Lanjut ke konten

Electric Bus: Mobil Tanpa Emisi Buatan LIPI-Kemenristek

November 30, 2011

Mobil non emisi LIPI-Ristek di indonesiaproud wordpress comGas emisi dari kendaraan transportasi di kota-kota besar saat ini masih menjadi masalah yang  sangat serius.

Kendaraan yang hemat bahan bakar semakin menjadi kebutuhan masyarakat karena bahan bakar menggunakan sumber daya fosil semakin terbatas.

Kini, LIPI dan Kemenristek telah menciptakan kendaraan yang mengakomodasi kedua persoalan tersebut, yakni mobil tanpa emisi dan juga irit bahan bakar yang disebut Electric Bus.

Konsep teknologi kendaraan ini menggunakan energi listrik sebagai sistem penggerak kendaraan. Spesifikasi Electric Bus menggunakan motor type Brushless DC Motor, nominal voltage 320 VDC, kecepatan maksimal 5000 rpm, peak power 300 Nm, Battery Pack menggunakan Lithium (Life P04) dengan 320 VDC dan 24 amphere, performance 100 km/jam. Kendaraan ini beratnya sekitar 2 ton dengan panjang lebih dari 6 meter.

“Ini menjadi solusi dari sisi hemat energi dan nir-emisi,” ujar Abdul Hapid, salah satu penemu teknologi ini, dalam LIPI Expo di Hotel Bidakarya, Jakarta Selatan pada 8 November lalu.

Kendaraan ini hanya dipicu dengan charge listrik sebesar 500 amphere dalam waktu 15 menit. “Hanya butuh 500 amphere bisa sampai 150 km sekali charge, saya sudah mencobanya di Bandung,” tutur Peneliti Tenaga Listrik dan Mekatronik LIPI ini.

Dari sisi kehematan, Hapid mengatakan bahwa kendaraan ini mampu menyimpan energi saat kendaraan melaju lambat ataupun turun. Sehingga, ini cocok untuk kondisi Jakarta yang sering macet. Energi yang disimpan dalam kondisi tersebut dapat mencapai 40 sampai 50 persen.

Kendaraan ini diklaim memiliki keunggulan mampu menurunkan biaya operasional lebih dari 50 persen serta menurunkan biaya perawatan sampai 70 persen. Biaya infrastruktur stasiun pengisian energi sangat murah.

Dari sisi desain, kendaraan ini cukup futuristik dengan interior panel sound system lengkap dengan audio visual, serta full AC. Panel dashboard juga tidak kalah desain dengan mobil terkini. Kendaraan ini berkapasitas 15 penumpang dan direkomendasikan untuk angkutan massal.

Kendaraan hanya dibuat dalam waktu 4 bulan ini dengan menghabiskan dana Rp1.2 Milyar. Kendaraan sejenis ini di luar bisa mencapai US$150 sampai US$180. Sampai saat ini belum ada pihak swasta yang tertarik untuk mengaplikasikan kendaraan ini.

“Paling hanya PT. INKA saja yang sudah tanya-tanya,” sebutnya. Sebelumnya produsen mobil luar negeri sempat mempertanyakan apakah Indonesia mampu membuat mobil dengan teknologi ramah lingkungan seperti ini. Kini ia bersama timnya mampu membuktikannya.

Sumber: vivanews.com

4 Komentar leave one →
  1. browi permalink
    Desember 2, 2011 11:35 am

    Josss…Tinggal produksi masal aja. Buktikan Indonesia bisa!

  2. Desember 4, 2011 11:35 am

    yeah

Trackbacks

  1. “Electric Bus”, Mobil Tanpa Emisi buatan LIPI-Kemenristek | Luthfi Mu'awan, The Most Eligible Boy
  2. Electric Bus: Mobil Tanpa Emisi Buatan LIPI-Kemenristek « Arfiardian's Blog

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: