Lanjut ke konten

Mark Widjaja: Desain Daihatsu A-Concept Terinspirasi Monas

Agustus 8, 2011

Mark Widjaja dengan Daihatsu A-Concept

Pada pagelaran akbar otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat pada 22-31 Juli yang lalu, Daihatsu Indonesia boleh berbangga dengan menampilkan A-Concept.

Bagaimana tidak, mobil konsep ini merupakan hasil rancangan anak bangsa Mark Widjaja dan akan menjadi cikal bakal mobil murah dan ramah lingkungan (low cost and green car) Daihatsu di Indonesia.

Desainer produk jebolan Institut Teknologi Sepuluh November (ITS), Surabaya angkatan 1997 ini dipilih oleh prinsipal Daihatsu Motor Company agar membuat konsep untuk diproduksi massal nantinya. Mark berhasil menyisihkan tiga desainer lain dari Jepang dalam proyek ini.

“Waktunya cuma 3,5 bulan dibuat di markas Daihatsu di Osaka Jepang,” kenang Wijaja di IIMS, (26/7). Konsep desain A-Concept, lanjutnya, salah satunya terinspirasi dari Monumen Nasional (Monas), terutama bentuk pelintiran pada bagian atas (api). Bentuk ini kemudian diaplikasi pada bagian-bagian tertentu seperti desain velg dan pembuka pintu.

“Inspirasi Monas itu memberikan sesuatu yang spesial dan tinggal di taruh di bagian tertentu saja, sehingga menghasilkan bentuk yang cantik,” jelas Widjaja yang berasal dari Surabaya ini.

Widjaja berharap, munculnya A-Concept di IIMS bisa menginformasikan pada pengunjung bahwa Indonesia mampu menciptakan sesuatu yang baru dari model lama.

“Dari segi desain, tak ada yang baru dari mobil ini (A-Concept) tapi kalau komposisinya tepat bisa tampil cantik. Hasil ini benar-benar tampilan nyata apa yang diajukan Indonesia terhadap prinsipal,” tutup pria kelahiran 1977 ini.

Sumber: Kompas.com

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: