Lanjut ke konten

Donny Damara Raih Aktor Terbaik di Asian Film Awards, Hong Kong

Maret 20, 2012

6th asian film awards di indonesiaproud wordpress comKabar gembira datang dari dunia perfilman Indonesia, yakni Donny Damara berhasil meraih predikat Aktor Terbaik di 6th Asian Film Awards yang digelar di Hong Kong pada 19 Maret 2012 malam, waktu setempat.

Donny berhasil menyisihkan aktor Andy Lau (Hong Kong) yang membintangi film A Simple Life,  Chen Kun (Hong Kong/Cina) di film The Flying Swords of Dragon Gate, Park Hae Il (Korea) di film War of the Arrows, dan Yakusho Koji (Jepang) di film Chronicle of My Mother. Demikian dikutip dari Asianfilmawards.Asia (20/3).

Aktor bernama lengkap Donny Damara Prasadhana ini bermain sebagai waria. Berperan sebagai Syaiful, Donny adalah pria sejati yang bila malam tiba berprofesi sebagai pekerja seks waria dengan nama jalanan Ipuy.

Drama dibentangkan dalam film ini melalui potret pencarian Cahaya, anak gadis Syaiful, yang datang dari kampung ke Jakarta mencari bapaknya dan kemudian menemui kenyataan yang dicarinya ternyata seorang waria.

Ini bukan peran yang mudah, Donny mengakui, tetapi dirinya berhasil menjalaninya dengan dukungan banyak orang, terutama keluarga terdekatnya.

“Mereka benar-benar mendukung saya. Semua teman, anggota keluarga. Semua mendukung karena tahu kalau saya harus memisahkan antara peran di layar dan hidup saya di dunia nyata,” katanya seusai menerima penghargaan ini.

Donny (45) yang sejak tahun 1980-an dikenal sebagai foto model di Indonesia mengatakan mempersembahkan piala kemenangannya untuk kemajuan film Indonesia.

“Yang paling utama dulu. Terima kasih pada Asian Film Awards karena mendukung film Indonesia,” kata Donny dalam sambutannya di panggung.

Peran Donny sebagai pria transeksual di film itu sebelumnya mendapat sambutan sangat bagus saat pemutaran di ‘Q Film’ Festival 2011 di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Film garapan sutradara Teddy Soeriaatmadja ini juga sudah diputar di ‘Palm Springs Film Festival’ pada 11 dan 15 Januari lalu. Sayangnya, film ini belum diputar di bioskop Indonesia.

Adapun Teddy, sang sutradara yang masuk dalam kategori sutradara terbaik, harus mengakui keunggulan sutradara Asghar Farhandi yang berhasil memboyong piala Sutradara Terbaik lewat film garapannya A Separation. Film A Separation ini berhasil memboyong penghargaan untuk kategori penyuntingan gambar, naskah, dan Film Terbaik.

Edwin, sutradara film Postcard from the Zoo,  mendapat penghargaan ‘Edward Yang New Talent Award’. Film yang dibintangi Nicholas Saputra dan Ladya Cheryl itu, sebelumnya masuk seleksi di Festival Film Berlin dan Tribeca, New York.

Film karya sinematografi Indonesia lain yang berhasil menorehkan prestasi adalah The Mirror Never Lies. Film karya sutradara Kamila Andini ini mendapat dua nominasi, yaitu kategori Aktor Pendatang Baru Terbaik (Gita Novalista), dan Sinematografi Terbaik.

Sumber: celebrity.okezone.com, asianfilmawards.asia, BBC Indonesia (kompas.com)

6 Komentar leave one →
  1. Maret 20, 2012 11:35 pm

    sukses ikut bangga nih… semoga film indonesia makin maju ya..

  2. titi permalink
    Maret 22, 2012 11:35 pm

    Hebat!

  3. Juni 13, 2012 11:35 am

    Dear indonesiaproud.wordpress.com

    Selamat Siang,

    Kami dari Humas Merdeka.com bermaksud menawarkan content yang sesuai dengan tipikal blog Anda yang bisa digunakan secara gratis. Content ini sangat mudah aplikasinya dan sangat membanru Anda dalam Reblogging.
    Jika Anda berminat, silahkan kunjungi http://content.merdeka.com/ dan dapatkan contentnya.

    Terima kasih atensinya, kami menunggu kabar baik dari Anda.

    Salam,

    Humas Merdeka.com
    Selvie Chummairoch

    • Juni 16, 2012 11:35 am

      Terima kasih Selvie Chummairoh atas informasinya. Saya akan memanfaatkan content atau informasi yang Merdeka.com sediakan yang sejalan dengan misi Indonesia Proud.

      Salam bangga,

      Mappesangka Mustafa
      Admin iProud

      • Desember 9, 2012 11:35 pm

        Bapak Mappesangka Mustafa ini khan orang Bugis bila menilik namanya. Salam kenal dari saya dan sukses selalu!

      • Desember 10, 2012 11:35 pm

        Betul. Kedua orang tua saya memang dari Sulawesi Selatan, namun saya lahir dan besar di Jakarta. Salam kenal kembali dan sukses juga buat Andi K.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: