Skip to content

Jawa Pos Raih 2 Penghargaan di Asian Media Awards 2012

April 17, 2012

asian media awards 2012 di indonesiaproud wordpress comSetelah berhasil meraih gelar tertinggi World Young Reader Prize 2011 atau koran terbaik dunia dalam inovasi untuk meraih dan mengembangkan pembaca muda oleh asosiasi penerbit sedunia, WAN-IFRA, Jawa Pos kembali berhasil meraih penghargaan di The 11th Asian Media Awards yang diumumkan pada Asia Publish 2012 Konvensi WAN-IFRA di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC), Nusa Dua, Bali, 11 April 2012.

Jawa Pos, koran dengan jumlah readership terbanyak di Indonesia, berhasil mengalahkan 650 kompetitor dari media se Asia Pasifik dalam ajang tersebut.

Penghargaan yang diperoleh di antaranya dua desain halaman depan surat kabar terbaik se-Asia. Halaman terbitan Jawa Pos tanggal 3 Desember 2011 mengenai “Century Jadi Target Utama” memperoleh emas. Sementara halaman depan “Petaka Tenggarong” pada 27 November 2011 mendapatkan perak.

Kedua edisi Jawa Pos yang terpilih sebagai pemenang tadi di-layout oleh Agung Kurniawan, dengan ilustrasi Budiono dan grafis Heri Owel.

“Terima kasih untuk WAN IFRA,” kata Direktur Jawa Pos, Azrul sembari mengangkat dua piala itu dengan bangga di hadapan 800 delegasi media se-Asia Pasifik. Turut hadir pula Menteri BUMN Dahlan Iskan yang juga mantan CEO Jawa Pos Group.

Menurut Deputi CEO WAN-IFRA Thomas Jacob, kompetisi kali ini berlangsung sangat ketat. “Tim juri benar-benar diuji untuk memilih yang terbaik dari 31 negara peserta,” kata Jacob.

Presiden WAN-IFRA Jacob Mathew pun turut mengapresiasi kemenangan Jawa Pos tersebut. Menurut Mathew, wajah depan sebuah koran sangat menentukan kepercayaan publik. “Isi tentu penting, tapi isi yang berkualitas yang tidak ditampilkan dengan  menarik tentu akan membuat pembaca tak antusias membacanya,” katanya.

“Jawa Pos berhasil membuat terobosan yang saya kira layak dicontoh oleh koran-koran seluruh dunia,” katanya lebih lanjut.

Kompetisi Asia Media Award sangat prestisius dan bergengsi. “Kali ini, sekali lagi kalian Jawa Pos bisa mempertahankan prestasi yang sudah diraih di Wina tahun lalu,” kata Jacob yang juga executive director Malayala Manorama.

Jacob yakin desain yang memenangkan award dua sekaligus itu dirancang oleh orang-orang muda yang energik. “Itu tercermin dari penampilannya, segar, dan unik. Selamat,” katanya.

Di tempat yang sama, Chairman WAN-IFRA Asia Pacific Committee Pichai Chuensuksawadi mengatakan bahwa desain atau perwajahan koran sangat penting dan kuat mempengaruhi performa surat kabar.

Karena itulah, lanjutnya, koran harus mampu mengemas tulisan, foto, dan ilustrasi menjadi kesatuan utuh yg mencerminkan isi berita. “Desain adalah refleksi dari mood sebuah story,” kata Pichai.

Tantangan dalam meramu desain, lanjutnya, adalah konsistensi untuk membuat desain tetap menarik.“Kadang berita ada yang bagus. Kadang juga biasa saja. Inilah tantangannya,” kata pemimpin redaksi Bangkok Post tersebut.

Pichai memuji Jawa Pos yang terus berusaha menampilkan desain yang unik dan menarik. Membuat layout wajah halaman depan yang berubah sepanjang hari, menurut Pichai adalah hal yang mustahil.

“Tapi, Jawa Pos selalu berusaha melakukannya. Great job,” katanya.

Sumber: radarbangka.co.id

One Comment leave one →
  1. April 18, 2012 11:35 am

    Wis hebat! Indonesia jayalah selamanya.
    Terima kasih atas informasinya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: