolektor batu kalimaya di Rangkasbitung, Kabupaten Lebak (7/1).

Nong mengatakan, selama ini batu permata kalimaya asal Kabupaten Lebak memiliki keunggulan dibandingkan dari negara lain di dunia. Kelebihan batu kalimaya Kabupaten Lebak, selain warna tidak menghilang juga sangat mempesona jika melihat aneka warna, seperti hitam, coklat, kuning ungu, biru dengan warna pelangi.

Menurut dia, kalimaya memiliki jenis warna, di antaranya Kalimaya Putih, Kristal Hijau, Kristal Pelangi, Kristal Hijau, Teh dan Kopi, Pelangi, Kristal susu dan lain-lain. “Semua jenis warna kalimaya memiliki daya tarik tersendiri juga pancaran warna pelangi dapat berubah-ubah. Itulah kelebihan permata asal Lebak,” katanya.

Dia menyebutkan, penghasil batu kalimaya di Kabupaten Lebak tersebar di Kecamatan Maja, Sajira dan Cimarga karena daerah tersebut terdapat urat tambang kalimaya.

Sedangkan, untuk mendapat batu permata tersebut dengan melakukan eksploitasi secara tradisional, yakni menggali lubang ke bawah tanah hingga puluhan kilometer. “Jika terdapat batu kalimaya di bawah tanah maka terlihat pancaran sinar,” katanya.

Sementara itu sejumlah pedagang batu kalimaya di Rangkasbitung mengaku saat ini permintaan batu kalimaya cukup tinggi sehingga banyak pengunjung yang datang ke sini bisa transaksi hingga puluhan juta rupiah.  “Kami pernah menjual batu kalimaya yang sudah berkembang warnanya dijual Rp40 juta,” kata Lili, pedagang batu kalimaya di Rangkasbitung.

Sumber: MediaIndonesia

79 Komentar leave one →
  1. Reza Akmal Guritno permalink
    Januari 12, 2011 11:35 am

    Sangat luaaar biasaaa batu permatanya 🙂

    http://rezaakmalguritno.wordpress.com/

  2. Februari 28, 2011 11:35 pm

    Sangat disayangkan Indonsia yang begitu kaya raya, hasilnya cuma dinikmati segelintir orang, tanpa peduli dengan rakyat sekitar yang hidup miskin.

  3. Juni 22, 2011 11:35 am

    Bagaimana caranya saya dapat memiliki batu ini, saya di Kalimantan.

    • anggara permalink
      Juli 7, 2011 11:35 am

      hubungi saya saja…di 085888108890

  4. alex permalink
    April 29, 2012 11:35 am

    mantaplah tu batunya…… kekayaan indonesia.banten pnya

  5. Juli 27, 2012 11:35 am

    saya punya kalimaya tapi masih mentah(muda) belum timbul warna gmana caranya supya cepet timbul warnanya mohon bimbinganya trims bls ke email saya : risdiana.arya@yahoo.com

  6. Agustus 23, 2012 11:35 am

    indah en keren banget tuh! btw kabupaten lebak, banten kan? kampung nenek saya, hehe

    mudah-mudahan bisa jadi SDA yang bisa membantu perekonomian Indonesia..

  7. andi siswanto permalink
    Oktober 4, 2012 11:35 am

    bagaimana sih membedakan batu kalimaya yg asli dgn yang palsu (masakan), soalnya saat ini banyak beredar batu kalimaya palsu dipasaran, trims

  8. imel permalink
    Oktober 22, 2012 11:35 am

    yaaa mmng indah batunya karana aku memiliki 1 dgn berwarna hijau sungguh indah skli warnanya…..

  9. nur fitriyah permalink
    November 23, 2012 11:35 am

    bisa minta no hp yang bisa dihub? thanks

  10. Rizky Fauzan permalink
    Desember 28, 2012 11:35 pm

    Seharusnya jangan dijual kepada orang, lebih baik pajang di museum

  11. tony permalink
    April 3, 2013 11:35 pm

    Rangkasbitung tunggu kedatangan ku…….

  12. Mei 5, 2013 11:35 am

    barangkali ada yang btuh saya ad kalimaya pancawarna,segala macam wrna ad.

    • ayah fazrie permalink
      Februari 5, 2014 11:35 pm

      Berapa gan 1an nya..?

  13. Mei 5, 2013 11:35 am

    betapa banyak barang berharga yang terpendam d alam kita

  14. topik permalink
    Mei 16, 2013 11:35 am

    i likeeeeeee

  15. Mei 25, 2013 11:35 pm

    Kapan ya aku punya batu kalimaya. . .?

  16. Juni 6, 2013 11:35 pm

    Luar biasa, batu kalimaya ini memang bagus…. Semoga lebih bijak memanfaatkan sumberdaya alam Indonesia ini. 🙂

  17. Juli 19, 2013 11:35 am

    gimana yag cara bedain batu kalimaya asli sama palsu. takut salah beli

  18. Agustus 14, 2013 11:35 am

    Keren..

  19. andra permalink
    Agustus 25, 2013 11:35 am

    Setahu saya dan pengalaman sya, kalau batu kalimaya yang asli bisa berubah-ubah warnanya sesuai cuaca… Berubahnya mencolok sekali

  20. Mas Amin permalink
    November 22, 2013 11:35 am

    Kalimaya adalah batu mulia yg paling sulit dibuat sintetisnya. Sehingga jika bisapun akan sangat mencolok sekali perbedaan dg aslinya. Gambar diatas bisa dijadikan referensi untuk membedakan dg sintetirnya. Semoga bermanfaat.

  21. Desember 9, 2013 11:35 pm

    biarkan kekayaan Indonesia menjadi milik Indonesia, klo orang udah pada tau nantinya dieksploitasi jadi merusak alam

  22. Iip setiapermana permalink
    Januari 17, 2014 11:35 pm

    Kalau mau beli bt kalimat gimana caranya

  23. suharsono permalink
    Februari 12, 2014 11:35 am

    Saya punya cristal kalimaya, sampai ketika saya ambil gambar tidak bisa karena kilau cahayanya terlalu kuat ketika sy potret batu tsb muncul warna api, apakah ini termasuk kualitas yg bagus?

  24. Februari 28, 2014 11:35 pm

    Play of Fire itulah sebutan lain dari Batu kalimaya, batu ini sangat indah nan mempesona, jika mempunyai warna pelangi yang terang dan pancaran warna bervariasi. perpaduan warna yang menawan membuat semua penggemar batu permata tertarik dan terpikat untuk memilikinya, namun perlu di waspadai dan dijaga jika anda memiliki batu indah ini, karena skala Mohs atau kekerasan batuan yang hanya 5-5 , 6-5 yang mudah retak dan pecah dengan suhu extrim, atau panas yang berlebih, untuk itu usahakan jika anda mempunyai batu ini selalu dalam suhu yang stabil.

    • Hendra permalink
      Agustus 19, 2014 11:35 pm

      Infonya bagus, please share di akun FB saya Kalimaya Original Banten. Trims

  25. Mei 25, 2014 11:35 am

    Jadi pengen punya satu

    • Chibie permalink
      Mei 30, 2014 11:35 am

      aslinya indah lhoo 😀

  26. Juni 4, 2014 11:35 am

    Batu permata punya nilai seni yang tinggi

  27. Juni 17, 2014 11:35 am

    mantap batu2 nya….

  28. Agustus 5, 2014 11:35 am

    Bagus infonya!

  29. November 14, 2014 11:35 am

    Sayang skali kita jauh di riau,jadi tdk bisa ikut nyisir tuh kalimaya yg amat ksohor..

  30. Encek Azie permalink
    Januari 23, 2015 11:35 am

    saya punya kalimaya teh bensin dominan warna hijau dan biru,,iseng saya bakar pakai korek…karena saya masih ragu keasliannya…dan hasilnya spt meleleh dan retak…apa batu xmaya saya palsu,,,????

  31. Mei 10, 2015 11:35 am

    Dimana mendapatkan informasi penghasil batun akik di indonesia ? terimakasih

  32. Mei 20, 2015 11:35 am

    Cakep banget batunya (y) luar biasa emang Indonesia , ditunggu info batu-batuan nya gan 🙂

Trackbacks

  1. Batu Permata Kalimaya Indonesia Terbaik di Dunia | Sutan Permato
  2. Batu Permata Kalimaya Indonesia Terbaik di Dunia | DENNY HELLMANDA
  3. Kalimaya Indonesia Terbaik di Dunia | Pusat Batu
  4. Kalimaya Indonesia Terbaik di Dunia | Majalah Batu
  5. Kalimaya Indonesia Terbaik di Dunia | Majalah Hobi Batu Mulia
  6. Kalimaya Indonesia Terbaik di Dunia | Batu Akik Indonesia
  7. Jenis Batu Permata Di Dunia | Kumpulan Info Batu Akik Terupdate
  8. Batu Permata Kalimaya Kristal | Kumpulan Info Batu Akik Terupdate
  9. Batu Permata Kalimaya Kristal Banten | Kumpulan Info Batu Akik Terupdate
  10. Batu Permata Kalimaya Termahal | Kumpulan Info Batu Akik Terupdate
  11. jenis batu akik terbaik di indonesia | Kumpulan Info Batu Akik Terupdate
  12. Kalimaya Indonesia Terbaik di Dunia | Sindo News Network
  13. jenis batu cincin terbaik di indonesia | Kumpulan Info Batu Akik Terupdate
  14. Batu Mulia Yg Termahal Di Dunia | Kumpulan Info Batu Akik Terupdate
  15. Batu Permata Kalimaya Teh | Kumpulan Info Batu Akik Terupdate
  16. Batu Kalimaya Termahal Di Dunia | Kumpulan Semua Info
  17. Batu Permata Kalimaya Banteng | Kumpulan Semua Info
  18. jenis batu akik terbaik di indonesia | Kumpulan Semua Info
  19. Batu Permata Kalimaya Kristal Banten | Kumpulan Semua Info
  20. Batu Kalimaya Dari Kalimantan | Kumpulan Semua Info
  21. Batu Cincin Kalimaya Timtim | Kumpulan Semua Info
  22. Batu Kalimaya Luar | Kumpulan Semua Info
  23. Batu Kalimaya Kalimantan Terbaru | Kumpulan Semua Info
  24. Batu Mulia Kalimaya Oval | Kumpulan Semua Info
  25. Cincin Permata Terbaik | Kumpulan Semua Info
  26. Cincin Permata Kalimaya | Kumpulan Semua Info
  27. Kalimaya Indonesia Terbaik di Dunia | Batu Mulia | Pemilihan Bahan, Perawatan Batu, dan Jual Beli Batu Mulia
  28. Batu Permata Lokal Indonesia | Kumpulan Semua Info
  29. Batu Mulia Kalimaya Teh | Kumpulan Semua Info
  30. Www.Batu Kalimaya Kalimantan.Com | Kumpulan Semua Info
  31. Batu Kalimaya Urat Emas | Kumpulan Semua Info
  32. Kalimaya Indonesia Terbaik di Dunia | Batu Permata
  33. Batu Permata Kalimaya Kuning | Kumpulan Semua Info
  34. Batu Permata Opal Atau Kalimaya Di Indonesia | Kumpulan Semua Info
  35. Batu Akik Qatar | Seputar Batu Akik
  36. Batu Permata Kalimaya Dijual | Kumpulan Semua Info
  37. Batu Permata Kalimaya Indonesia Terbaik di Dunia | The Coach Community

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: