Lanjut ke konten

Mahasiswa Indonesia Raih Medali & Honorable Mention di 18th International Mathematics Competition (IMC) for University Students 2011, Bulgaria

Agustus 5, 2011

Mahasiswa Indonesia menorehkan prestasinya dengan perolehan 1 Second Prize, 5 Third Prize dan 1 Certificate Honorable Mention pada kompetisi matematika internasional di 18th International Mathematics Competition (IMC) for University Students 2011, yang digelar American University in Bulgaria di Kota Blagoevgrad, Bulgaria pada 28 Juli-3 Agustus 2011.

Second Prize (medali perak) berhasil dipersembahkan oleh Raja Oktovin Parhasian Damanik (mahasiswa UI). Lima  Third Prize (medali perunggu) diraih oleh Yosafat Eka Prasetya Pangalela (ITB), Ahmad Agung Ahkam (Institut Teknologi Telkom), Satria Stanza Pramayoga (ITS), Made Tantrawan (UGM) dan Rudi Adha Prihandoko (ITB). Adapun Certificate Honorable Mention diperoleh Rizky Reza Fauzi (UI).

Ketujuh mahasiswa tersebut didampingi Siti Fatimah (dari UPI Bandung), Hanni Garminia (ITB), Widyo Winarso (Kemdiknas) dan Maslina Sembiring (Kemdiknas). Selama kompetisi, keempat pendamping tersebut juga dibebani tugas oleh panitia penyelenggara untuk memilih soal dan mengoreksi hasil tes para mahasiswa.

Para mahasiswa tidak kecewa dengan capaiannya tersebut dan mengakui bahwa saingan terberat mereka datang dari Polandia dan Ukraina.

“Kesulitan kami adalah kasus-kasus dalam soal ada yang belum diajarkan dalam kuliah,” ujar pendamping tim IMC Indonesia, Siti Fatimah. Kasus-kasus soal kali ini antara lain soal Aljabar, Analisis (Real dan Complex), Geometry dan Combinatorics.

Peserta IMC ke-18 kali ini sebanyak 305 mahasiswa dari 40 negara, termasuk dari Indonesia, Singapura, Taiwan, China, dan Iran. Koordinator IMC, Prof. John E. Jayne dari University College London menyampaikan penghargaannya kepada negara-negara yang berpartisipasi dalam IMC, termasuk Indonesia yang disebutkannya secara khusus.

Sebelum kembali ke tanah air, Tim Indonesia diterima oleh Kuasa Usaha A.I. RI di Sofia, Pranowo, dilanjutkan foto bersama Staf KBRI. KUAI menyampaikan terima kasih dan ucapan selamat serta rasa bangga atas partisipasi dan keberhasilan Tim IMC Indonesia yang membantu upaya KBRI meningkatkan citra Indonesia melalui kompetisi tersebut.

Sumber: Deplu (KBRI Sofia)

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: