Skip to content

STMIK Amikom Yogyakarta Buat Film Animasi 3D ala Hollywood, “The Chronicles of Java”

Juni 14, 2011

STMIK Amikom Yogyakarta resmi memulai tahapan praproduksi film 3D berskala Hollywood berjudul The Chronicles of Java. yang berkisah tentang salah satu legenda Pulau Jawa, yaitu Ajisaka yang dikemas dalam konsep yang lebih modern.

Rencananya film akan diproduksi selama 2 tahun dan akan ditujukan untuk pasar luar negeri. Menandai momen tersebut, Amikom beserta tim yang terlibat dalam penggarapan film menggelar tasyakuran pada 13 Juni 2011.

Hal ini merupakan tindak lanjut dari kunjungan dari Direktur Human Peace LTD, Tristan Strange ke Amikom pada 23 Agustus 2010. Tristan Strange adalah sutradara asal New Zealand yang akan menggarap film The Chronicles of Java. Beliau disambut oleh Prof. Dr. M. Suyanto, MM (Ketua STMIK Amikom Yogyakarta sekaligus Executive Producer The Chronicles of Java),  Drs. Muhammad Idris Purwanto, MM, (President Director PT. Mataram Surya Visi [MSV]), Drs. Tahajudin Sudibyo (Staf Ketua STMIK Amikom Yogyakarta), Aryanto Yuniawan (General Manager PT. Mataram Surya Visi),  Doddy Wisnuwardhana (Art Director The Chronicles of Java) dan Hery Soelistio (Line Produser The Chronicles of Java).

Kedatangan Tristan Strange ke Amikom ini dalam rangka kerja sama dengan STMIK Amikom Yogyakarta untuk mengembangkan film kartun dan animasi di Amikom menjadi lebih mendunia. Selain Itu Tristan Strange juga menjadi Sutradara dan Screenplay untuk film The Chronicles of Java. Film ini merupakan film animasi 3 Dimensi berstandar Hollywood yang diproduksi oleh PT. MSV.

Dalam Kunjungan tersebut, Tristan Strange juga berbagi pengalaman tentang dunia broadcasting dan animasi. Selain itu beliau juga memperlihatkan beberapa TVC yang pernah dia buat.

Setelah penandatanganan MoU kerja sama antara STMIK Amikom Yogyakarta dengan Tristan Strange, acara dilanjutkan dengan kunjungan ke laboratorium final cut pro dan studio MSV. Diharapkan dengan adanya kerja sama ini dapat membuat STMIK Amikom Yogyakarta memiliki film berstandar internasional yang dapat menembus pasar Hollywood.

Ketua STMIK Amikom Yogyakarta Suyanto mengatakan, untuk tahap development, seperti penyusunan naskah film, semuanya telah selesai dilakukan. Penyusunan naskah awal dilakukan olehnya dan telah dimodifikasi oleh sang sutradara yang juga screenplay, Tristan Strange dan scriptwriter Hollywood, Robert Pawlozki dan Triss Forrest.

”Salah satu kunci agar film Indonesia bisa diterima pasar Internasional harus melibatkan orang-orang Hollywood dan kami sudah melakukan itu,” kata Suyanto seusai tasyakuran.

Ketiga orang yang direkrut dalam produksi film ini bukan orang baru di perfilman Hollywood. Mereka sudah menghasilkan banyak karya yang diakui dunia. Bahkan, Tristan yang juga Direktur Human Peace LTD merupakan murid dari Peter Jackson, sang sutradara film akbar The Lord of The Ring. ”Selama proses produksi awal, mereka (Tristan) akan menetap di Amikom selama dua bulan,” kata Suyanto.

Tahapan produksi hingga film ini siap diedarkan memang memerlukan waktu dan dana yang tidak sedikit. Untuk lama pembuatan bisa mencapai dua tahun dengan alokasi dana jutaan dolar. Namun, jika permintaan pasar terhadap film ini sangat kuat, pihaknya akan berupaya mempercepat proses pembuatan dengan perkiraan satu tahun masa produksi.

Melalui film ini, Suyanto berharap Indonesia ke depan mulai dilirik untuk pangsa pasar film animasi dunia. Pihaknya membutuhkan dukungan dari banyak pihak, khususnya dari pemerintah. Bentuknya tidak harus dana, tapi promosi di Prancis dan Amerika Serikat.

Sang sutradara Tristan Strange menambahkan, untuk bisa bersaing di perfilman Hollywood memang sebuah tantangan besar. Apalagi jika harus bersanding dengan produk-produk lain, seperti Avatar ataupun Kungfu Panda. Namun, dia optimis film ini bisa diterima pasar atau setidaknya bisa mengangkat perfilman Indonesia ke level dunia.

Sumber: okezone.com, amikom.ac.id

9 Komentar leave one →
  1. Juni 20, 2011 11:35 pm

    Bangga sebagai warga amikom, dan bangsa Indonesia 🙂

  2. sabdowaluyo permalink
    Juli 17, 2011 11:35 am

    SUKSES selalu untuk amikom …

  3. Agustus 14, 2011 11:35 pm

    The other Higher Education Institutions should catch up with Amikom.

  4. adie permalink
    Oktober 6, 2011 11:35 pm

    Maju terus amikom, jaya selalu kampus ungu.

  5. November 10, 2011 11:35 pm

    Mantapp 99%… Majuuu karya cipta INDONESIA!

  6. Januari 19, 2012 11:35 am

    Wow ! Tak sabar mo lihat filmnya !!!

  7. zakiyah permalink
    Maret 6, 2012 11:35 am

    Pasti keren. Kalo bisa dipercepat ya!!!

  8. arsyad permalink
    Agustus 3, 2013 11:35 am

    Semangat,, dutunggu hasilnya.

Trackbacks

  1. STMIK Amikom Yogyakarta Buat Film Animasi 3D ala Hollywood, “The …

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: