Lanjut ke konten

Produk Alat Kesehatan Indonesia Diminati Mancanegara di The 36th Arab Health Exhibition and Congress 2011, Dubai

Februari 11, 2011

Promosi produk alat-alat kesehatan Indonesia yang telah memenuhi standar mutu internasional dalam “The 36th Arab Health Exhibition and Congress 2011” (AH-2011) yang diselenggarakan di Dubai International Convention & Exhibition Centre, UEA pada 24-27 Januari 2011, berhasil menarik minat pembeli mancanegara dan membuka kesempatan bagi produk Indonesia untuk dipasarkan tidak hanya di Uni Emirat Arab dan Timur Tengah, tetapi juga di seluruh dunia.

Pernyataan ini disampaikan Konsul Jenderal RI Dubai Mansyur Pangeran yang hadir pada AH 2011 Pihaknya berpendapat bahwa dengan mengikuti pameran ini secara rutin, tentunya para para pengusaha dapat mengetahui permintaan pasar terhadap berbagai peralatan medis yang dibutuhkan dengan kualitas yang tinggi. Sebagai tambahan, potensi pertumbuhan pasar industri kesehatan di Timur Tengah sangat besar, sekitar US$ 80 milyar per tahun.

Apabila kita ingin bersaing dengan produk-produk tertentu dari negara lainnya tentunya kita harus  memperhatikan kualitas produksi yang tinggi dan harga yang bersaing bahkan lebih murah. Sehingga produk Indonesia tersebut bisa masuk dalam pasar global,” kata Konjen Mansyur.

Konjen Mansyur menambahkan bahwa AH-2011 juga membuka peluang kerjasama di sektor kesehatan. Ia mencontohkan Rumah Sakit Islam Surakarta hadir, saat ini tengah menjajaki kerjasama medis penanganan perawatan pasien pengidap kanker paru-paru dengan Gulf Medical University  di Ajman, UEA. Kerja sama ini dijajaki dalam konteks keanggotaan mereka dalam TEMOS (Telemedicine for the Mobile Society-European Space Agency).

Arab Health Exhibition and Congress merupakan pameran terbesar kedua dunia setelah “Medica” di Düsseldorf, Jerman. Produk alat kesehatan Indonesia yang dipamerkan antara lain berbagai jenis masker dan sarung tangan untuk rumah sakit dan sanitasi, seperti latex examination gloves, vynil examination gloves, safety gloves, latex utility gloves, seamless supported golves yang diproduksi oleh PT. Arista Latindo. Produk perusahaan ini telah memenuhi standar mutu internasional ISO 9001, ISO 2859, US FDA, ASTM, CEN Standard serta GMP requirement.

Produk lainnya yang paling banyak mendapatkan penawaran adalah barang-barang berupa tempat tidur elektrik (homecare bed electric), meja operasi, tempat tidur gawat darurat (supramak bed icu with weight scale and CPR release), meja operasi, stretcher, kursi dan lemari rumah sakit. Produk yang paling banyak dipasarkan adalah lemari obat (medicine cabinet).

Alat-alat medis suction pump, oxygen concentrator, dan infant incubator juga mendapat banyak penawaran dari para pengunjung. Penawaran terbanyak dari calon pembeli dari Afrika, seperti Tanzania, Kenya, Sudan, Mauritania; disamping dari wilayah Teluk, seperti Oman dan Bahrain; serta wilayah Asia Selatan, yaitu India, Bangladesh dan Pakistan.

Sumber: Deplu (KJRI Dubai)

3 Komentar leave one →
  1. Februari 13, 2011 11:35 am

    JosS..

  2. Februari 15, 2011 11:35 am

    Wah, hebat sekali.. Ternyata barang kita tidak kalah bersaing di pasaran dunia, buktinya itu sangat diminati..

  3. Februari 19, 2011 11:35 am

    Terima kasih atas infonya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: