Skip to content

Christa Lorenzia Soesanto & Natasha Sutedja Juara di European Girls Mathematical Olympiad (EGMO) 2012, Inggris

April 19, 2012

EGMO 2012 di indonesiaproud wordpress com

Dua siswi dari Indonesia, Christa Lorenzia Soesanto  dan Natasha Sutedja, mencetak prestasi membanggakan dengan menjadi juara di ajang European Girls Mathematical Olympiad (EGMO) 2012 yang berlangsung pada 10-16 April di Murray Edwards College, Inggris.

Christa dari SMA St Laurensia, Serpong, Banten, berhasil meraih medali perak dengan total skor 30, sedangkan Natasha  dari SMA Kharisma Bangsa, menyabet medali perunggu dengan skor 15. Kedua belia berbakat ini ikut berkompetisi ke EGMO di bawah pimpinan Anton Wardaja, pembina Tim Matematika dari Surya Institute.

Olimpiade matematika khusus anak perempuan yang diselenggarakan oleh Cambridge University dan baru pertama kali digelar di Inggris ini memperebutkan 7 Medali Emas (skor ≥ 35), 14 Medali Perak (skor ≥ 26), 21 Medali Perunggu (skor ≥ 14), dan 8 Gelar Kehormatan, dengan total 70 peserta dari 19 negara.

Para peserta berasal dari Amerika Serikat, Belanda, Belgia, Bulgaria, Finlandia, Hongaria, Indonesia, Inggris, Irlandia, Itali, Latvia Luxemburg, Polandia, Romania, Turki, Ukraina, Serbia, dan Swiss.

Kegiatan ini diadakan setelah jumlah peserta laki-laki jauh melampaui peserta perempuan pada Olimpiade Internasional Matematika di Amsterdam tahun lalu dengan perbandingan 11:1 dan tujuannya untuk memberi lebih banyak anak perempuan kesempatan tampil di panggung internasional.

“Melalui pencarian bakat dan penyiapan kami berharap dapat meningkatkan partisipasi anak-anak perempuan dalam kompetisi matematika,” jelas EGMO dalam situsnya.

Persaingan Ketat

Persaingan memperebutkan medali berlangsung sangat ketat. Aturan awal yang menyatakan hanya 50 persen, berubah menjadi 60 persen dari jumlah peserta yang memperoleh medali. “Hal ini karena banyak peserta yang memperoleh nilai yang sama atau berdekatan,” kata Anton.

“Prestasi dua pelajar Indonesia menunjukkan bahwa anak-anak Indonesia mampu bersaing dengan siswa negara manapun di dunia ini,” paparnya.

Menurut Anton, dua pelajar Indonesia yang berprestasi di Inggris tersebut juga merupakan calon wakil Indonesia dalam International Mathematics Olympiad (IMO) ke-53. Mereka telah mendapatkan pembinaan intensif oleh Tim Olimpiade Matematika Indonesia di bawah koordinasi Dr Hery Susanto.

“Khusus untuk EGMO ini, para siswa juga dibina secara intensif di Surya Institute,” katanya.

Sumber: news.detik.com, kompas.com

kharisma bangsa di indonesiaproud wordpress com

2 Komentar leave one →
  1. Dhammala permalink
    April 22, 2012 11:35 pm

    Keren ya..
    Proud to be Indonesian!!
    Yang dapet Perak dari Banten pula . Bangga deh! 😀

Trackbacks

  1. Indonesia Juara di European Girls Mathematical Olympiad (EGMO) 2012, Inggris | Jiwa Merah Putih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: