Lanjut ke konten

Zulkifli: TKI Dari Jepang yang Ngetop Dengan Aishiteru-nya

Januari 21, 2011

Zulkifli, yang terkenal dengan band Zivilia dan hits Aishiteru-nya, adalah pemuda asal Kendari Sulawesi Tenggara dan menjadi TKI  di Jepang  selama 6 tahun. Di sela-sela  pekerjaannya, Zul sering menyempatkan waktu untuk bermain musik, dengan membeli alat-alat musik bekas untuk menyalurkan  hobinya. Bahkan beberapa kali ia sempat memiliki kesempatan untuk manggung di Kedutaan Besar Republik Indonesia di Tokyo, Jepang.

Lagu Aishiteru, yang berarti aku cinta padamu dalam bahasa Jepang dan popular di Indonesia, adalah salah satu karya yang ia ciptakan sambil mengerjakan tugasnya sebagai buruh di sebuah pabrik. Katanya, itu adalah sebuah lagu yang mengungkapkan kegundahannya sebagai lelaki yang terpaksa harus berjauhan dengan sang istri.

“Mesin di pabrik itu kan berisik sekali, jadi saya teriak-teriak aja nyanyi lagu itu, orang Jepangnya juga gak denger,” kata Zul diakhiri tawa.

Sekembalinya dari Jepang, Zul memantapkan karirnya di dunia musik tanah  air. Lagu yang ia teriakkan saat bekerja di pabrik itu kini populer di kancah musik Indonesia. Zul membawa lagu Aishiteru itu dengan bendera grup band Zivilia. Nama band tersebut ternyata diambil dari nama istri sang vokalis Zulkifli, Fhilia Rahayu Ningsih.

Awalnya nama band tersebut adalah Zipfhilia, kemudian band ini mencoba peruntungannya bergabung ke dalam label Nagaswara, kemudian nama tersebut diubah bos Nagaswara, Rahayu Kertawiguna, menjadi Zivilia. “Belakangan saya baru tahu kalau nama bandnya itu (diambil) nama istrinya Fhilia,” terang Rahayu.

Menurut manajernya Zivilia, Jana, band yang dirintis Zul dan Idam ini merupakan band yang merintis dari nol. “Album pertama mereka itu dulu dibajak orang. Sebelumnya mereka gabung di label indie,” terangnya.

Meski lagu Aishiteru karya Zulkifli ini dituduh mencontek (plagiat) lagu Jepang berjudul Soba Ni Iru Ne yang dibawakan oleh Thelma Aoyama feat SholJa (lihat dan bandingkan videonya), tapi Aishiteru tetap booming di tengah-tengah masyarakat Indonesia. Meski begitu, Rahayu mengaku belum mendapatkan angkat pasti perolehan ring back tone (RBT) dari booming lagu ini. Selain itu, Zivilia juga mendapatkan penghargaan di ajang “Inbox Award” sebagai band pendatang baru yang banyak di-request oleh pemirsa.

Sumber: KickAndy, Okezone, id.omg.yahoo.com

4 Komentar leave one →
  1. Maret 11, 2011 11:35 am

    hai para Zivilians

    • Nor Zakiah Binti Bukhari permalink
      Mei 8, 2014 11:35 pm

      kemerduan suara dan raut wajah yang bersahaja begitu membuat saya berulangkali memainkan lagu nyanyian saudara Zulkifli.Tahniah anda dan Zivilia sangat bagus.harap saya dapat akaun facebook saudara Zulkifli.

  2. Nor Zakiah Binti Bukhari permalink
    Mei 8, 2014 11:35 pm

    Tahniah Saudara Zulkifli..saya amat meminati saudara.

  3. Januari 31, 2016 11:35 am

    Zivilia mantappp,,segera keluarin album terbaru,,lama tak dengar dan tak nampak di TV,,ganbaree senpai

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: