Lanjut ke konten

Film “Si Anak Kampoeng” Raih 6 Penghargaan di American International Film Festival, AS

Juli 25, 2011

Film “Si Anak Kampoeng” karya sutradara Damien Dematra berjaya dalam American International Film Festival (AIFF) di Amerika Serikat dengan meraih 6 penghargaan, yakni film cerita terbaik, sutradara film terbaik, film asing terbaik, sutradara film asing terbaik, film terbaik untuk kategori film 35 mm, dan sutradara terbaik untuk kategori film 35 mm.

“Diharapkan film `Si Anak Kampoeng` dapat memberikan optimisme bahwa film Indonesia terlepas dari segala keterbatasannya dapat berjaya di kancah International dan semoga film Indonesia dapat segera menjadi tuan rumah di negaranya sendiri,” kata Damien.

Film “Si Anak Kampoeng” bercerita tentang kisah kecil Buya Syafii Ma`arif, cendekiawan Indonesia yang mantan Ketua Umum Pengurus Pusat Muhammadiyah dengan “setting” dari tahun 1930 – 1950.

Tujuan pembuatan film tersebut adalah untuk dapat menginspirasi generasi muda akan pentingnya pendidikan, cita-cita dan memberikan penghargaan tinggi terhadap nilai-nilai keberagamaan.

Sebelumnya, “Si Anak Kampoeng” telah dipilih sebagai “shortlist” film terbaik dalam festival film anak-anak international yang berlangsung di Bollywood, Mumbai, India yang finalnya akan berlangsung Oktober 2011 nanti. World Kids Film Festival juga telah memilih film tersebut sebagai “official selection“.

Film “Si Anak Kampoeng” saat ini sedang diputar di sekolah-sekolah di India karena dinilai oleh para juri dapat menginspirasi anak-anak yang berada diberbagai pelosok India. Pemutaran film tersebut disponsori oleh pemerintah India dan pemenangnya akan diumumkan November nanti.

Direktorat Film RI telah memilih “Si Anak Kampoeng” sebagai empat film tepilih yang ditampilkan dalam pekan Industri Kreatif Indonesia yang pemutarannya dihadiri ratusan anak jalanan dan para pembuat film dari berbagai negara di JCC, Jakarta.

Sumber: AntaraNews.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: