Lanjut ke konten

Indonesia Raih 15 Emas, 13 Perak & 11 Perunggu pada Special Olympics World Summer Games, Athena 2011

Juli 5, 2011

Dengan segala keterbatasan, perjuangan atlet tunagrahita (berkebutuhan khusus) Indonesia sukses merebut medali 15 emas, 13 perak, 11 perunggu di Olimpiade Tunagrahita atau Special Olympics World Summer Games 2011 di Athena, Yunani yang berlangsung dari 25 Juni hingga 4 Juli 2011. Ini adalah sebuah rekor dalam sejarah.

Bersaing dengan 7.500 atlet terbaik tunagrahita dari 184 negara di dunia, putera-puteri tunagrahita Indonesia patut menjadi contoh dan pemicu semangat bagi atlet normal. Secara heroik mereka menaklukkan lawan-lawannya dan hingga berhasil meraih hasil yang luar biasa.

Hasil ini merupakan rekor dalam sejarah partisipasi para atlet tunagrahita Indonesia di Olimpiade Tunagrahita. Sebelumnya dalam Olimpiade Tunagrahita XII di Shanghai putera-puteri Indonesia mempersembahkan medali 9 emas, 9 perak, dan 4 perunggu.

“Prestasi mereka sungguh membanggakan, membuat merah putih berkibar dan Indonesia Raya berkumandang di antara bangsa-bangsa sedunia. Dengan kekurangan yang mereka miliki, mereka sanggup mengharumkan nama bangsa,” ujar Ahmad Rusdi, Dubes RI di Athena  (3/7).

Dubes langsung mengontak ke Jakarta untuk melaporkan hasil yang telah diraih oleh putera-puteri tunagrahita Indonesia di arena olimpiade Athena.

“Saya langsung menelpon Menpora, Mensesneg dan Ajudan Presiden, memohon perkenan Bapak Presiden dan Ibu Negara untuk menerima wakil-wakil bangsa yang telah berjuang dalam olahraga di arena Olimpiade Tunagrahita Athena ini,” ujar Dubes, yang sejak awal meluangkan waktu untuk menyemangati para atlet di arena pertandingan.

Berikut ini daftar rincian perolehan medalinya.

15 Emas

Jumlah medali emas sebanyak ini sebanyak 3 buah dipersembahkan masing-masing oleh Stephanie Handoyo, Fitriani, dan Christian Sitompul dari cabang olahraga renang.

Sebanyak 6 medali emas hasil perjuangan Ati Hasyim, Komarudin, Alex/Noni, Komarudin/Ati dari cabang bulutangkis tunggal putera, tunggal puteri dan ganda campuran.

Dari cabang tenis meja tunggal puteri dan ganda campuran, Desi Pradita, Marwan/Desi Pradita dan Mimin Aminah/Donald berhasil merebut 3 medali emas untuk mengumandangkan Indonesia Raya dan mengibarkan merah putih di antara bangsa-bangsa.

Tiga medali emas lainnya datang dari cabang olahraga bocce, hasil jerih payah Fadillah Sobri (Divisi M11), Rico (Divisi m18), dan Vivi Indriyani/Ika Solehati (Divisi F03).

13 Perak

Perolehan medali perak sebanyak 2 buah berasal dari cabang atletik lari 200 meter putera oleh Agus Adi Wiranata dan Mahmudi. Selanjutnya lari 400 meter putera oleh Lailatul Kadar, lari 200 meter oleh Silvia Latuputty (Divisi F08) dan estafet 4×100 meter (Agus Adi Winata, Lailatul Kadar, Mahmudi, dan Silvia Latuputty).

Dari cabang renang, Daniel Nugroho menyumbangkan perak di lintasan 50 meter dan 100 meter. Sedangkan Fitriani menambah perak dari lintasan 50 meter. Tambahan satu medali perak dari Alex Wiranata dari bulutangkis.

Medali perak berikutnya dari cabang bocce (Vivi Indriyani), bola basket (tim), tenis meja tunggal putera (Ronald Pasendra) dan tenis meja tunggal puteri (Mimin Aminah).

11 Perunggu

Sementara itu perolehan medali perunggu dari cabang atletik lari 100 meter (Prisma Septian Anisya), lari 100m (Agus Adi Winata), lompat jauh (Silvia Latuputty), dan lari estafet 4×100 meter.

Selanjutnya dari bulutangkis (Noni Marlena), tenis meja tunggal putera (Marwan), tenis meja ganda putera (Marwan/Ronald), tenis meja ganda puteri (Mimin Aminah/Desi Pradita).

Kemudian dari cabang olahraga bocce medali perunggu disumbangkan berturut-turut oleh Ika Solehati, Vivi Indriyani, dan pasangan Rico/Fadillah Sobri.

Untuk hasil lengkapnya lihat

Tiba di Tanah Air

Para pahlawan Olimpiade Tunagrahita akan tiba di tanah air pada 6 Juli 2011 sore waktu Jakarta. “Kontingen akan bertolak dari Athena pada Senin 5 Juli dengan Turkish Airlines dan menurut jadwal akan tiba di Jakarta Selasa sore,” ujar Dubes Ahmad Rusdi.

Dubes yang selalu setia menyemangati para atlet walaupun harus berpindah-pindah dari Stadiun OAKA di Maroussi, SEF di Pireaus dan Hellenikon di Glyfada yang berjauhan lokasinya satu sama lain, sempat menitikkan air mata haru ketika dipastikan bahwa Indonesia secara total meraih medali 15 emas, 13 perak dan 11 perunggu.

“Saya sangat terharu menyaksikan perjuangan mereka mengharumkan nama bangsa dan negara. Dengan segala keterbatasan, jatuh bangun mereka bertempur dan mampu bersaing dengan 7500 atlet terbaik dari 184 negara,” ujar Dubes, sesaat setelah menelpon ke Jakarta untuk melaporkan secara lisan hasil perjuangan para pahlawan olimpiade kepada Menpora.

Tidak hanya itu Dubes, yang mantan Kepala Rumah Tangga Istana Presiden, juga langsung menelpon Mensesneg dan Ajudan Presiden, memohon secara khusus perkenan Presiden dan Ibu Negara untuk menerima para pahlawan olimpiade, setiba di tanah air.

Selama berlangsungnya olimpiade dengan jadwal ketat dan padat, Dubes memberi perhatian ekstra dengan mengundang para atlet dan ofisial yang dipimpin oleh Pembina SOINA Soerjadi Sudirja ke kediamannya di Wisma Duta dan menjamu mereka bersama masyarakat pemerhati.

“Kita sayang mereka lebih dari atlet biasa dan bangga atas prestasi di kancah dunia yang luarbiasa. Khususnya kepada para atlet, orangtua, pelatih dan official, sekali lagi selamat!,” pungkas Dubes, yang menyambut kenaikan perolehan medali dengan syukuran bersama para atlet.

Sumber: detikNews.com

3 Komentar leave one →
  1. hesti kurnianti permalink
    Juli 7, 2011 11:35 pm

    Bangga bisa jd bagian dari mereka.. Sukses bwt atlet2 tunagrahita. SOIna Jaya!!

  2. Dra. KASMIYATI permalink
    Juli 9, 2011 11:35 pm

    Alhamdulillah siswa kami adalah bagian peraih emas Desi Pradita dan peraih perak Suryadi.

    • your best friend permalink
      Agustus 14, 2011 11:35 pm

      Alex Wiranta teman 1 sekolahan gue. Anak SMKN1 Tebing Tinggi Selatpanjang, Riau
      Kami semua merasa bangga atas usahamu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: