Lanjut ke konten

PSM Unhas Raih 2 Emas di The American International Choral Festival, Nevada AS

Mei 9, 2011

Apabila anda mendengar berita tentang mahasiswa Makassar selama ini, seringkali yang terdengar adalah mereka suka tawuran dan bentrok dengan aparat. Tidak ada berita prestasi yang membanggakan. Namun hal itu tidak sepenuhnya benar. Hal ini dibuktikan oleh tim Paduan Suara Mahasiswa Universitas Hasanuddin (PSM Unhas) yang berhasil meraih 2 medali emas  dari 7 kategori dalam ajang The American International Choral Festival (AICF) 2011, di kota Reno-Tahoe, negara bagian Nevada, Amerika Serikat.

Kejuaraan yang digelar 4-8 Mei 2011 ini menjadi sangat istimewa karena Unhas diberi sertifikat khusus sebagai peserta yang mengikuti even dunia selama lima kali dalam kurun waktu lima tahun terakhir ini. Dalam festival yang diikuti tim paduan suara sedunia ini, Indonesia diwakili oleh PSM Unhas dan tim paduan suara Gema Sangkakala, asal Manado, Sulawesi Utara.

Ketua Rombongan Anas Iswanto Anwar Makatutu mengatakan bahwa PSM Unhas memang mengikuti dua kategori, yaitu folklore dan pop. Untuk kategori folklore, PSM Unhas membawakan lagu Alu To Ma Lambuk dan Lagu To Mapare. Sedangkan kategori pop membawakan lagu Mahadaya Cinta ciptaan Guruh Sukarno Putra, Malam Biru ciptaan Sandy Sandoro, dan lagu To Love You More ciptaan Celine Dion.

“Alhamdulillah Unhas memenangkan dua medali emas di AICF, saat ini kami masih di Amerika merayakan kemenangan tim kami,” ujar Andi Farahdiba, salah satu anggota PSM Unhas.

“Kali ini PSM Unhas membawa 12 penyanyi dan 2 pemusik, dengan dirigen Ariek Anshari dan Ketua Rombongan saya sendiri,” terang Anas yang menambahkan kalau PSM Unhas perform di Nightingale Concert Hall di University of Nevada, Reno.

Tim Paduan Suara Unhas sendiri terdiri dari: Sopran (Farahdiba, Resky Hasan, Yovita, Asmariani); Alto (Faramitha, Resky Rauf, Inha Nasir); Tenor (Thamrin, Wahyu Hidayat); Bas (Aditya dan Qutb), dengan penata musik Uqbal, dan conductor Ariek Ashari.

Menariknya, ada beberapa perubahan yang dilakukan mendadak di Amerika sebab dua personel PSM Unhas tidak jadi berangkat karena terkendala visa. “Kami terpaksa melakukan perubahan formasi. Akibat kegagalan dua orang anggota tim berangkat karena tidak mendapatkan visa dari pemerintah Amerika,” ujar Anas.

Akibatnya penyanyi bas berkurang satu orang dan pemain gendang tidak ada. Kondisi ini menyebabkan ketua rombongan Anas Anwar Makatutu menggantikan posisi pemusik dengan memainkan gendang.

Dukungan dan motivasi yang diberikan oleh istri Rektor Unhas, Shanty Idrus Paturusi, juga Majdah Agus Arifin Nu’mang, dan Wakil Rektor III Unhas, serta suporter yang menyertai tim Unhas ke Amerika Serikat menambah semangat para personel PSM Unhas.

Sumber: fajar.co.id, detikNews

4 Komentar leave one →
  1. sulkipli Ajen permalink
    Mei 9, 2011 11:35 pm

    Suatu prestasi yg patut dibanggakan. Kalau bisa, hal ini bisa menjadi inspirator untuk menerbitkan sebuah buku tentang kesungguhan,keseriusan, tekad yang bulat, dan perjuangan tak mengenal lelah dari anak bangsa untuk mengharumkan nama almamater, bangsa dan tanah air.

    Semangat ini bisa menginspirasi jutaan anak bangsa, untuk berjuang lebih keras, bahwa dibalik semangat pantang mundur, dan perjuangan tak mengenal lelah, serta siapa yang bersungguh-sungguh pasti akan mendapatkan hasil yg memuaskan, bukan hanya untuk dirinya sendiri,tapi juga keluarga, almamater serta bangsa dan negara.

    BRAVO PSM UNHAS…ditunggu buku Inspirasinya…sukses terus….sukses pak Anas, saya bekas mahasiswa Bapak, turut bangga dengan prestasi ini…sekali lagi suksessssss. Wassalam

  2. Zhao Glety permalink
    Mei 9, 2011 11:35 pm

    Bangga banget mah PSM Unhas… Terima kasih ya dah mengharumkan nama Indonesia lagi. Congratz deh 😉

  3. uma permalink
    Agustus 8, 2011 11:35 am

    Bangga pernah menjadi bagian PSM. Pernah merasakan bagaimana berjuang mengangkat nama PSM Unhas dan bertahan untuk menjaga PSM dari perpecahan.

  4. Oktober 22, 2011 11:35 pm

    Alhamdulillah Dengan Perjuangan Keras Kami Bisa Kembali mengharumkan Nama Indonesia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: