Skip to content

Pelajar Indonesia Raih Medali di Balkan Mathematical Olympiad 2011, Rumania

Mei 10, 2011

Pelajar Indonesia baru pertama kali ikut dalam kompetisi senior Balkan Mathematical Olympiad (BMO) 2011 di Lasi, Rumania pada 4-8 Mei 2011, namun berhasil mempersembahkan dua medali perunggu. Olimpiade Matematika tingkat SMA ini diikuti 20 negara, termasuk negara-negara yang memiliki tradisi matematika yang sangat baik, seperti Bulgaria, Rumania, dan Inggris.

Pelajar Indonesia yang mengharumkan nama bangsa tersebut adalah Peter Tirtowijoyo Young (siswa kelas III SMP Petra 1 Surabaya) dan Monica Vanya Santoso Kartika (siswi kelas II SMA Santa Angela Bandung). Pelajar yang berprestasi di bawah pimpinan Anton Wardaya tersebut direncanakan kembali ke Tanah Air pada 9 Mei 2011 sore.

“Kami bangga bisa mengharumkan nama Indonesia di kancah dunia, karena kompetisi ini adalah yang pertama bagi Indonesia di ajang BMO,” kata Monica.

Menurut Monica, peserta dari Rumania dan Inggris menjadi saingan terberat dalam kompetisi itu, karena negara tersebut merupakan langganan juara dalam ajang lomba tahunan Internasional Mathematics Olympiade (IMO). Bahkan, kata dia, negara lainnya menerjunkan peserta yang akan ikut dalam kompetisi IMO bulan Juli mendatang di Belanda. Sehingga, ajang ini merupakan kumpulan serta latihan bagi para peserta kompetisi tingkat tinggi lainnya.

“Semangat kami berdua terpompa karena bersaing dengan peserta yang lebih handal. Akhirnya, medali perunggu dapat kami raih dan memberikan keharuman bagi Indonesia dimata dunia,” kata Peter.

Setelah mengikuti ajang ini, rencananya, Monica akan mempersiapkan diri untuk mengikuti kompetisi selanjutnya di China pada bulan Juli mendatang. “Akan ada kompetisi matematika lainnya, yakni China Girl bulan Juli mendatang,” katanya.

Sedangkan Peter, akan mempersiapkan diri untuk seleksi olimpiade sains di tingkat kota surabaya agar bisa masuk dalam tingkat provinsi hingga nasional dan ikut mewakili Indonesia di ajang Internasional selanjutnya. “Dengan modal ini, akan menjadi semangat untuk bisa ikut dalam olimpiade sains di tingkat nasional dan tembus hingga internasional membawa nama negara,” katanya.

Monica sendiri pernah mengikuti kompetisi matematika tingkat nasional pada tahun 2008 di Makassar dan 2010 di Medan. Sedangkan Peter sudah mengikuti berbagai kompetisi serupa seperti pada 2007 di Jakarta, 2008 di Hongkong, 2008 di Singapura, 2008 di Thailand, dan pada 2010 di Korea.

Anton mengatakan, debut pelajar Indonesia di ajang BMO baru pertama kali. Namun, para pelajar Indonesia tetap mampu bersaing dengan peserta dari negara lain yang memiliki rata-rata peringkat di atas Indonesia dalam ajang tahunan International Mathematics Olympiad (IMO).

Semua negara peserta mencakup negara Balkan, yaitu Albania, Bulgaria, Siprus, Yunani, Macedonia, Moldova, Rumania, Serbia, Montenegro, dan Turki. Ada juga negara undangan, yakni Azerbaijan, Perancis, Inggris, Indonesia, Italia, Kazakhstan, Arab Saudi, Tajikistan, dan Turkmekistan.

Tim tuan rumah (Rumania) seperti biasanya berhak menurunkan dua tim. Satu tim maksimum terdiri atas enam pelajar. Indonesia hanya mengirimkan dua pelajar, tetapi langsung mengukir prestasi bagi bangsa. Pelajar Indonesia mendapat pelatihan selama dua minggu di STKIP Surya.

Anton menjelaskan, tingkat soal tahun ini lebih sulit dibandingkan dengan tahun sebelumnya dan persaingan sangat ketat karena banyaknya peserta dari negara lain yang akan diterjunkan di ajang IMO pada Juli 2011 di Belanda. Sistem Olimpiade Balkan ini sama dengan sistem IMO. Pada penyelenggaraan BMO 2011 juga hadir advisor board dari IMO serta para team leader dari negara peserta IMO.

Sumber: Kompas, Republika

One Comment leave one →
  1. Hendro Unggul Sudibyo permalink
    Mei 15, 2011 11:35 pm

    Selamat untuk TOMI yang telah berhasil meraih medali di BMO.
    Wow.. you are great, Peter, meskipun masih SMP tapi kemampuanmu bisa menandingi anak-anak SMA, hebat!
    Sukses untuk Monica di ajang selanjutnya^^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: