Lanjut ke konten

PS Batavia Madrigal Singers Raih 5 Piala di Kompetisi Certamen Internacional de Habaneras y Polifonía de Torrevieja, Spanyol

Agustus 3, 2011

Prestasi yang luar biasa ditorehkan oleh Paduan Suara Batavia Madrigal Singers (BMS) dengan konduktor, Avip Priatna, yang langsung menyabet sekaligus 5 piala meski baru pertama kali mengikuti kompetisi Certamen Internacional de Habaneras y Polifonía de Torrevieja atau Festival Internasional Lagu Habanera dan Polifoni di Spanyol yang berlangsung pada 23 – 30 Juli 2011.

57 Certamen Internacional de Habaneras y Polifonía de Torrevieja  ini diikuti oleh 18 paduan suara dari 14 negara di Eropa, Amerika Latin, Afrika dan Asia dan telah berlangsung sejak tahun 1955 serta merupakan satu-satunya kompetisi internasional paduan suara yang memperlombakan lagu Habaneras (lagu-lagu yang diinspirasikan dari Kuba) sekaligus lagu Polifonia (lagu dengan berbagai suara secara harmonis).

Tanda-tanda kemenangan BMS sudah terlihat saat BMS tampil pada urutan hari terakhir (28 Juli 2011) di mana BMS bernyanyi secara solid,  suara yang terukur, dengan konduktor Avip secara ekspresif mampu mengatur harmoni secara keseluruhan.

Hal ini masih ditambah dengan koreografi BMS yang sangat dinamis apalagi saat menyanyikan lagu asal Papua, Yamko Rambe Yamko.

Dari 4 lagu yang dinyanyikan, dua kali standing ovation diberikan oleh penonton.  Tim juri (4 orang Spanyol, 1 dari Jerman dan 1 dari Korsel) mengganjar 4 piala untuk BMS:  Konduktor Terbaik (José Hódar Talavera prize), PS Terbaik diantara kategori Habaneras dan Polifonia (Intercontinental Prize), PS Terbaik untuk Menyanyikan Habaneras (Juan Aparicio prize), serta PS Terbaik untuk Interpretasi Habaneras (Francisco Vallejos Award).  Sementara itu penonton memilih BMS sebagai PS Terfavorit (The Public Award).

Dalam penyerahan piala yang dihadiri oleh sekitar 1.500 penonton dan disiarkan langsung oleh televisi setempat, juga hadir Presiden (Gubernur) Valencia, Walikota Torrevieja, serta kalangan pejabat dan budayawan setempat. Sebagai apresiasi atas konduktor terbaik, Sdr. Avip Priatna menjadi konduktor untuk 7 PS dari berbagai negara menyanyikan Corazon Torrevejense.

Atas pertanyaan wartawan mengenai perasaannya setelah memenangkan 5 piala yang belum pernah terjadi sejak kompetisi  dimulai  tahun 1955, Sdr. Avip menyatakan rasa bangga dan terharu bahwa BMS mendapat apresiasi yang tinggi. Ditambahkan bahwa apreasi tersebut bukan saja bagi BMS, tetapi juga bagi Indonesia.

Sumber: Kemlu (KBRI Madrid)

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: