Lanjut ke konten

Wayang Orang Indonesia Mulai Mendunia

Februari 18, 2011

Kesenian Indonesia mungkin tidak begitu populer dan digemari di negerinya sendiri. Namun, bukan berarti kesenian Indonesia tidak disukai di luar negeri. Kesenian wayang orang yang dimainkan oleh kelompok Wayang Orang Indonesia Pusaka mendapat sambutan meriah di Opera House di Sidney, Australia, serta dijadwalkan bermain di sejumlah negara di Asia, Eropa, dan Afrika.

Pemerhati budaya, Jaya Suprana setelah mendampingi beberapa anggota kelompok Wayang Orang Indonesia Pusaka bertemu dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di kantor presiden, Jakarta, 17 Februari 2011 mengatakan, beberapa negara memang tertarik dengan kesenian wayang orang.

Dia menjelaskan, beberapa negara yang sudah mengundang antara lain Jerman, Prancis, Afrika Selatan, dan Singapura. Kelompok wayang orang ini akan bisa memenuhi undangan itu jika mendapatkan dukungan dari pemerintah. “Yang menjadi keterbatasan memang dalam hal dana,” katanya.

Pada saat bertemu presiden, Jaya Suprana juga melaporkan bahwa kelompok wayang orang itu sudah tampil dengan lakon Banjaran Gatotkaca di Opera House di Sidney, Australia, pada 18 Desember 2010.

Penampilan kelompok wayang orang itu mendapat sambutan meriah dari warga negara Australia dan warga negara Indonesia yang tinggal di negeri kanguru itu. Saat itu, kelompok Wayang Orang Indonesia Pusaka menampilkan cerita tentang kepahlawanan Gatot Kaca. Mereka mampu menarik perhatian warga negara Australia karena menyisipkan penggunaan bahasa Inggris saat tampil.

Wayang Orang Indonesia Pusaka berhasil mengumpulkan dana sebesar Rp110 juta ketika tampil di Sidney. “Itu kami sumbangkan kepada saudara kita di sekitar Merapi,” kata Jaya Suprana.

Sementara itu, Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Jero Wacik mengatakan, pemerintah selalu mendukung misi budaya Indonesia ke luar negeri.

Menurut dia, wayang orang adalah seni yang sangat bernilai dan mengandung falsafah hidup yang luar biasa. “Setiap episode wayang orang itu ada pesan moralnya,” kata Jero Wacik.

Saat ini, Jero Wacik sedang mengatur pertemuan antara sejumlah kelompok wayang orang dan presiden. Dia juga mengusahakan agar Wayang Orang Indonesia Pusaka bisa tampil di komplek Istana Kepresidenan.

Kelompok Wayang Orang Indonesia Pusaka sendiri terdiri dari seniman-seniman wayang orang Bharata dan sejumlah pemerhati kesenian lainnya.

Sumber: Antara, wayangorangindonesiapusaka.com, fotodetik.com

3 Komentar leave one →
  1. adHe gusti permalink
    Februari 18, 2011 11:35 am

    Baguslah, seharusnya memang begitu… Wayang harus dilestarikan, tapi jangan sampe ilmu-ilmu pewayangan dikuasai oleh dunia, cukup indonesia aja yang tahu, dunia tinggal menikmatinya…

  2. Februari 18, 2011 11:35 am

    Wuah, keren…
    Mudah2an bisa mengangkat harkat, derajat, dan martabat bangsa ini,

    Kunjungi http://setiaonebudhi.wordpress.com
    Ada aplikasi, game, theme dan tips n trick buat hp kalian

  3. edipipid25 permalink
    Desember 17, 2011 11:35 am

    Ayooo, kembangkan terus budaya asli negara kita…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: