Skip to content

Film “The Raid” Raih Sp!ts Silver Scream Award di Imagine Film Festival 2012, Belanda

Mei 3, 2012

the raid redemption di indonesiaproud wordpress comFilm The Raid: Redemption kembali menambah koleksi penghargaan internasional yang disabetnya.

Belum lama ini, The Raid kembali memenangkan penghargaan Sp!ts Silver Scream Award di ajang 28th Imagine Film Festival 2012 yang berlangsung pada 17-28 April di Amsterdam, Belanda.

Imagine Film Festival khusus memutarkan film bergenre horor, sains fiksi, animasi, dan thriller. Lebih dari 60 judul film dari seluruh dunia ditayangkan di festival ini.

Tahun ini, film Indonesia diwakili oleh film garapan sutradara Lucky Kuswandi, Madame X dan The Raid: Redemption.

Film The Raid: Redemption berhasil mengungguli film kolaborasi dari Finlandia, Jerman, dan Australia, Iron Sky dan film Spanyol, Mientras Duermes.

Dengan penghargaan ini, The Raid: Redemption menambah koleksi piala internasional, setelah merebut penghargaan dari Toronto International Film Festival dan Dublin International Film Festival.

imagine-2012 di indonesiaproud wordpress comFilm ini mendapat penghargaan publik alias menjadi film yang mendapat apresiasi paling tinggi dari penonton. Penghargaan Sp!ts Silver Scream Award tersebut diumumkan pada penghujung festival.

Diserbu Mahasiswa Indonesia

Sepanjang festival, film The Raid diputar tiga kali. Para penonton yang memenuhi bioskop, hampir 30 persennya adalah mahasiswa Indonesia yang sedang studi di Belanda. Mereka rela datang jauh-jauh ke Amsterdam dari kota lain. Sebut saja dari kota Arnhem, Den Haag, Tilburg, Rotterdam dan juga Wageningen.

Salah satu alasan mereka rela datang jauh-jauh adalah karena mereka banyak mendengar cerita dan membaca resensi positif, baik dari teman-teman di Indonesia maupun dari media.

Bahkan sebelum menonton Witantra, mahasiswa dari Tilburg, melakukan riset mengenai film tersebut. “Akhirnya terbayar juga setelah menonton filmnya langsung,” imbuhnya.

“Bikin bangga sih. Tapi filmnya intens banget, bikin capek. Pokoknya deg-degan, soalnya isinya darah darah semua,” kata Vina, mahasiswi dari Amsterdam.

Diputar di Bioskop Belanda

Berkat kesuksesannya di kancah internasional, ditambah kerja sama dengan beberapa jaringan distribusi film internasional, The Raid: Redemption akan ditayangkan secara komersil di jaringan bioskop Eropa, termasuk Belanda. Penonton Belanda harus bersabar, karena film yang memiliki judul awal Serbuan Maut ini baru akan dirilis pada 28 Juni.

Sumber: republika.co.id, imaginefilmfestival.nl, rnw.nl

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: