Lanjut ke konten

Fajar Harianto: Mahasiswa Pembuat Alat Pendeteksi Pembuluh Darah Bayi

Juni 13, 2011


Saat melakukan praktek lapangan di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Yogyakarta, para perawat mengeluh kesulitan mencari pembuluh darah bayi untuk penyuntikan atau infus. Hal itulah yang menimbulkan ide buat Fajar Harianto, mahasiswa semester VIII Tehnik Elektro Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), menciptakan alat pendeteksi pembuluh darah bayi.

“Saya sering mendengar keluhan tersebut. Para tenaga medis terkadang jarum sudah masuk tetapi ternyata salah, tidak tepat pada pembuluh darah sehingga harus menyuntik tempat lain. Akibatnya pembuluh darah pecah dan berdarah,” ungkap Fajar.

Setelah selesai praktek lapangan, Fajar kemudian melakukan penelitian dan melakukan beberapa kali uji coba membuat alat deteksi pembuluh darah bayi. Selama 2 bulan Fajar melakukan serangkaian percobaan yang dibantu dosen pembimbing Iswanto dan Fathul Qodir. Akhirnya, ditemukan satu rangkaian yang paling baik dan aman bagi bayi.

Fajar, merangkai alatnya dengan menggunakan lampu Light Emiting Diode ( LED) superfluks 4 pin, resistor dan saklar on/off serta baterai sebagai sumber listrik untuk menyalakan led. Rangkaian tersebut dipasang dalam sebuah kotak berukuran 12,5 cm x 8,5 cm x 5,2 cm, sesuai ukuran tangan bayi pada umumnya.

Cara kerja alat ini sangat sederhana, yakni ditempelkan pada tangan bayi yang akan disuntik atau dipasang infus dan diikat dengan perekat agar tidak bergerak-gerak. Kemudian LED dinyalakan maka akan terlihat pembuluh darah bayi.

“Alat ini sudah diujicobakan terhadap 12 bayi di RS PKU Muhammadiyah dan tembus. Dapat dengan mudah mendeteksi pembuluh darah bayi. Pembuluh darah bayi terlihat jelas saat lampu LED dinyalakan” ujar pemuda asal Tangerang ini.

Dia berharap, alat sederhana ciptaannya ini dapat membantu dunia kedokteran, khususnya tugas tenaga medis ketika harus menangani bayi dengan cepat dan akurat ketika akan memasang suntik infus pada bayi.

“Temuan alat ini juga saya gunakan untuk judul skripsi saya untuk meraih S1 di teknik elektro UMY. Dalam waktu dekat ini akan pendadaran,” katanya.

Sumber: Kompas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: