Skip to content

Bacary.com: Jejaring Sosial Lokal ala Facebook dari Bitung

April 23, 2012

Jejaring sosial, seperti Facebook dan Twitter, benar-benar menarik perhatian dan membuat keranjingan para penggunanya. Apalagi perkembangan gadget juga mendukung pengguna untuk ber-chatting atau berkicau ria.

Karena kesuksesan jejaring sosial tersebut, tak heran jika banyak orang tertarik untuk membuat situs sejenis. Sebagai contoh, di Indonesia, sudah ada situs jejaring sosial seperti Salingsapa.com yang sudah dikenal luas.

Kini, hadir situs jejaring sosial baru yang nyaris serupa dengan Facebook, yakni bacary.com. Bagi warga Sulawesi Utara, nama ini sangat familiar. Situs jejaring sosial ini memang ditemukan anak muda dari Kota Bitung, Mitchell Roger Wenas.

Dalam bahasa Manado, “bacary” memiliki arti “mencari”. Menurut Roger, nama ini sengaja digunakan agar Bacary.com bisa dimanfaatkan untuk mencari apa saja.

“Baik itu mencari teman, mencari pekerjaan, juga mencari informasi,” ujar Roger

Meski mirip facebook, situs hasil kreasi Roger Wenas ini diinovasi sedemikian rupa sehingga penggunanya bisa menikmati entertainment dan info bisnis.

“Cari teman, diskusi dan berbagi cerita, dengar musik, foto, serta promosi berbagai hal bisa dilakukan di sini,” jelas Roger.

Ia berharap, Bacary bisa menjadi terobosan untuk semangat, bahwa Indonesia pun bisa berbicara dalam dunia teknologi informasi.

“Negara lain kok bisa, kenapa kita tidak bisa? Mulai dari sekarang kita harus bisa, tunjukkan kita mampu,” imbuhnya.

Perampungan situs Bacary hanya butuh waktu sebulan. Sedangkan untuk programnya dibutuhkan sekitar sebulan lebih.

“Saya buat sendiri, dari dulu memang suka sekali dengan dunia teknologi informasi,” ungkap Roger.

Ia menjelaskan, situs tersebut mulai diperkenalkan ke masyarakat Indonesia pada 3 Maret 2012.

“Harapannya, seluruh masyarakat Indonesia bisa menerima, dan target maksimal dapat dikenal juga oleh masyarakat internasional,” tutur pria berjanggut ini.

Tampilan warna Bacary memakai warna hijau. Menurut Roger, warna ini memberikan kesejukan, siapa pun itu yang memandang akan nyaman.

“Coba kalau kita lihat pohon rindang hijau, pasti serasa adem, sejuk, nah harapannya seperti ini,” cetusnya.

Selain itu, warna hijau yang dipakai juga satu bagian dari kampanye program pelestarian lingkungan alam.

“Hijau jadi simbol pelestarian alam. Kita harus terus ingat untuk terus menghijaukan bumi kita,” tegas ayah beranak dua ini.

Teknologi Bacary memakai model pengembangan pemerogaman bahasa PHP, HTML, serta Java Sript. Semuanya saling terkombinasi, agar para pengguna Bacary lebih puas dan menyenangkan, serta mampu memberikan banyak manfaat.

“Ada tiga manfaat yang dipunya bacary ini, yaitu social networking, forum, dan trading,” urainya.

Karena itu Bacary.com pun melengkapi diri dengan sejumlah fitur, antara lain blog, forum, video, events, musik, jual beli, pekerjaan, hingga chatting.

Kelebihan lain, satu di antaranya, di kolom chatting ada fitur fasilitas handwriter, yang berfungsi menulis di kolom chatting dengan tangan melalui fasilitator mouse.

“Tidak perlu pencet-pencet papan qwerty,” jelas Roger.

Yang menarik lagi, Bacary dilengkapi fasilitas webcam, sehingga setiap orang yang chatting dapat melihat wajah melalui video, tanpa repot-repot harus instal, seperti jejaring sosial lain yang harus meng-install program berbeda.

“Mau upload mudah. Unggah video dan musik tanpa perlu aplikasi pendukung, bisa langsung menikmatinya,” tukasnya.

Roger mengatakan, situs ini memang masih dalam pengembangan, baik dari segi konten juga desain. Untuk ke depannya, menurut Roger, Bacary.com berusaha  menambah fitur agar penggunanya bisa mengakses berita terkini dari beberapa media ternama.

Roger juga mengatakan sedang mengembangkan versi mobile dari jejaring sosial ala Manado ini. “Tinggal bikin versi BlackBerry launcher-nya,” tuturnya.

Sumber: manado.tribunnews.com, vivanews.com

4 Komentar leave one →
  1. April 24, 2012 11:35 am

    Asli Indonesia.…sipppp! Mantap..itu baru kreasi yang bagus, tapi tetap cerminkan pribadi bangsa kita ya…
    Pastinya bacary.com harus mempunyai imect diri sendiri yang mencerminkan indonesia.Jangan terlalu terus menerus meniru fb. Anak muda Indonesia harus bangga dengan hal ini jangan terus terpaku dengan produk asing. Ayo semakin maju. Jangan terus pake fb coba juga produk asli indonesia. Aku mendukungmu.

  2. April 24, 2012 11:35 am

    Kreatif… Sukses selalu.

  3. April 24, 2012 11:35 pm

    banyak sudah socmed ala Indonesia. Merdeka 🙂

  4. September 30, 2012 11:35 am

    sip sip.. tambahan refrensi jejaring sosial indonesia baru nih..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: