Lanjut ke konten

Paduan Suara Mahasiswa Indonesia Raih Emas di Praga Cantat International Choir Competition and Festival, Ceko

November 1, 2011

praga cantat 2011 di indonesiaproud wordpress comWalau tanpa berbekal pengalaman berkompetesi paduan suara di luar negeri, kelompok Paduan Suara Mahasiswa Universitas Kristen Indonesia (PSM UKI) Paulus dari Makassar berhasil meraih medali emas pada kategori musik Folklore serta medali perak pada kategori  Mixed Choir dan PSM Shantell Vocal Ensemble dari Jakarta meraih penghargaan Female Choir Gold pada kejuaraan paduan suara internasional Praga Cantat, 25th Anniversary International Choir Competition and Festival di Praha, Ceko yang diselenggarakan pada 27 – 30 Oktober 2011.

Praga Cantat 2011 adalah festival paduan suara internasional yang telah menjadi kegiatan paduan suara bergengsi di Praha, Ceko. Festival tersebut mencatat sebanyak 705 kelompok paduan suara yang telah berpartisipasi dari 25 negara dengan jumlah penyanyi yang hadir sebanyak 28,000 selama 24 festival sebelumnya.

Pada festival tahun 2011, Indonesia diwakili oleh dua kelompok, yaitu PSM UKI Makassar dan Shantell Vocal Ensemble, Jakarta. Kelompok Shantell menyanyikan empat lagu, yaitu Ubi caritas, Der Wassermann, Ma Hvezda dan Salve Regina untuk berkompetisi di kategori B (female choirs with mandatory competitions) sedangkan PSM UKIP Makassar menampilkan tiga lagu, yakni Pa teinde, Basseta Toraya, dan Marencong-rencong yang berkompetisi di kategori F (folklore, all types of choir).

PSM UKIP Makassar yang tampil memukau dengan menyanyi serta menampilkan tarian adat dalam kostum tradisional Makassar tampil beda dan menarik perhatian hadirin yang terlihat antusias menyambut meriah pementasan mereka.

Nama harum Indonesia sudah tidak asing lagi dalam festival Praga Cantat dan setiap peserta dari Indonesia selalu menjadi perhitungan oleh para peserta kompetisi dari negara lainnya. Pada tahun 2010, tiga PSM asal Indonesia menorehkan prestasi gemilang meraih penghargaan emas, bersaing dengan 16 kelompok paduan suara dari 10 negara.

Ketiga PSM tersebut adalah Universitas Airlangga (Unair) Surabaya yang memenangkan kategori lagu-lagu folklore sekaligus meraih koreografi terbaik, Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung yang menang pada kelompok penyanyi wanita dan lagu-lagu sakral, sementara Universitas Bina Nusantara (Binus) Jakarta meraih juara pada kelompok campuran pria dan wanita, serta penghargaan khusus untuk ‘interpretation of compulsory songs’ dan ‘selection of composition’ dan meraih juara umum pada Praga Cantat ke-24 tahun 2010.

Pencapaian ini akan menjadi pemicu semangat bagi para talenta paduan suara Indonesia untuk terus berprestasi di ajang internasional, karena kesuksesan selama 2 tahun berturut-turut bukanlah sesuatu yang mudah.

Keluarga besar KBRI Praha dan Masyarakat Indonesia di Ceko yang menghadiri kegiatan kompetisi yang mengharumkan nama bangsa tersebut  bangga dengan persembahan generasi muda Indonesia pada Hari Sumpah Pemuda ke-83.

Sumber: kemlu.go.id (KBRI Praha)

Satu komentar leave one →
  1. reyhan permalink
    April 24, 2012 11:35 am

    PSM Universitas Kristen Paulus Makassar memang HEBAT!!! Lanjutkan prestasimu/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 3.224 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: