Lanjut ke konten

TNI Juara Umum Lomba Tembak AASAM 2011 di Australia

Mei 30, 2011

TNI Angkatan Darat kembali menyabet gelar juara umum kompetisi menembak Australian Army Skill at Arms Meeting (AASAM) 2011 yang diselenggarakan pada 6-22 Mei 2011 di Combined Arms Training Center, Markas Angkatan Darat Australia di Puckapunyal, Victoria, Australia.

AASAM merupakan kejuaraan menembak bergengsi antartentara tingkat internasional yang berlangsung tiap tahun. Tahun 2011, Indonesia kembali menempati urutan teratas mengalahkan tuan rumah. Tak hanya Australia, Indonesia bersaing dengan sejumlah negara lain, yakni Kanada, Prancis, Belanda, Malaysia, Brunei Darussalam, Thailand, Papua Nugini, Timor Leste, Singapura, Selandia Baru, dan Amerika Serikat.

Ketua Kontingen Indonesia Mayor Infanteri Surya Wirawa mengaku timnya menggondol 23 dari 50 medali emas yang disediakan penyelenggara. Timnya mengikuti tiga kategori lomba, yakni menembak dengan senapan, pistol, dan senapan mesin.

Menurutnya, kemenangan itu merupakan kebanggaan. Sebab, banyak negara lain yang menurunkan personel spesialis sesuai dengan kategori yang dilombakan. Hal itu menunjukkan bahwa persoalan keterbatasan senjata tak membuat kemampuan anggota TNI melemah.

Surya menceritakan bahwa timnya sempat mendapat tantangan cuaca saat berlomba. Namun, tim berhasil melewati tantangan dengan menjadi juara.

Pada babak akhir kompetisi, Malaysia menjadi lawan terkuat Indonesia, namun Sersan Satu Poltak Siahaan dan Kopral Dua Woli Hamsan berhasil meraih 7 medali emas, 9 medali perak dan 5 medali perunggu dimana Indonesia mengungguli peserta-peserta dari negara lainnya. Bahkan peserta Indonesia mendapatkan pujian dari beberapa negara peserta lainnya seperti yang dikatakan oleh peserta dari Belanda,  “Good score! Indonesia have the best score than other countries.”

Tahun ini TNI AD mendapat tantangan untuk tidak menggunakan pistol ST1. Walau demikian bukanlah suatu kesulitan bagi TNI AD. Dengan bersenjatakan pistol jenis Browning milik Australia sekalipun, Indonesia tetap unggul dalam kategori ini. Hal ini diamini oleh salah seorang peserta dari Australia yang berujar, “It’s not about the gun, but it’s all about the man behind the gun.” Ini menunjukkan kualitas dari penembak jitu TNI AD.

Kompetisi tahunan ini tidak hanya memberikan pengalaman yang bermanfaat bagi TNI AD, namun juga dapat memberikan kesempatan bagi tim TNI AD untuk mengukur kemampuan tim dari negara lainnya, seperti yang diungkapkan oleh Woli, pemenang kompetisi dalam kategori perorangan di tahun 2009 dan tahun ini.

Colonel Geoff Stacey yang merupakan salah satu penembak terbaik Australia juga memuji tim dari Indonesia “We all have done very well but Indonesia have done the best out of all. They’ve done very well in the competition and they are very professional.”

Sumber: metroTVnews, topix.com

4 Komentar leave one →
  1. Mei 31, 2011 11:35 am

    Maju terus Tentara Nasional Indonesia!!!

  2. Zaenal Makruf permalink
    Mei 31, 2011 11:35 pm

    Alhamdulillah, … dgn tekad dan semangat, lagi2 TNI AD berhasil membuktikan kemampuannya, membawa nama harum negara, … Maju terus TNI AD, … JAYALAH TNI !

  3. Juni 11, 2015 11:35 am

    congratulations TNI AD , semoga semakin Jaya

Trackbacks

  1. TNI AD MERAIH MEDALI EMAS TERBANYAK DALAM LOMBA TEMBAK AASAM 2011 | militaryshooters

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: