Lanjut ke konten

Mahasiswa UPH Juara 1 di Asean Undergraduate Quiz Bowl Competition 2011, Thailand

Juni 24, 2011


Mahasiswa Indonesia kembali mengharumkan nama negara di tingkat Asia Tenggara. Kali ini Indonesia berhasil memperoleh juara 1 di 3rd Asean Undergraduate Quiz Bowl Competition 2011 yang diselenggarakan di BITEC Bangkok, Thailand pada 16-18 Juni 2011.

Asean Undergraduate Quiz Bowl Competition 2011 merupakan lomba cepat tepat pangan mahasiswa S1 di tingkat Asean yang diadakan sejak 2007 oleh Asean Committee on Science and Technology (ASEAN COST) dan Federation of Institutes of Food Science and Technology in Asean (FIFTSA).

Acara ini adalah bagian dari rangkaian acara 12th Asean Food Conference 2011 yang diadakan setiap dua tahun sekali. Pada ajang tersebut tim Indonesia diwakili oleh Jovian Bunawan, Adeline Kartika Putri, Steffi Agustine, dan Meiliana Lukman dari Universitas Pelita Harapan (UPH).  Selama persiapan di tingkat Asean mereka didampingi tim dosen UPH dan Persatuan Ahli Teknologi Pangan Indonesia (PATPI).

Ketika ditanya bagaimana kesan atas prestasinya, kapten tim Indonesia, Jovian Bunawan, menjawab dengan bersahaja, “Prestasi ini merupakan prestasi Indonesia, kami hanya mewakili saja. Yang berharga bagi saya tidak hanya pencapaian ini namun jauh lebih dari itu. Melalui ajang ini saya mendapat pengalaman yang begitu berharga, mendapat banyak teman baru, dan tentunya juga wawasan. Sungguh momen yang luar biasa!”

Sebelumnya, tim ini telah menjuarai lomba cepat tepat pangan mahasiswa S1 di tingkat nasional, yaitu pada ajang 1st Indonesia Food Bowl Quiz Competition (1st IFBQC) 2011 yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Peduli Pangan Indonesia (HMPPI) dan PATPI.

Ajang 1st IFBQC terdiri dari beberapa tahap lomba. Tahap pertama merupakan seleksi tingkat regional pada 1-15 Maret 2011 yang telah dilaksanakan di enam regional, yaitu regional Sumatera (Universitas Andalas), Jabodetabek (Institut Pertanian Bogor/IPB), Jawa Barat (Universitas Padjadjaran), Jawa Tengah-DI Yogyakarta (Unika Soegijapranata), Jawa Timur (Universitas Brawijaya), dan Kalimantan (Universitas Mulawarman).

Seleksi ini diikuti oleh 78 tim dari berbagai universitas di Indonesia. Tahap berikutnya adalah semifinal dan final pada 20 dan 21 Mei 2011 di mana 9 tim terbaik dari 6 regional dipertandingkan kembali di IPB. Sebagai juara 1 pada 1st IFBQC, dengan legitimasi dari PATPI tim UPH didaulat sebagai tim perwakilan Indonesia pada 3rd Asean Undergraduate Quiz Bowl Competition 2011.

“Kali pertama dan juara pertama” adalah ungkapan yang dirasa tepat untuk prestasi ini. Pasalnya tahun ini adalah kali pertama Indonesia mengirimkan delegasinya dan adalah pencapaian luar biasa karena Indonesia berhasil meraih juara 1.

“Membanggakan sekali tentunya, tidak menyangka kalau teman-teman UPH bisa berhasil di kali pertama mencoba. Ini hebat sekali padahal kita belum punya pengalaman sama sekali dalam kompetisi itu bila dibandingkan dengan negara-negara lain, tapi ternyata kita bisa unggul. Artinya pemuda Indonesia tidak kalah bersaing dan punya potensi besar, padahal persiapan kita untuk kompetisi itu masih dirasa kurang. Persiapan kurang optimal saja sudah bagus hasilnya, apalagi kalau bisa optimal,” ujar Dewi Octaviany selaku ketua HMPPI.

Ke depannya HMPPI bersama PATPI berencana untuk terus mengadakan Indonesia Food Bowl Quiz Competition  untuk memilih perwakilan Indonesia untuk ajang serupa di tingkat Asean.

Ajang kompetisi sejenis ini  bertujuan untuk memacu jiwa kompetitif dan meningkatkan daya saing mahasiswa Indonesia dengan didasari bahwa pemahaman keilmuan ini tentunya tidak boleh terbatasi dinding kelas kuliah sebagai wahana belajar, akan tetapi berbagai ajang kompetisi keilmiahan pun turut berperan dalam penajaman pemahaman keilmuan.

Lebih dari itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan sinergisme organisasi profesi profesional (PATPI) dan organisasi profesi mahasiswa (HMPPI) untuk mempersiapkan generasi penerus teknologi pangan Indonesia yang berkualitas dan berwawasan di masa depan dengan basis keilmuan dan keprofesiannya.

Sumber: OkeZone.com

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: