Lanjut ke konten

Indonesia Raih Best International Exhibitor Award di Reiseliv 2011, Norwegia

Januari 24, 2011

Paviliun Indonesia dinobatkan sebagai peserta internasional terbaik dan memperoleh Best International Exhibitor Award di Reiseliv 2011, pameran pariwisata terbesar di Skandinavia yang diselenggarakan di Lillestrøm, Norwegia pada 13-16 Januari 2011.

Secara aklamasi tim juri yang dipimpin oleh Havard Hauglin dari Norges Varemesse dan terdiri dari wakil dari Innovation Norway dan Just Cruisin Production memilih Paviliun Indonesia dari sekitar 150 peserta asing yang turut berpromosi dalam Reiseliv 2011.

Paviliun Indonesia yang diusung KBRI Oslo dinilai memenuhi kriteria sebagai peserta asing terbaik, antara lain keramahan pelayanan informasi, serta keunikan dan keanggunan dekorasi yang merebut hati pengunjung. Menurut Havard Hauglin, Paviliun Indonesia merupakan anjungan yang sangat indah dengan sentuhan yang sangat personal dan otentik, dan karenanya selalu berhasil menarik perhatian pengunjung. Produk pariwisata yang diperkenalkan dinilai Havard merefleksikan penampilan berbagai daerah tujuan wisata di Indonesia, yang tidak akan dapat ditemui di dunia maya.

Penghargaan diserahkan Ketua Panitia penyelenggara Reiseliv 2011 Torill Engelberg kepada Koordinator Paviliun Indonesia dalam acara AfterSix Party di gedung pertunjukan Wallmans Salonger. Mewakili Esti Andayani, Dubes RI untuk Kerajaan Norwegia, Wening Esthyprobo, Minister Counsellor Ekonomi, menyampaikan rasa haru dan terima kasih atas anugrah peserta internasional terbaik bagi Indonesia yang telah sejak tahun 2007 berpartisipasi dalam Reiseliv.

Anugrah ini dinilai sebagai suatu bentuk pengakuan akan kekayaan potensi wisata yang bisa ditawarkan Indonesia khususnya kepada warga Norwegia. Keindahan dekorasi Paviliun Indonesia selama pameran dinilainya sebagai salah satu unsur yang dapat memicu ketertarikan warga Norwegia untuk melakukan kunjungan wisata ke Indonesia.

Potensi Norwegia sebagai pasar pariwisata yang menjanjikan di dunia merupakan alasan utama keikutsertaan KBRI Oslo dalam bursa wisata tahunan yang telah lima kali diikuti KBRI Oslo. Berdasarkan Statistics Norway, penduduk Norwegia dalam kelompok usia 16-79 tahun melakukan perjalanan wisata sebanyak sekitar 22,2 juta perjalanan wisata sepanjang tahun 2009, 30% dari total perjalanan wisata yang dilakukan adalah perjalanan wisata ke luar negeri dan 16,8% adalah perjalanan dengan tujuan berlibur.

Hal ini berarti sekitar 70% dari sekitar 4,9 juta penduduk Norwegia melakukan perjalanan liburan lebih dari satu kali setiap tahunnya. Untuk wisata ke Indonesia, tercatat sekitar 16.141 warga Norwegia yang berkunjung ke Indonesia dengan durasi 12 hari dan membelanjakan sekitar USD 2.133 per orang selama kunjungannya.

Sumber: Deplu (KBRI Oslo)

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: